November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

FTX menyelidiki potensi pelanggaran $515 juta setelah mengajukan kebangkrutan

FTX menyelidiki potensi pelanggaran $515 juta setelah mengajukan kebangkrutan

Sehari setelah menyatakan kebangkrutan, pertukaran crypto yang runtuh FTX mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka sedang menyelidiki “Transaksi Tidak Sah” dialirkan dari akunnya, di mana peneliti crypto mendokumentasikan transfer mencurigakan dari 515 juta dolar yang mungkin merupakan hasil peretasan atau pencurian.

kata John C. Ray III, CEO baru FTX, di a penyataan bahwa “akses tidak sah ke aset tertentu telah terjadi” dan bahwa perusahaan telah melakukan kontak dengan pejabat penegak hukum dan regulator. Sebagai bagian dari proses kebangkrutan, perusahaan memindahkan dana kripto yang tersisa ke dalam bentuk penyimpanan yang lebih aman.

Pergerakan dana yang mencurigakan menandai putaran baru dalam rangkaian peristiwa menarik yang dimulai awal pekan ini, ketika bursa menghadapi serbuan simpanan dan gagal memenuhi permintaan. Jumat, perusahaan mengajukan kebangkrutanSam Bankman-Fried, pendiri dan CEO FTX, mengumumkan pengunduran dirinya, dan digantikan oleh Mr. Ray, spesialis transformasi perusahaan.

Keruntuhan internal pertukaran crypto Bankman-Fried telah merugikan klien miliaran dolar dalam kehilangan simpanan crypto, mendorong penyelidikan penegakan hukum yang dapat menyebabkan tuntutan pidana.

Namun dampak penuh dari kehancuran dramatis FTX baru saja mulai terbentuk. Dalam tugasnya yang relatif singkat sebagai miliarder, Fred Bankman telah membangun kerajaan bisnis yang sangat luas, dengan investasi di lusinan perusahaan crypto yang lebih kecil dan kemitraan dengan perusahaan yang beragam seperti SkyBridge Capital dari perusahaan investasi Anthony Scaramucci dan Miami Heat dari NBA. Dia juga menjadi donor berpengaruh untuk Partai Demokrat, berjanji untuk menghabiskan hingga ini 1 miliar dolar selama siklus pemilu 2024.

Sekarang, semua proyek ini telah didorong ke dalam kekacauan.

BlockFi, platform peminjaman kripto yang didanai oleh Bankman-Fried, mengatakan pekan lalu bahwa mereka menangguhkan operasi sebagai akibat dari kecelakaan itu. Harga Solana, mata uang kripto yang digembar-gemborkan oleh Mr. Bankman-Fried, telah jatuh. Tim di belakang FTX Future Fund, sebuah operasi amal yang didanai oleh Mr. Bankman-Fried, mengumumkan pengunduran diri mereka.

READ  Permintaan untuk pinjaman rumah berisiko tinggi karena suku bunga naik

Berita tentang kemungkinan pencurian mulai menyebar di Twitter pada Jumat malam, ketika penggemar kripto menyaring catatan transaksi publik yang mendokumentasikan pergerakan mata uang kripto. Sebuah laporan oleh perusahaan riset cryptocurrency Elliptic mematok jumlah yang bisa dicuri atau diretas menjadi $ 515 juta.

Sifat pasti dari transfer tersebut masih belum jelas. Bisa jadi karena peretas mendapatkan akses ke sistem bursa, atau orang dalam dengan akses khusus yang berusaha melarikan diri dengan dana. Ditanya tentang transfer, Bankman-Fred mengatakan dalam pesan teks ke New York Times, “Kami sedang menyelesaikannya dengan tim kebangkrutan.”

Elliptic mengatakan dalam postingannya bahwa cryptocurrency yang secara mencurigakan ditransfer dari FTX dengan cepat ditransfer melalui pertukaran terdesentralisasi – pasar crypto yang beroperasi berdasarkan kode dan memiliki hambatan perlindungan yang lebih rendah daripada pertukaran pusat seperti Coinbase. Para peneliti menggambarkan transfer tersebut sebagai “teknik umum yang digunakan oleh peretas untuk mencegah transfer mereka disita.”

Ketika cryptocurrency dicuri, seringkali sulit bagi pencuri untuk mengubahnya menjadi uang tunai yang dapat digunakan. Karena catatan transaksi cryptocurrency bersifat publik, para ahli dapat melacak pergerakan dana, mengumpulkan petunjuk tentang identitas pencuri.

Tetapi pencurian besar kemungkinan akan mempersulit FTX untuk mengembalikan uang klien dan kreditur lain yang telah kehilangan miliaran dolar dalam keruntuhan perusahaan.

Setelah gagal memenuhi peningkatan permintaan penarikan minggu lalu, FTX diperkirakan berutang $8 miliar, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut. Investor amatir menyimpan tabungan cryptocurrency mereka di FTX, yang secara luas dianggap sebagai platform yang aman dan mudah digunakan, bahkan di dunia crypto liar. Jumlah yang dikembalikan kepada klien ini tergantung pada proses kebangkrutan. Dalam pengajuan awalnya pada hari Jumat, FTX mengatakan memiliki lebih dari 100.000 kreditur.

READ  JPMorgan Chase memberi tahu karyawan bahwa bank akan membayar biaya perjalanan ke negara bagian yang mengizinkan aborsi

Ketika spekulasi tentang pengiriman uang FTX beredar di Twitter, pejabat industri crypto tampaknya menyusun situasi secara real time. Setelah laporan bahwa seseorang yang terlibat dalam transfer dana memiliki akun di Kraken, pertukaran kripto lainnya, kepala petugas keamanan Kraken, Nick Percoco, kicauan“Kami mengetahui identitas pengguna.”

Ryan Miller, penasihat umum untuk cabang FTX AS, merespons dengan cepat. “Anda tertarik pada apa pun yang terbuka untuk Anda bagikan,” katanya. “Bisakah kamu menghubungiku?”

Seorang juru bicara Kraken tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Ini adalah cerita yang berkembang. Periksa kembali untuk pembaruan.