Mei 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hiu Arktik yang misterius tersesat dan berakhir di Karibia: ilmuwan

Hiu Arktik yang misterius tersesat dan berakhir di Karibia: ilmuwan

Foto hiu Greenland diambil di tepi rakit di Admiralty Inlet, Nunavut, 2007.
Hemming 1952 / Wikimedia Commons

  • Seekor hiu telah ditemukan di Karibia, ribuan mil jauhnya dari habitat aslinya di Arktik.
  • Hiu Greenland, yang berusia antara 250 dan 500 tahun, mengejutkan para peneliti di Belize.
  • “Itu tampak seperti sesuatu yang ada pada zaman prasejarah,” kata ahli biologi tersebut.

Para ahli biologi tercengang ketika mereka menemukan hiu misterius yang hidup di perairan dingin ribuan mil jauhnya dari habitat aslinya. Menurut penelitian kelautan baru-baru ini. Hiu Greenland – vertebrata yang hidup paling lama di Bumi – telah ditemukan di Laut tropis Karibia.

Para peneliti menandai dan menangkap sementara hiu macan di lepas pantai Belize ketika mereka bertemu dengan hiu misterius tersebut, sebuah penelitian baru-baru ini melaporkan. diterbitkan Dalam jurnal Sains Biologi Kelautan.

Setelah memasang garis di Terumbu Pulau Glover yang dilindungi di Belize sambil mengamati dan meneliti hiu macan, para ahli biologi kembali menemukan bahwa garis tersebut telah berpindah beberapa mil dari terumbu ke perairan dengan kedalaman hingga 2.000 kaki.

Ketika mereka mengambil hasil tangkapan ilmiah mereka, mereka takjub menemukan hiu Greenland purba. “Kelihatannya sangat kuno,” komentar salah satu peneliti, Hector Daniel Martinez, sambil menekankan habitat laut dalam.

Awalnya, para ilmuwan menduga itu mungkin hiu enam insang, predator laut dalam yang dominan, namun setelah memotret hewan yang jarang terlihat tersebut, mereka memastikan identitasnya “kemungkinan besar” adalah hiu Greenland.

“Kami tiba-tiba melihat makhluk yang sangat lambat dan lamban di bawah permukaan air,” Devanshi Kasana, ahli biologi dan Ph.D. kandidat di Laboratorium Ekologi dan Konservasi Predator di Florida International University, Dilaporkan Mashable. “Itu tampak seperti sesuatu yang ada di zaman prasejarah.”

READ  Zelensky memperingatkan bahwa 'jutaan orang akan terbunuh' tanpa bantuan AS ke Kiev, karena jumlah korban tewas di antara pasukan Ukraina mencapai setidaknya 31.000 orang

Hiu Greenland adalah vertebrata yang hidup paling lama di Bumi, dengan umur yang menakjubkan berkisar antara 250 hingga 500 tahun. Menurut Layanan Kelautan Nasional.

Hiu hidup ribuan kaki di bawah air dalam kegelapan total, jarang terlihat atau difoto, dan hanya sedikit detail yang diketahui tentang umur mereka yang sangat panjang. Di kedalaman air mereka tumbuh, bergerak, dan menua secara perlahan. Gaya hidup mereka yang lambat dan hemat energi merupakan adaptasi mendasar terhadap laut dalam yang kekurangan nutrisi.

Penemuan hiu Greenland di dekat terumbu karang Belize tidak terduga namun masuk akal. Hiu misterius ini berkembang biak di laut dalam Arktik dan dapat menghuni wilayah laut dalam lainnya, termasuk Karibia.

Lereng terumbu di dekatnya mencapai kedalaman hingga 9.500 kaki, menyediakan lingkungan sejuk dan gelap yang cocok untuk hiu Greenland.

Penemuan ini menimbulkan pertanyaan apakah hiu Greenland ini bermigrasi ke Karibia dari perairan Arktik atau menghabiskan sebagian besar hidupnya di kedalaman perairan tropis di kawasan itu.

Pertanyaannya masih belum terjawab, namun ada kemungkinan besar bahwa lebih banyak makhluk misterius ini berkeliaran di kedalaman gelap Karibia, tersembunyi dari pandangan kita. “Saya ragu itu satu-satunya,” Damian Chapman, direktur penelitian konservasi hiu dan pari di Mote Marine Laboratory and Aquarium, mengatakan kepada Mashable.

“Mereka harus menunggu lebih dari 100 tahun untuk bisa berhubungan seks.”

Laut dalam sebagian besar masih belum dijelajahi, dan penemuan hiu Arktik ini merupakan pengingat bahwa lautan dan biosfernya masih sedikit diketahui.

Studi 2020 Melalui analisis genetik, telah ditentukan bahwa terdapat dua populasi hiu Greenland yang terpisah secara geografis: satu kelompok berenang di dekat Cekungan Baffin di Kanada, di atas Lingkaran Arktik, sementara kelompok lainnya menempati perairan Atlantik Utara antara Nova Scotia dan Svalbard, dekat Norwegia.

READ  Kesepakatan Ukraina-NATO harus segera dimulai: Perdana Menteri Lithuania di pedalaman

Hiu Greenland pada dasarnya adalah pemakan bangkai, memakan segala sesuatu (hidup atau mati), termasuk… Ikan, anjing laut, beruang kutub, dan paus.

Beberapa dapat tumbuh hingga panjang 24 kaki dan berat hingga 2.645 pon (1.200 kg), meskipun mereka hanya tumbuh hingga 0,4 inci (1 cm) per tahun.

Menurut sebuah penelitian tahun 2016Hiu Greenland belum mencapai kematangan seksual sampai mereka berusia setidaknya 134 tahun.

“Mereka harus menunggu lebih dari 100 tahun untuk berhubungan seks, dan saya yakin mereka tidak senang dengan hal itu,” kata Julius Nielsen, salah satu penulis penelitian ini. Dia mengatakan kepada majalah New Scientist Pada tahun 2016.