Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Getty Images menggugat pembuat alat seni kecerdasan buatan populer karena diduga mencuri gambar


New York
CNN

Getty Images telah mengumumkan gugatan terhadap Stability AI, perusahaan di balik alat seni populer Stable Diffusion, menuduh bahwa perusahaan teknologi tersebut melakukan pelanggaran hak cipta.

Raksasa fotografi Stability AI telah dituduh menyalin dan memproses jutaan gambarnya tanpa lisensi yang sesuai, menurut jumpa pers Dirilis hari Selasa. Stability AI yang berbasis di London mengumumkan bahwa mereka mengumpulkan $101 juta dalam pendanaan teknologi AI open-source pada bulan Oktober dan merilis versi 2.1 dari alat Stable Diffusion pada bulan Desember.

Getty Images percaya bahwa kecerdasan buatan memiliki potensi untuk merangsang upaya kreatif. Oleh karena itu, Getty Images telah memberikan lisensi kepada inovator teknis terkemuka untuk tujuan melatih sistem kecerdasan buatan dengan cara yang menghormati hak kekayaan pribadi dan intelektual. “Stabilitas Amnesty International belum meminta lisensi semacam itu dari Getty Images, dan sebagai gantinya, kami yakin, kami telah memilih untuk mengabaikan opsi lisensi yang berlaku dan perlindungan hukum jangka panjang demi mengejar kepentingan bisnis independennya sendiri.”

Getty menolak berkomentar lebih lanjut tentang gugatan tersebut kepada CNN, tetapi mengatakan pihaknya meminta tanggapan dari perusahaan AI sebelum mengambil tindakan apa pun. stabilitas

Ketahuilah bahwa kami menangani masalah ini dengan sangat serius. Tidak biasa bagi kami untuk diberitahu tentang tindakan hukum yang dimaksudkan ini melalui pers, “kata juru bicara organisasi Stabilitas AI kepada CNN. Kami masih menunggu untuk memberikan dokumentasi apa pun. Jika kami menerimanya, kami akan berkomentar dengan tepat.”

Vendor seni AI dan media tradisional telah berjuang untuk hidup berdampingan dalam beberapa bulan terakhir karena citra yang dihasilkan komputer menjadi lebih tersedia dan canggih, menggunakan citra dan seni buatan manusia sebagai pelatihan data.

READ  Bill Murray berbicara tentang menutup Being Mortal: "Saya melakukan sesuatu yang saya pikir lucu, dan itu tidak berhasil"

Setelah tersedia hanya untuk sekelompok orang dalam teknologi tertentu, sistem AI teks-ke-gambar menjadi semakin populer dan kuat. Sistem ini termasuk Difusi Stabil dan DALL-E dari OpenAI.

Shutterstock, pesaing Getty Images dan sesama platform stok foto, mengumumkan Pada bulan Oktober berencana untuk memperluas kemitraannya dengan OpenAI, perusahaan di belakangnya DALL-E dan chatbot AI viral ChatGPT, mempromosikan konten yang dihasilkan AI sambil meluncurkan dana untuk memberi kompensasi kepada artis atas kontribusi mereka.

Alat-alat ini, yang biasanya menawarkan beberapa kredit gratis sebelum pengiriman, dapat membuat semua jenis gambar hanya dengan beberapa kata, termasuk yang jelas-jelas membangkitkan karya banyak seniman, jika mereka tidak terlihat seperti membuatnya. Pengguna dapat memanggil artis ini dengan kata-kata seperti “dalam gaya” atau “oleh” bersama dengan nama yang diberikan. Penggunaan saat ini untuk alat-alat ini dapat berkisar dari hiburan dan hobi pribadi hingga masalah yang lebih komersial.

Hanya dalam hitungan bulan, jutaan orang telah berbondong-bondong ke sistem teks-ke-gambar AI yang sudah digunakan untuk membuat film eksperimental, sampul majalah, dan Gambar untuk mengilustrasikan berita. Gambar yang dibuat dengan sistem kecerdasan buatan bernama Midjourney baru-baru ini memenangkan kompetisi seni di Colorado State Fair, menciptakan a heboh di antara para senimanyang khawatir karya seni mereka dapat dicuri oleh sistem ini tanpa kredit.

“Saya sama sekali tidak ingin terlibat dengan mesin yang akan mempermurah apa yang saya lakukan,” Danial BahayaStable Diffusion, seorang ilustrator dan pembuat grafis yang mempelajari sejumlah karyanya, mengatakan kepada CNN pada bulan Oktober.

Pendiri dan CEO Stability AI Emad Mostaki mengatakan kepada CNN Business pada bulan Oktober melalui email bahwa Art adalah bagian kecil dari data pelatihan LAION di balik Stable Diffusion. “Seni merupakan jauh lebih sedikit dari 0,1% dari kumpulan data dan hanya dibuat ketika pengguna dengan sengaja memanggilnya,” katanya.

READ  Podcast andalan Spotify, 'The Joe Rogan Experience', menghilang secara misterius dari platform streaming dua kali dalam seminggu