Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Indonesia akan memiliki pabrik baterai EV terbesar di Asia Tenggara, pabrik milik Hyundai dan LG Korea Selatan.

Indonesia akan memiliki pabrik baterai EV terbesar di Asia Tenggara, pabrik milik Hyundai dan LG Korea Selatan.

Jakarta (Vietnam News/ANN): Presiden Indonesia Joko Widodo mengumumkan pabrik baterai kendaraan listrik (EV) di Karawang, Jawa Barat diharapkan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Pabrik tersebut dimiliki bersama oleh dua perusahaan Korea, Hyundai dan LG, dan dioperasikan oleh perusahaan patungan mereka Hyundai LG Industry (HLI) Green Power.

Dijadwalkan mulai berproduksi awal tahun depan, pabrik tersebut akan memiliki kapasitas 30 juta sel baterai, cukup untuk memproduksi 180.000 kendaraan listrik.

Berbicara saat mengunjungi pabrik tersebut, Widodo menekankan bahwa pendirian pabrik tersebut sejalan dengan ambisi Indonesia untuk menjadi ekosistem kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara dan pemain kunci dalam rantai pasokan kendaraan listrik global.

Ia lebih lanjut menunjukkan potensi negara-negara lain untuk bergantung pada pasokan sel baterai Indonesia setelah negara tersebut sepenuhnya terintegrasi ke dalam rantai pasokan global.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan HLI Green Power sudah memulai uji coba produksi di pabrik yang dibangun dua tahun lalu.

Dia memastikan, sebenarnya produksi akan dimulai pada Maret 2024 dan jika pabrik selesai dibangun akan berkapasitas 30 GW. – Berita Vietnam/JST

READ  80 persen komunitas unbanked di Indonesia diperkirakan akan menjadi pusat kripto terkemuka