Oktober 22, 2021

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia berada di puncak ledakan IPO dengan mendaftarkan 14 perusahaan milik negara

Jakarta: Pemerintah Indonesia berencana untuk mendaftarkan 14 perusahaan milik negara, termasuk operator bahan bakar fosil dan perusahaan energi panas bumi, di bursa pada tahun 2023.

Menurut pemerintah, Indonesia memiliki lebih dari 100 BUMN. Dari jumlah itu, 34 sudah diperdagangkan di bursa – terutama di industri utama seperti transportasi dan energi. Sekarang booming IPO sedang berlangsung di sini, pemerintah percaya sudah waktunya untuk memanfaatkan uang investasi swasta untuk babak baru.

Sambil mempertahankan saham mayoritas di perusahaan, Jakarta berharap manajemen akan meningkatkan dengan menciptakan jarak dari pemerintah dan menyampaikan pandangan pemangku kepentingan minoritas kepada eksekutif.

Miliarder Eric Tohir, menteri perusahaan milik negara, mengatakan awal tahun ini bahwa IPO diperlukan untuk memenangkan “persaingan terbuka” dan bertanggung jawab untuk mencatatkan saham.

Putaran terakhir IPO dijadwalkan untuk memulai musim gugur ini di pasar saham Indonesia. Rincian seperti berapa banyak saham lama dan baru yang akan dicatatkan akan ditentukan kemudian, tetapi tiga IPO pertama akan terjadi pada tahun depan dan semuanya akan menjadi anak perusahaan BUMN.

Salah satunya Pertamina International Shipping, anak perusahaan Pertamina. Perusahaan ini memiliki lebih dari 350 kapal yang membawa minyak bumi dan gas alam cair. Asia Tenggara sedang terburu-buru untuk mendapatkan LNG pembakaran bersih, dan kapal internasional Bertamina bertujuan untuk memperluas armadanya.

Unit Pertamina lainnya, Pertamina Geothermal Energy, akan terdaftar pada 2022. Perusahaan akan berupaya memperluas pembangkit panas bumi sebagai tanggapan atas meningkatnya permintaan akan energi terbarukan.

Telecommunicasi Telecommunicasi Tayamitra Telecomunikasi, anak perusahaan pembangunan menara di Indonesia, akan terdaftar pada kuartal keempat tahun ini. Grup, juga dikenal sebagai Telecom, berencana untuk mengumpulkan $ 1 miliar. Dana tersebut diharapkan akan terus diinvestasikan dalam layanan komunikasi 5G yang diluncurkan di Indonesia tahun ini.

READ  Gambar udara perluasan pemakaman menangkap epidemi COVID yang mematikan di Indonesia

14 perusahaan yang ditunjuk untuk IPO termasuk industri pengembangan yang ditunjuk seperti kendaraan listrik dan perawatan kesehatan.

Pemerintah berharap mendapat manfaat dari booming IPO Indonesia saat ini.

Ritel internet Unicorn di layar sembul Diperkenalkan sebagai gantinya Pada awal Agustus. Perusahaan transportasi online Kozek dan penyedia e-commerce Tocopedia juga berencana untuk mendaftar Mengikuti tautan mereka.

Pemerintah Indonesia telah menghabiskan perbendaharaan untuk memerangi epidemi Pemerintah-19. Pembuat kebijakan mencari untuk mengambangkan SEO dan mendatangkan dana pertumbuhan sektor swasta ketika minat dari investor tinggi.

Jika IPO startup dan unicorn [SOEs] Telah berhasil dilakukan dan tentunya akan berdampak positif bagi pasar modal Indonesia, yang akan berdampak positif terhadap aliran modal yang masuk ke pasar saham Indonesia,” ujar Toto Pranodo, Ekonom Senior Universitas Indonesia dan Pengamat BUMN.

Pasar saham Indonesia membutuhkan perusahaan yang ingin mencantumkan praktik manajemen perusahaan yang kuat. Hal ini termasuk penunjukan pihak eksternal yang independen dalam Direksi dan Komite Audit.

“Penggalangan dana dan manajemen perusahaan yang canggih akan mendorong BUMN untuk hidup dalam lingkungan persaingan yang ketat,” kata seorang pejabat kementerian yang merilis daftar jadwal IPO.

Inisiatif IPO juga dapat meningkatkan keuangan negara.

Defisit anggaran Indonesia mencapai 6% dari PDB tahun lalu, karena biaya stimulus untuk mencegah kemerosotan ekonomi menyebar. Aturan untuk memotong pengeluaran defisit menjadi kurang dari 3% dari PDB telah ditangguhkan, tetapi akan diterapkan kembali pada tahun 2023.

Kegagalan mencapai tujuan itu akan merusak peringkat kredit Indonesia. Biaya asuransi sosial untuk orang tua yang sedang tumbuh di negara itu juga mengikuti anggaran yang berimbang.

Dividen dan pajak dari BUMN menyumbang seperlima dari penerimaan pajak Indonesia pada tahun 2019. Keuntungan yang lebih tinggi di BUMN dapat diterjemahkan ke dalam dividen tambahan dan penerimaan pajak bagi perusahaan-perusahaan tersebut. Hasil penjualan saham milik negara juga akan masuk ke kas negara.

READ  Freddie Chetty memenangkan medali perunggu ke-4 Indonesia di Paralimpiade Tokyo