Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hongaria memveto bantuan Ukraina, dan UE sedang mencari solusi alternatif - Politico

Hongaria memveto bantuan Ukraina, dan UE sedang mencari solusi alternatif – Politico

Klik play untuk mendengarkan artikel ini

diungkapkan oleh kecerdasan buatan.

Pemerintah Hungaria pada Selasa memblokir kesepakatan paket bantuan 18 miliar euro untuk Ukraina, memaksa Komisi Eropa dan negara-negara UE lainnya mencari solusi untuk memastikan Kyiv mendapatkan uang yang sangat dibutuhkan pada Januari.

Komisaris Uni Eropa untuk Anggaran Johannes Hahn mengatakan selama pertemuan sidang paripurna menteri keuangan blok itu. Para pejabat UE mengatakan ini bisa memerlukan sesuatu yang mirip dengan apa yang disebut peningkatan kerja sama, jalur hukum untuk menghindari veto.

Tetapi solusi ini akan membutuhkan negara-negara UE untuk memberikan perlindungan nasional terhadap bug perangkat lunak yang, dalam beberapa kasus, memerlukan persetujuan parlemen, sesuatu yang dapat memakan waktu lama.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban telah memilih untuk bermain keras, menggunakan perlunya persetujuan bantuan Ukraina sebagai pengungkit untuk mengamankan bagiannya dari Uni Eropa dan pengembalian uang. Uni Eropa telah berusaha memblokir sejumlah dana yang dialokasikan untuk Budapest karena pelanggaran aturan hukum.

Veto Hungaria hari Selasa berarti bahwa keputusan pada semua file lain dalam agenda menteri keuangan – tarif pajak perusahaan minimum, yang juga dilarang oleh Budapest, rencana pemulihan Hungaria terkait dengan hibah €5,8 miliar, dan keputusan untuk membekukan €7,5 miliar dalam pembiayaan UE-Hongaria tentang Kasus Korupsi – Ditunda.

“Kami belum bisa mengadopsi keseluruhan paket tapi kami tidak akan kecewa,” kata Menteri Keuangan Ceko Zbenik Stanjora saat memimpin pertemuan para menteri keuangan. Ambisi kami tetap untuk mulai menyalurkan uang ke Ukraina pada bulan Januari.

Dia menugaskan dewan untuk mengerjakan “solusi yang didukung oleh 26 negara anggota”, yang akan menghindari hak veto Hongaria.

READ  Undangan Macron dan Putin di Ukraina membuat presiden Prancis yakin 'yang terburuk belum datang'

Kepresidenan Ceko sekarang harus memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya: kemungkinan pertemuan puncak baru para menteri keuangan pada bulan Desember nanti – dengan 12 Desember sebagai tanggal yang memungkinkan – atau meningkatkan masalah tersebut ke pertemuan para pemimpin Uni Eropa pada pertengahan Desember.

Pemerintah UE memiliki waktu hingga 19 Desember untuk mengambil posisi membekukan dana UE untuk Hungaria. Orbán harus menyetujui rencana pemulihannya pada akhir tahun atau berisiko kehilangan 70% dari €5,8 miliar dalam bentuk hibah.