Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gunung berapi Semeru di Indonesia telah meletus lima kali

Gunung berapi Semeru di Indonesia telah meletus lima kali

JAKARTA, 17 Mei Gunung berapi Semeru di provinsi Jawa Timur Indonesia meletus lima kali pada hari Jumat, memuntahkan abu vulkanik setinggi 900 meter pada puncaknya, kata Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Letusan pertama terjadi pada pukul 06.29 waktu setempat dan muncul gumpalan abu berwarna putih hingga abu-abu sekitar 500 meter ke arah barat daya, kata petugas pos pemantauan gunung api Semeru, Liswanto, seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Letusan kedua terjadi pukul 06.50 WIB dengan semburan abu setinggi 600 meter di atas puncaknya, sedangkan letusan ketiga terjadi pukul 07.28 WIB dengan kolom abu setinggi 700 meter.

Letusan keempat pada pukul 07.57 dan 08.05 waktu setempat melontarkan abu vulkanik hingga ketinggian 500 meter dan letusan kelima hingga ketinggian 900 meter.

Para pejabat telah mendesak masyarakat untuk menjauh dari zona bahaya 5 km tenggara kawah dan 13 km tenggara untuk menghindari kerusakan akibat awan panas, aliran vulkanik, dan lahar.

Masyarakat diimbau menghindari sungai yang berasal dari Kawah Semeru karena kemungkinan aliran lahar dingin.

Penafian: Postingan ini secara otomatis dipublikasikan dari feed agensi tanpa perubahan apa pun pada teks dan belum ditinjau oleh editor.

READ  Petronas Perluas Jejak Indonesia - Berita untuk sektor energi