Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gunung Ibu di Indonesia kembali meletus, mengirimkan gumpalan abu setinggi 5 km ke langit

Gunung Ibu di Indonesia kembali meletus, mengirimkan gumpalan abu setinggi 5 km ke langit

Para pejabat mengatakan mereka mencapai ketinggian lebih dari lima kilometer dari puncak gunung berapi.

Jakarta:

Sebuah gunung berapi di Indonesia bagian timur meletus pada hari Senin, memuntahkan abu besar setinggi lebih dari lima kilometer (tiga mil) ke langit, setelah pihak berwenang menaikkan tingkat kewaspadaan ke tingkat tertinggi kedua pada minggu lalu.

Tidak ada kerusakan atau korban jiwa yang dilaporkan, namun gambar menunjukkan kolom abu-abu menjulang ke langit di atas Pulau Halmahera di provinsi Maluku Utara.

Letusan tersebut mencapai lebih dari lima kilometer dari puncak gunung berapi, kata para pejabat, dan merupakan salah satu letusan terbesar dalam beberapa bulan terakhir.

Kolom abu berwarna abu-abu kehitaman terlihat “dengan intensitas tebal dan miring ke arah barat”, kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam keterangannya, Senin.

Wafit mengimbau warga sekitar untuk memakai masker dan kacamata saat keluar rumah untuk melindungi diri dari jatuhnya abu vulkanik.

Sebuah gunung berapi kecil meletus pada hari Sabtu, memuntahkan lava, mengirimkan abu beberapa kilometer ke langit malam dan menyebabkan kilat.

Dengan zona eksklusi tiga hingga lima kilometer (dua hingga tiga mil) di sekitar kawah gunung berapi, sistem empat tingkat tersebut berada dalam status siaga tertinggi kedua pada hari Senin setelah pihak berwenang menaikkannya pada minggu lalu.

Salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, Ibu meletus lebih dari 21.000 kali tahun lalu.

Pejabat Badan Geologi Sofian Primulyana mengatakan Ibu mencatat rata-rata 58 letusan per hari pada tahun 2023.

Indonesia, negara kepulauan yang luas, sering mengalami aktivitas seismik dan vulkanik karena posisinya di “Cincin Api” Pasifik.

Bulan lalu, Gunung Ruang di provinsi Sulawesi Utara meletus lebih dari setengah lusin kali, memaksa ribuan pulau terdekat dievakuasi dan menempatkannya pada tingkat siaga tertinggi.

READ  Singapura, Indonesia mewajibkan masker di bandara internasional

Sekitar 800 orang penghuni Pulau Ruang akan direlokasi secara permanen.

(Selain judulnya, cerita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)