Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Forum Sumber Daya Manusia untuk Memajukan Kerja Sama Indonesia-Jepang: Kementerian

Forum Sumber Daya Manusia untuk Memajukan Kerja Sama Indonesia-Jepang: Kementerian

JAKARTA (ANTARA) – Forum Sumber Daya Manusia Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang 2023 berharap dapat memperkuat kerja sama pemerintah Indonesia dan Jepang di bidang ketenagakerjaan, khususnya dalam pelaksanaan program Pekerja Berketerampilan Khusus (SSW).

Forum Sumber Daya Manusia Indonesia-Jepang 2023 diadakan di Jakarta pada hari Selasa.

“Saya mendukung penuh kerja sama Jepang dan Indonesia di bidang ketenagakerjaan, dalam hal ini program peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia yang bertujuan untuk memenuhi keterampilan (standar) di luar negeri, khususnya Jepang,” kata Menteri Sumber Daya Manusia Aida Faucia. Selasa

Sejak dibukanya forum tersebut pada tahun 1958, Indonesia dan Jepang telah menjalin beberapa program kerja sama bilateral di bidang ketenagakerjaan, seperti Technical Training Program (TITP), program Economic Partnership Agreement (EPA), dan program SSW.

Untuk itu, ia berharap melalui forum tersebut, berbagai bentuk kerja sama yang telah terjalin kedua negara dapat diperkuat, khususnya pelaksanaan proyek SSW.

Berita terkait: Indonesia akan mendapatkan 102 mesin X-ray mobile dari Jepang

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanazuki mengatakan tahun 2023 merupakan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Ia mencatat, kedua negara terus melakukan pertukaran sumber daya manusia melalui program kerja sama bilateral selama tiga dekade terakhir.

Kenji mencatat, Jepang saat ini menghadapi masalah penuaan populasi, dimana angka kelahiran dan populasi lansia tidak seimbang sehingga menyebabkan kekurangan tenaga kerja di negara tersebut.

Untuk itu, sejak April 2019, pemerintah Jepang menerapkan kebijakan baru penerimaan tenaga kerja asing melalui program SSW.

Ia berharap berbagai program kerja sama ketenagakerjaan dapat mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Jepang dan Indonesia.

Dubes mencatat, sumber daya manusia Indonesia dan Jepang dapat berperan aktif dalam mengatasi permasalahan sosial di kedua negara dan membawa manfaat bagi kedua negara.

READ  Foxconn akan meluncurkan investasi di sektor EV Indonesia di Q3

Berita terkait: Indonesia dan Jepang berencana mempercepat transisi energi pada pertemuan IPEF

Diterjemahkan oleh: Jubi Mahrofi, Raga Adji
Pembawa acara : Zafar M Siddiqui
Hak Cipta © ANTARA 2023