Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Iklan Start Menu Windows 11 kini diluncurkan ke semua orang

Iklan Start Menu Windows 11 kini diluncurkan ke semua orang

Microsoft telah mulai mengaktifkan iklan dalam menu Start di Windows 11 untuk semua pengguna. Setelah menguji sebentar pembaruan ini dengan Windows Insiders awal bulan ini, Microsoft telah mulai mendistribusikan pembaruan tersebut KB5036980 untuk pengguna Windows 11 minggu ini, yang mencakup “rekomendasi” untuk aplikasi dari Microsoft Store di menu Start.

“Bagian Rekomendasi di menu Mulai akan menampilkan beberapa aplikasi Microsoft Store,” kata Microsoft dalam catatan pembaruan untuk rilis publik terbaru Windows 11. “Aplikasi ini berasal dari sekelompok kecil pengembang yang terkurasi.” Iklan tersebut dirancang untuk membantu pengguna Windows 11 menemukan lebih banyak aplikasi, tetapi iklan tersebut sebagian besar akan menguntungkan pengembang yang coba dibujuk oleh Microsoft untuk membuat lebih banyak aplikasi Windows.

Microsoft baru mulai menguji pengumuman ini beberapa minggu yang lalu, jadi mengejutkan melihat kemajuan “fitur” ini dari saluran Beta hingga dirilis dalam jangka waktu yang singkat. Pada saat pengujian awal, dinyatakan bahwa Microsoft “dapat memutuskan untuk menghilangkan iklan-iklan ini” jika terdapat cukup masukan yang menunjukkan bahwa iklan tersebut tidak populer, namun masukan selama dua minggu tentu tidak cukup lama untuk menentukan hal tersebut.

Untungnya, Anda dapat menonaktifkan iklan ini, atau “rekomendasi” sebagaimana Microsoft menyebutnya. Jika Anda telah menginstal pembaruan KB5036980 terbaru, buka Pengaturan > Personalisasi > Memulai dan matikan tombol “Tampilkan rekomendasi untuk tips, promosi aplikasi, dan lainnya”. Meskipun KB5036980 bersifat opsional saat ini, Microsoft akan menerapkannya ke semua perangkat Windows 11 dalam beberapa minggu mendatang.

Langkah Microsoft untuk mengaktifkan iklan di menu Start Windows 11 mengikuti promosi serupa di layar kunci Windows 10 dan menu Start. Microsoft juga mulai menguji iklan dalam File Explorer untuk Windows 11 tahun lalu sebelum menonaktifkan uji coba tersebut dan mengatakan bahwa pengujian tersebut “tidak dimaksudkan untuk diterapkan secara eksternal”. Mudah-mudahan pengalaman ini akan tetap menjadi sebuah eksperimen.

READ  Karyawan PlayStation marah pada email Jim Ryan tentang hak aborsi