Oktober 3, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Foxconn akan meluncurkan investasi di sektor EV Indonesia di Q3

Logo Foxconn muncul pada 25 Mei 2010 di kantor pusat di Tucheng, Taipei County. REUTERS / Nicky Loh

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Jakarta, 9 Februari (Reuters) – Foxconn dari Taiwan (2317.TW) Seorang menteri Indonesia mengatakan dia akan mulai berinvestasi dalam produksi kendaraan listrik dan baterai di Indonesia pada kuartal ketiga, di tengah upaya untuk menjadikan ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu sebagai pusat global untuk EV.

Perakit iPhone akan mendirikan kawasan industri seluas 200 hektar (494,21 hektar) di kawasan industri Patang di Jawa Tengah untuk memproduksi sel baterai, prekursor katoda dan suku cadang telekomunikasi selain kendaraan, Menteri Investasi Pahl Lahadalia mengatakan pada sebuah forum di Rabu.

Menteri mengatakan investasi akan mencapai $ 8 miliar, namun ketua Foxconn Liu Young-Wei mengatakan kepada wartawan di Taipei pada hari Kamis bahwa angka tersebut adalah total investasi yang diharapkan oleh lima pihak dalam kemitraan EV, bukan hanya perusahaannya. Liu tidak memberikan rincian investasi.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Kementerian Investasi Indonesia dan Badan Usaha Milik Negara Baterai Indonesia, sebuah perusahaan energi milik P.T. Foxconn mengumumkan bulan lalu bahwa mereka bermitra dengan Indica Energy. (INDY.JK) Dan Kokoro A, dealer skuter listrik Taiwan Cakupan investasi yang luas di EVs, Termasuk produksi baterai. Baca selengkapnya

Foxconn telah memperluas operasi EV-nya dalam beberapa tahun terakhir, mengumumkan kesepakatan dengan startup AS Fisker Inc. (FSR.N) Dan PTT Grup Energi Thailand (PTT.BK).

Indonesia telah berjuang melawan investasi Foxconn selama bertahun-tahun, tetapi kesepakatan sebelumnya, yang ditandatangani pada 2015, gagal.

READ  Hyundai Indonesia Buka Pabrik - Just Auto

“(Investasi) Foxconn belum pernah terjadi sebelumnya karena saya meminta insentif pembebasan lahan dan tax holiday. Jadi saya mendapat perintah dari presiden untuk mencari cara mendapatkan Foxconn,” kata Bahlil.

“Sekarang pemerintah telah menyediakan tanah murah di kawasan industri … dekat pintu tol dan rel kereta api,” tambahnya.

Indonesia, produsen nikel terkemuka, memiliki rencana ambisius untuk memungkinkan pasokan bijih nikel laterit yang kaya yang digunakan dalam baterai lithium dan akhirnya menjadi pusat produksi dan ekspor EV global.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Laporan Stefano Suleiman di Jakarta dan Yimo Lee di Taipei; Diedit oleh Gayatri Suroyo, Martin Betty dan Ed Davis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.