Juni 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hyundai Indonesia Buka Pabrik – Just Auto

Hyundai Motor telah menyelesaikan pabrik pertamanya di Indonesia dengan kapasitas produksi hingga 250.000 unit per tahun.

Ini adalah pabrik pembuat mobil Korea pertama yang memproduksi kendaraan listrik baterai (BEV) mulai Ionic 5 di Asia Tenggara.

Inilah yang disebut ‘model strategis’ yang mencakup SUV Creta dan Santa Fe dan model Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang baru dikembangkan yang dirancang untuk pasar lokal.

Pabrik terletak di kompleks industri Deltamas dekat Sikarang, 40 km (25 mil) timur ibukota Jakarta.

Upacara pembukaan menyusul penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Hyundai dengan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan dan mengoperasikan pabrik lokal yang akan menjadi pusat manufaktur Hyundai untuk Asia Tenggara.

Desember lalu, Hyundai menyelesaikan pembangunan pabrik dengan kapasitas awal 150.000 unit.

Investasi yang direncanakan sebesar US$ 1,55 miliar dan kapasitas akan ditingkatkan menjadi 250.000 unit.

“Hyundai Motor Manufacturing Indonesia menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan dan visinya ‘kemajuan untuk kemanusiaan’,” kata pembuat mobil itu dalam sebuah pernyataan.

“Hal ini terlihat dari penggunaan teknologi ramah lingkungan seperti panel surya yang dapat memenuhi sebagian kebutuhan listrik pembangkit. Tambahan, [we plan] Cat berbasis air yang ramah lingkungan harus digunakan dalam proses pengecatan kendaraan.

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, mengatakan: “Saya yakin ini masalahnya [Ioniq model] Ini akan menjadi tonggak utama dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik Indonesia, yang semakin mempercepat perkembangan ekosistem mobil listrik yang maju.

“Indonesia adalah hub utama untuk strategi operasi Hyundai Motor di masa depan.

“Hyundai akan terus berkontribusi pada pembentukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan pabrik sel baterai yang saat ini sedang dibangun. Hal ini akan semakin membantu Indonesia untuk memainkan peran penting dalam lanskap global. Kami berharap teknologi masa depan Hyundai akan menjadi dasar untuk kerjasama yang lebih besar dengan Indonesia.

READ  Nokia dan Indosat Luncurkan Jaringan Uradoo 5G di Indonesia

Pemerintah Indonesia mendorong perluasan ekosistem EV, dengan langkah-langkah seperti mengubah 130.000 kendaraan pemerintah menjadi EV pada tahun 2030.

Hyundai Motor berkomitmen untuk mendukung visi ini untuk menciptakan ekosistem EV yang kuat.

Ioniq 5 adalah model BEV khusus pertama Hyundai yang dibuat di Asia Tenggara. Model itu, dan Kona Electric, menyumbang 87,3 persen dari penjualan EV di Indonesia pada tahun 2021.

Perseroan dan LG Energy Solutions sedang membangun pabrik sel baterai di Karawang dengan target selesai paruh pertama tahun 2023 dan mulai berproduksi pada tahun 2024.

Pabrik akan mendukung konversi EV Indonesia dengan distribusi baterai EV standar yang digunakan dalam model EV yang diproduksi di pabrik mobil baru Hyundai.

Hyundai akan memproduksi Santa Fe di Indonesia “paruh pertama 2022”.

Hyundai memiliki 100 dealer di 40 kota di seluruh Indonesia.

Kendaraan yang berasal dari pabrik baru akan dikirimkan berdasarkan pesanan (BTO), memungkinkan pelanggan untuk memilih spesifikasi produk saat memesan, yang mengurangi biaya pengiriman produsen kendaraan dan dealer.

Platform online click-to-buy memungkinkan pelanggan untuk melakukan semua tahapan pembelian kendaraan tanpa menemui dealer.

MyHyundai Indonesia menawarkan situs keanggotaan mobilitas.