Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia dan SpaceX luncurkan satelit, tingkatkan konektivitas internet

Indonesia dan SpaceX luncurkan satelit, tingkatkan konektivitas internet

Pemerintah dan PT Satelit Nusantara Tiga bermitra untuk meluncurkan proyek satelit tersebut.

Jakarta, Indonesia:

Perusahaan roket Indonesia dan Elon Musk, SpaceX, meluncurkan satelit telekomunikasi terbesar di negara itu dari Amerika Serikat pada hari Senin, sebuah proyek senilai $540 juta yang ditujukan untuk menghubungkan sudut-sudut terpencil nusantara ke Internet.

Dua pertiga dari 280 juta penduduk Indonesia telah menggunakan internet, tetapi konektivitas tetap terbatas di pulau-pulau timur yang terpencil dan terbelakang di negara Asia Tenggara itu.

“Teknologi satelit akan mempercepat akses Internet ke desa-desa di daerah yang tidak dapat dijangkau oleh serat optik dalam 10 tahun ke depan,” kata Menteri Senior Indonesia Mahfud MD dalam sebuah pernyataan menjelang peluncuran.

Satelit Republik Indonesia seberat 4,5 ton (SATRIA-1) dibangun oleh Thales Alenia Space dan diluncurkan ke orbit dari Florida oleh roket Falcon 9 SpaceX sebelum kembali ke dasar laut dalam pendaratan presisi.

Satelit tersebut akan menempati wilayah orbit di atas wilayah Papua Timur Indonesia. Ini memiliki kapasitas 150 gigabyte per detik dan akan menyediakan akses Internet ke 50.000 pusat layanan publik, menurut pemerintah Indonesia.

Proyek ini merupakan kemitraan publik-swasta antara pemerintah dan penyedia layanan satelit Indonesia PT Satelit Nusantara Tiga.

(Selain tajuk utama, berita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)

READ  Indonesia berencana menggabungkan maskapai penerbangan milik negara