September 23, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia: Digital ‘Starcasing’ mulai 2021

Dalam surat itu

Pada Hari Kemerdekaan ke-76 negara itu, Bank Indonesia mengumumkan kerja samanya dengan Bank Sentral Thailand Bank of Thailand untuk pengujian tarif QR lintas batas (“Tautan Pembayaran QR Lintas Batas“) Ditargetkan untuk go live pada Q1 2022. Diharapkan menjadi yang pertama dari banyak kerjasama dengan bank sentral lain untuk melintasi perbatasan nasional. Pembayaran lintas-QR dapat dilakukan dan diterima. Pengumuman inisiatif ini bertepatan dengan pengesahan ASEAN Agreement on Indonesia e-Commerce baru-baru ini, yang memberikan seperangkat kebijakan, kebijakan dan aturan untuk mengelola e-commerce lintas batas di ASEAN. Merupakan salah satu pilar yang mendukung implementasinya.


Isi

  1. Peta Bank Indonesia 2025
  2. Apa yang baru di bawah standardisasi
  3. Buka Verifikasi Pembayaran API
  4. Melepaskan
  5. Rencana Percontohan: Tautan Tarif QR Lintas Batas
  6. Pilihan utama

Bank Indonesia baru-baru ini memperkenalkan Standar Nasional Open Application Programming Interface (API) in Payments (SNAP), seperangkat protokol dan metode yang memfasilitasi integrasi terbuka antar aplikasi dalam proses transaksi pembayaran. Dua inisiatif semakin mempercepat digitalisasi sistem pembayaran yang dituangkan dalam Bank Indonesia Cetak Biru Bank Indonesia 2025. Sehubungan dengan hal tersebut, Bank Indonesia mengeluarkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Peraturan Bank Indonesia No. 23/11/ppi/2021 Standar Sistem Pembayaran Nasional (“Peraturan Mutu Nasional“)
  2. Peraturan Dewan Gubernur Bank Indonesia Nomor 23/15/PADG/2021 tentang Pelaksanaan Program Penerapan Standar Nasional (Pelaksanaan Tetap Nasional Open Application Programming Interface Bomber)Regulasi SNAP“)

Peta Bank Indonesia 2025

Penyegaran kami Peringatan pelanggan sebelumnya, 2025 Metode pembayaran Penerbitan cetak biru melibatkan lima inisiatif:

  1. Bank Terbuka
  2. Metode pembayaran ritel
  3. Infrastruktur Pasar
  4. Informasi
  5. Peraturan

Open Banking berupaya meningkatkan implementasi open API sebagai langkah awal agar dapat terstandarisasi. Maju cepat ke tahun 2021, di sini kami memperkenalkan Peraturan Standar Nasional dan SNAP — langkah menuju percepatan perbankan terbuka dalam layanan sistem pembayaran. SNAP diharapkan dapat mengembangkan integrasi, interkoneksi, dan fungsionalitas antar penyedia API untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran.

READ  Lipal menggalang dana Serip A $9 juta untuk meningkatkan akses keamanan finansial di Indonesia

Apa yang baru di bawah standardisasi

Berdasarkan Peraturan Standar Nasional, Bank Indonesia menggunakan standar nasional dalam penyelenggaraan sistem pembayaran, yang meliputi manajemen, manajemen risiko, standar keamanan, dan kemampuan untuk mengoperasikan pemrosesan data atau pemrosesan transaksi biaya. Dalam rangka pelaksanaan kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Standar Nasional, Bank Indonesia telah menerbitkan Peraturan Pelaksanaan Peraturan SNAP, khusus untuk pembayaran yang terbuka untuk API.

Dalam publikasi SNAP, dua dokumen akan disediakan:

  • Standar Teknis dan Keamanan, Standar Data dan Spesifikasi Teknis SNAP (“Standar teknis SNAPIni termasuk protokol komunikasi, jenis struktur API, struktur dan format data, otentikasi, otentikasi dan metode enkripsi, persyaratan manajemen akses API, dan respons struktur data terhadap permintaan dan struktur data.
  • Pedoman Administrasi SNAP (“Pedoman Manajemen SNAP“): Ini mencakup pedoman tentang perlindungan konsumen, keamanan data, persyaratan yang masuk akal untuk penyedia layanan dan pengguna layanan, dan perjanjian antara pengguna dan penyedia layanan API.

