Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gunung berapi Gunung Ibu di Indonesia meletus, banjir, lahar dingin, badan bencana memperingatkan

Gunung berapi Gunung Ibu di Indonesia meletus, banjir, lahar dingin, badan bencana memperingatkan

JAKARTA: Sebuah gunung berapi di pulau Halmahera di Indonesia timur memuntahkan awan abu setinggi 5 km (3 mil) pada hari Sabtu, kata Lembaga Penelitian Vulkanologi (PVMPG) negara tersebut, sementara badan bencana memperingatkan adanya banjir bandang dan aliran lahar dingin.

Letusan tersebut terjadi pada pukul 11:03 (0203 GMT) pada bulan Mei, yang menyebabkan tujuh desa terdekat dievakuasi, setelah pihak berwenang melihat peningkatan aktivitas gunung berapi mulai bulan April.

Kolom abu berwarna abu-abu dengan kepadatan lebih padat dan cenderung ke arah barat daya, kata badan tersebut, seraya menambahkan bahwa warga dan wisatawan harus menjaga jarak minimal 7 km dari kawah aktif.

Rekaman yang dibagikan oleh badan tersebut menunjukkan gunung berapi tersebut memuntahkan abu yang semakin tebal dan akhirnya menyebar.

Badan Penanggulangan Bencana Indonesia, BNPB, mengatakan kepada pemerintah daerah bahwa akan terjadi bencana susulan seperti banjir bandang dan aliran gunung berapi dingin. Analisis yang dilakukan oleh badan meteorologi negara tersebut menunjukkan bahwa kemungkinan akan terjadi hujan sedang hingga lebat di wilayah tersebut, meskipun tidak disebutkan kapan akan terjadi.

“Jika ada sisa material ledakan sebaiknya segera dibersihkan karena berbahaya. Jika terjadi hujan lebat bisa terjadi banjir bandang, kerusakan dan banyak korban jiwa,” kata Ketua BNPB Suhariando. mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Gunung berapi tersebut berada dalam status siaga tertinggi PVMBG sejak 16 Mei. Aktivitas terbaru Gunung Ibu ini menyusul serangkaian letusan gunung berapi lain di Indonesia yang terletak di “Cincin Api” Pasifik dan memiliki 127 gunung berapi aktif.

Diterbitkan 01 Juni 2024, 05:45 IST