April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Foto-foto tersebut menunjukkan sebuah stadion di Indonesia, bukan Ghana

Foto-foto tersebut menunjukkan sebuah stadion di Indonesia, bukan Ghana

Hak Cipta © AFP 2017-2024. Seluruh hak cipta.

Saat Ghana bersiap menjadi tuan rumah All Africa Games edisi ke-13 pada 8-23 Maret, pengguna media sosial telah berbagi foto yang mereka klaim sebagai stadion baru di ibu kota Accra. Namun foto-foto tersebut sebenarnya adalah foto Stadion Internasional Bandon di Serang, Indonesia.

“Stadion olahraga yang baru dibangun di Accra Ghana untuk menjadi tuan rumah semua olahraga Afrika,” demikian bunyi postingan yang dipublikasikan. Facebook Pada tanggal 4 Januari 2024. Itu dibagikan lebih dari 120 kali sebelum dihapus.

Tangkapan layar yang menunjukkan postingan salah diambil pada 15 Januari 2023

Postingan ini memuat tiga gambar dari dalam stadion yang memperlihatkan deretan kursi berwarna kuning dan hijau, tiang gawang sepak bola di lapangan rumput, dan lintasan lari.

Foto yang sama dibagikan di tempat lain Facebook Dan seterusnya X.

All Africa Games, yang dijadwalkan berlangsung pada Agustus tahun lalu, dipindahkan ke Maret setelah tercapai kesepakatan antara pemangku kepentingan utama acara multi-olahraga tersebut.

Pada tahun 2020, Presiden Akufo-Addo mengumumkan rencana untuk membangun stadion berstandar Olimpiade di Portimao untuk Olimpiade tersebut.

Kompleks Olahraga Portemann, yang masih dalam tahap pembangunan, diperkirakan akan menjadi tuan rumah beberapa pertandingan. Miliki sisanya akan berlangsung Stadion Olahraga Universitas Ghana, Stadion Olahraga Accra, dan Klub Kriket dan Golf Achimota (Diarsipkan) Di Sini)

Namun foto tersebut tidak menyertakan stadion yang baru dibangun di Accra.

Foto dari Indonesia

Gambar di postingan yang salah memiliki logo “SR” di pojok kiri bawah. Pencarian gambar terbalik menemukan bahwa gambar tersebut adalah bagian dari rangkaian yang diposting di akun Instagram situs berita olahraga SportsRender dengan logo SR yang sama.

Tangkapan layar akun Instagram SportsRender yang memperlihatkan salah satu gambar yang dibagikan dalam postingan tersebut

Sesuai judulnya, mereka diambil di Stadion Internasional Bandon di Indonesia.

READ  JETP di Indonesia: Solusi Finansial atau Perangkap Utang Transisi Energi? | Komentar | Bisnis lingkungan

Foto juga dipublikasikan hari itu StadionDB.com (Diarsipkan Di Sini) – sebuah situs web yang didedikasikan untuk menerbitkan cerita-cerita yang melibatkan stadion sepak bola – yang juga disebut sebagai Stadion Internasional Bandon di Indonesia.

Tangkapan layar dari situs StadiumDB.com memperlihatkan salah satu gambar yang dibagikan dalam postingan tersebut

Situs berita Indonesia The Tribune News membagikan Video di channel YouTube-nya pada 29 Agustus 2022, menampilkan interior arena (diarsipkan Di Sini)

Dalam klip tersebut, Anda dapat melihat kursi kuning dan hijau, lintasan lari, dan tiang gawang di lapangan rumput yang sama seperti di postingan media sosial palsu.

Juga diterbitkan oleh CNN Indonesia Artikel Tentang pembukaan stadion berkapasitas 30.000 kursi pada Mei 2022 (diarsipkan Di Sini)

Sementara itu, foto dan video Kompleks Olahraga Portemann yang sedang dibangun di Accra dipublikasikan oleh situs berita lokal. Di Sini Dan Di Sini Akhir tahun lalu (diarsipkan Di Sini Dan Di Sini)

Tangkapan layar video yang diposting oleh OceaniTV menunjukkan Kompleks Olahraga Portemann sedang dibangun pada akhir November 2023

Menurut laporan, Menteri Olahraga dan Pemuda negara itu, Mustafa Usif, mengatakan kompleks olahraga tersebut akan selesai sebelum All Africa Games.