Buka Verifikasi Pembayaran API

Berdasarkan Peraturan SNAP, Penyedia Layanan Open Payment API (“Penyedia layanan“SNAP adalah penyelenggara jasa berbayar (PJP) yang menyediakan layanan pembayaran open API. Sedangkan pengguna jasa open fee API (”Pengguna layanan“) BJP atau pihak non-BJP lainnya menggunakan layanan pembayaran API terbuka berbasis SNAP untuk kepentingan konsumen atau dirinya sendiri.

Verifikasi pembayaran API terbuka harus dilakukan kepada penyedia layanan, pengguna layanan, dan pengembang metode pembayaran API terbuka sesuai dengan standar teknis SNAP untuk regulasi SNAP. Ini dilakukan dengan mendaftar melalui situs pengembang SNAP, setelah itu mereka harus menjalani pengujian fungsional tanpa batas, termasuk pengujian sistem keamanan.

Melepaskan

Peraturan SNAP menyatakan bahwa standar teknis SNAP akan dipublikasikan di situs pengembang SNAP. Di sisi lain, pedoman pengelolaan SNAP dipublikasikan di situs tata kelola SNAP. Namun demikian, SNAP Governance Guidelines edisi pertama akan diunggah melalui website Bank Indonesia, sehingga perlu dipantau.

READ  Gunung Merapi, Indonesia meletus tujuh kali dengan letusan gunung berapi dan abu

Rencana Percontohan: Tautan Tarif QR Lintas Batas

Dengan meluncurkan tautan pembayaran Cross Border QR, konsumen dan merchant di Indonesia dan Thailand akan dapat melakukan dan menerima pembayaran QR over-the-counter instan untuk barang dan jasa. Pengguna dari Indonesia dapat menggunakan aplikasi pembayaran mobile mereka untuk memindai kode QR Thailand untuk pembayaran ke merchant di Thailand. Demikian pula, pengguna Thailand dapat membayar produk dan layanan merchandise di Indonesia untuk memindai QRIS (Indonesia Standard for Quick Response Codes) menggunakan aplikasi pembayaran seluler mereka.

Proyek ini merupakan kerjasama antara Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Asosiasi Bankir Thailand; 13 penyedia QRIS; operator switch Indonesia Rindis, Ortajaza, Jalin dan Aldo (RAJA); Dan ITMX Nasional Operator Sistem Pembayaran Thailand. Transaksi menggunakan kutipan FX langsung yang diterbitkan oleh bank dealer mata uang silang (ACCD) yang ditunjuk di bawah kerangka penyelesaian mata uang lokal (LCS). Bank ACCD yang ada antara lain:

  • Bank Indonesia: PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  • Bank Thailand: Bank Bangkok, Bank Ayutthaya dan CIMB Thai Bank

Bank Indonesia telah bermitra dengan Bank of Thailand untuk memastikan kelancaran integrasi merchant, pelanggan dan operator untuk peluncuran bisnis penuh pada Q1 2022.

Pilihan utama

Penyelenggara jasa di industri sistem pembayaran Indonesia wajib memantau regulasi SNAP dan memantau perkembangan yang dihasilkan dari implementasi regulasi tersebut, dengan tetap berpegang pada standar yang ditetapkan oleh Indonesia dan ASPI sebagai self-regulatory body di bidang Sistem Pembayaran dengan bertujuan untuk memastikan implementasi dalam pembayaran API terbuka.

Mengintegrasikan inovasi dalam digitalisasi menjadi semakin diperlukan, dan mekanisme untuk mereformasi lanskap digital di Indonesia menjadi semakin jelas. Standar Nasional dan SNAP akan mengurangi fragmentasi industri, sementara tautan pembayaran Cross Border QR akan mempercepat digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia. Dalam menghadapi ketidakpastian epidemi COVID-19, kami mengapresiasi upaya Bank Indonesia dalam mendorong pemulihan ekonomi. Pelan tapi pasti, Indonesia mengambil langkah menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

READ  Indonesia mempertahankan suku bunga, menjanjikan kebijakan 'pro-pertumbuhan'

Peringatan pelanggan ini dikeluarkan oleh HHP Law Firm (Hadiputranto, Hadinoto & Partners), perusahaan anggota Baker McKenzie International, sebuah firma hukum global dengan firma hukum anggota di seluruh dunia. Menurut istilah umum yang digunakan dalam perusahaan jasa profesional, istilah “mitra” berarti rekanan atau yang setara dalam firma hukum tersebut. Demikian pula, referensi untuk “kantor” adalah kantor firma hukum tersebut. Ini mungkin memenuhi syarat sebagai “iklan pengacara” yang memerlukan pemberitahuan dalam yurisdiksi tertentu. Hasil sebelumnya tidak menjamin kesimpulan yang sama.