Juni 13, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pengusaha Ukraina Ihor Kolomoisky ditangkap dalam kasus penipuan

Pengusaha Ukraina Ihor Kolomoisky ditangkap dalam kasus penipuan

KYIV (Reuters) – Pengadilan Ukraina pada Sabtu memerintahkan pengusaha Ihor Kolomoisky ditahan selama dua bulan karena dicurigai melakukan penipuan dan pencucian uang, dalam sebuah tindakan luar biasa terhadap salah satu pengusaha paling berkuasa di negara itu.

Penangkapan Kolomoisky, yang berada di bawah sanksi AS dan merupakan mantan pendukung Presiden Volodymyr Zelensky yang pemilihannya ia dukung pada tahun 2019, terjadi ketika Kiev mencoba memberi sinyal kemajuan dalam pemberantasan korupsi di masa perang.

Pengacara pembela mengatakan Kolomoisky akan mengajukan banding atas putusan tersebut, mempertanyakan keabsahannya, namun tidak akan memberikan jaminan sekitar $14 juta untuk menjamin pembebasannya, Radio Liberty melaporkan.

Setelah sidang di pengadilan distrik di Kiev pada Sabtu malam, tayangan televisi menunjukkan Kolomoisky, salah satu orang terkaya di Ukraina, dibawa pergi dengan mengenakan jaket olahraga biru. Dia tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Dinas Keamanan Ukraina mengumumkan kasus terhadap Kolomoisky pada Sabtu pagi, memposting foto di aplikasi Telegram Messenger yang menunjukkan dia menerima dokumen dari petugas keamanan dan menandatanganinya.

“Ditemukan bahwa selama periode 2013-2020, Ihor Kolomoisky melegitimasi lebih dari setengah miliar hryvnia ($14 juta) dengan menariknya ke luar negeri dan menggunakan infrastruktur bank di bawah kendalinya,” kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Setelah keputusan tersebut, Zelensky secara tidak langsung menyinggung kasus tersebut dalam pidato malamnya, dan berterima kasih kepada lembaga penegak hukum karena menunjukkan tekad untuk membawa kasus-kasus yang sudah berjalan lama ke pengadilan.

READ  Zelensky bersumpah untuk memperjuangkan kembalinya orang-orang Amerika yang ditangkap dengan aman

Dia menambahkan: “Tidak diragukan lagi, tidak akan ada ‘bisnis seperti biasa’ selama beberapa dekade bagi mereka yang menjarah Ukraina dan menempatkan diri mereka di atas hukum dan peraturan apa pun… Hukum harus berfungsi.”

Kampanye di masa perang

Kolomoisky dipandang sebagai salah satu kelas kaya yang mengumpulkan kekayaan industri besar setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan memiliki pengaruh politik dan ekonomi yang besar.

Sebelum invasi Rusia pada Februari 2022, Zelensky dan timnya mengesahkan undang-undang yang mewajibkan kelompok minoritas yang berkuasa untuk mendaftar dan tidak terlibat dalam politik. Perang mengikis kekuatan oligarki, ketika aset-aset industri di timur dan selatan dihancurkan dan saluran televisi mereka disiarkan melalui sinyal pusat.

Sebelum memenangkan kursi kepresidenan, Zelensky menjadi terkenal sebagai komedian dan memainkan peran presiden dalam sebuah program yang disiarkan di saluran TV milik Kolomoisky. Dia menyangkal Kolomoisky mempunyai pengaruh terhadap pemerintah.

Selama perang, Zelensky menekankan tindakan keras Ukraina terhadap korupsi ketika Kiev mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Uni Eropa dan mengharapkan puluhan miliar dolar untuk membantu membangun kembali negara tersebut setelah perang yang tidak terlihat akan berakhir.

Penangkapan Kolomoisky bukanlah langkah pertamanya dalam keterlibatannya di masa perang.

November lalu, negara mengambil kendali atas saham-saham di perusahaan-perusahaan strategis besar, yang beberapa di antaranya terkait dengan pengusaha tersebut, dan menerapkan undang-undang masa perang untuk membantu upaya perang.

Awal tahun ini, petugas keamanan menggeledah rumah Kolomoisky sehubungan dengan penyelidikan terpisah terhadap penggelapan dan penghindaran pajak di dua perusahaan minyak terbesar di negara yang sebagian dimilikinya.

Kolomoisky adalah mantan pemilik bank terkemuka Ukraina, PrivatBank, yang dinasionalisasi pada akhir tahun 2016 sebagai bagian dari pembersihan sistem perbankan.

READ  Kasus Covid, booster vaksin, dan berita BA.2: Pembaruan langsung

Ia memiliki aset di sektor energi, perbankan dan sektor lainnya, termasuk saluran televisi berpengaruh.

Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap Kolomoisky pada tahun 2021 “karena keterlibatannya dalam korupsi besar.” Pihak berwenang AS juga mendakwa Kolomoisky dan mitra bisnisnya melakukan pencucian uang curian melalui Amerika Serikat. Kolomoisky membantah melakukan kesalahan.

($1 = 36,5686 hryvnia)

(Laporan oleh Olena Harmach) Penyuntingan oleh Ron Bubiski, Thomas Janowski, Francis Kerry dan Jonathan Oatis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru