Maret 4, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gempa kuat melanda Jepang, memicu peringatan tsunami: pembaruan langsung

Gempa kuat melanda Jepang, memicu peringatan tsunami: pembaruan langsung

Peringatan tsunami telah dikeluarkan antara lain di Pulau Sado di Jepang.kredit…Chiho Fukada untuk The New York Times

Gempa bumi yang kuat melanda daerah Noto di Prefektur Ishikawa, Jepang tengah, sekitar pukul 16:10 pada hari Senin, memicu banyak peringatan tsunami dan perintah evakuasi di beberapa prefektur.

Badan Meteorologi Jepang menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 7,6 skala intensitas gempa Jepang. Menurut Survei Geologi AS, kekuatan gempa mencapai 7,5.

Badan Jepang mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk Semenanjung Noto yang menghadap Laut Jepang dan memerintahkan warga untuk segera mengungsi ke daerah yang lebih tinggi. Badan tersebut memperingatkan kemungkinan gelombang hingga lima meter, atau 16 kaki, di Noto dan setinggi tiga meter di sepanjang pantai Pulau Sado, serta di prefektur termasuk Niigata dan Toyama.

Pemerintah kemudian memperluas peringatan dan imbauan ke seluruh pantai barat Jepang, dari Hokkaido di utara hingga Kyushu di selatan. Berbagai gempa susulan terus melanda wilayah barat Jepang.

Pada pukul 17:15, ketinggian gelombang tsunami tertinggi mencapai 1,2 meter di Prefektur Ishikawa, kata para pejabat.

Pada konferensi pers pada Senin malam, Yoshimasa Hayashi, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, mengatakan bahwa tidak ada kerusakan yang terdeteksi pada pembangkit listrik tenaga nuklir di daerah yang terkena dampak gempa.

READ  Detente Saudi-Iran: Kemunduran bagi Israel dan Seruan Bangun untuk Hubungan AS