Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Finlandia pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru

Finlandia pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru

HELSINKI (AP) — Mantan Perdana Menteri Alexander Stubb diperkirakan akan memenangkan putaran pertama pemilihan presiden Finlandia pada hari Minggu dan menghadapi runner-up Pekka Haavisto pada putaran kedua bulan depan.

Lembaga penyiaran publik Finlandia YLE memperkirakan Stoop akan memenangkan putaran pertama pemilihan presiden dengan 27,3% suara, sementara Haavisto, mantan menteri luar negeri, berada di posisi kedua dengan 25,8%. Ketua Parlemen Jossi Hala-aho berada di posisi ketiga dengan 18,6%.

Hasil yang diperkirakan akan mendorong persaingan ke putaran kedua pada 11 Februari antara Staub dan Havesto, di mana tidak ada kandidat yang memperoleh lebih dari setengah suara.

Perkiraan YLE, yang sangat akurat pada pemilu-pemilu sebelumnya, adalah model matematis yang dihitung berdasarkan suara awal dan sejumlah suara pada hari Minggu berdasarkan data resmi yang disediakan oleh Pusat Pendaftaran Hukum. Jajak pendapat umumnya tidak digunakan di Finlandia.

Stubb, 55 tahun, dan Haavisto, 65 tahun, merupakan kandidat utama dalam pemilu di mana sekitar 4,5 juta pemilih yang memenuhi syarat memilih pengganti Presiden populer Sauli Niinistö, yang masa jabatan enam tahun keduanya akan berakhir pada bulan Maret. Dia tidak memenuhi syarat untuk dipilih kembali.

Ini adalah pembaruan berita terkini. Kisah AP sebelumnya berikut di bawah ini.

Helsinki (AFP) – Pemenang putaran pertama pemilihan presiden di Finlandia akan segera diketahui setelah pemungutan suara berakhir pada Minggu, dan ini terjadi pada saat yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi negara Skandinavia, yang kini… Anggota NATO Dengan timurnya Menutup perbatasan dengan Rusia – Dua hal yang hampir tidak terpikirkan beberapa tahun lalu.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa mantan Perdana Menteri Alexander Staub55 tahun, mantan Menteri Luar Negeri Becca Havesto65, adalah pesaing utama.

READ  Pernyataan Sekretaris Pers Karen Jean-Pierre tentang perjalanan Presiden Biden ke Vietnam

Tidak seperti kebanyakan negara Eropa, Pres Finlandia Ia memegang otoritas eksekutif dalam merumuskan kebijakan luar negeri dan keamanan, terutama ketika berhadapan dengan negara-negara di luar Uni Eropa seperti Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok.

Presiden juga menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat Finlandia, sebuah tugas yang sangat penting dalam lingkungan keamanan saat ini di Eropa.

Tempat pemungutan suara di seluruh negeri ditutup pada pukul delapan malam (18.00 GMT). Sekitar 4,5 juta warga berhak memilih kepala negara baru Finlandia dari sembilan kandidat – enam laki-laki dan tiga perempuan. Mereka memilih penerus yang sangat populer Presiden Sauli NiinistöMasa jabatan enam tahun keduanya berakhir pada bulan Maret. Dia tidak memenuhi syarat untuk dipilih kembali.

Eve Kinnunen, yang memberikan suaranya di tempat pemungutan suara di pusat ibu kota, Helsinki, mengatakan: “Saya mengharapkan kepemimpinan yang kuat dalam situasi global saat ini.”

Tidak ada kandidat yang diharapkan memperoleh lebih dari 50% suara Putaran pertama pemungutan suara dilakukan pada hari Mingguyang akan membuat perlombaan dilanjutkan pada 11 Februari.

Diperkirakan Stubb, yang mewakili Partai Koalisi Nasional yang konservatif dan memimpin pemerintahan Finlandia pada tahun 2014-2015, dan politisi veteran Haavisto, mantan diplomat PBB yang mencalonkan diri untuk posisi tersebut untuk ketiga kalinya, akan menerima antara 23% dan 27% dari pemungutan suara. Suara.

Mereka diikuti oleh Ketua Parlemen dan mantan pemimpin Partai sayap kanan Finlandia, Jossi Halla-aho, dengan sekitar 18%. Gubernur Bank Finlandia dan mantan Komisaris Uni Eropa Olli Rehn diperkirakan menerima sekitar 14% suara.

Hasil pemungutan suara awal – oleh lebih dari 40% pemilih yang memenuhi syarat – dipublikasikan segera setelah pemungutan suara ditutup, dan menunjukkan Staub memimpin dengan 28,3% suara, diikuti oleh Haavisto dengan 25,8% dan Hala-Aho dengan 16,2% suara. .

READ  Perang Antara Rusia dan Ukraina: Pembaruan Langsung - The New York Times

Kepala negara baru Finlandia akan memulai masa jabatan enam tahunnya pada bulan Maret dalam situasi geopolitik dan keamanan yang sangat berbeda di Eropa dibandingkan dengan Presiden petahana Niinistö setelah pemilu tahun 2018.

Setelah meninggalkan ketidaksejajaran militer selama puluhan tahun setelah invasi Rusia ke Ukraina, Finlandia menjadi anggota NATO ke-31 pada bulan April, yang membuat Presiden Rusia Vladimir Putin kesal karena negara ini berbagi perbatasan sepanjang 1.340 kilometer (832 mil). dengan Negara Utara.

Keanggotaan NATO, yang menjadikan Finlandia sebagai negara garis depan aliansi militer Barat berhadapan dengan Rusia, dan perang yang berkecamuk di Ukraina, yang terletak hanya 1.000 kilometer (600 mil) dari perbatasan Finlandia, telah memperkuat posisi presiden sebagai pemimpin kebijakan keamanan.

Sesuai dengan politik Finlandia yang berorientasi pada konsensus, kampanye selama berbulan-bulan berjalan lancar di antara para kandidat. Mereka semua sepakat mengenai isu-isu utama kebijakan luar negeri seperti kebijakan masa depan Finlandia terhadap Rusia, penguatan kerja sama keamanan dengan Amerika Serikat dan kebutuhan untuk terus membantu Ukraina dengan bantuan militer dan kemanusiaan.

Keanggotaan dalam aliansi militer “juga berarti bahwa NATO harus memiliki dimensi Arktik yang baru, karena NATO menjadi lebih kuat di kawasan Arktik ketika Finlandia dan Swedia menjadi anggotanya,” kata Haavisto kepada The Associated Press dalam acara kampanye terbarunya di sebuah konferensi yang baru saja dirilis. bar musik. Di luar Helsinki Sabtu malam.

Sebagai Menteri Luar Negeri, Haavisto, anggota Liga Hijau dan mencalonkan diri sebagai kandidat independen, menandatangani perjanjian aksesi bersejarah Finlandia ke NATO tahun lalu dan memainkan peran penting dalam proses keanggotaan.

Swedia, tetangga baratnya, akan bergabung dengan NATO dalam waktu dekat, dan Hongaria, negara terakhir yang bertahan, diperkirakan akan meratifikasi tawaran Stockholm pada akhir Februari.

READ  Petugas di Gabon mengumumkan kudeta militer dan menangkap Presiden Ali Bongo

Hasil awal pemilu hari Minggu diperkirakan akan diumumkan sekitar tengah malam (22.00 GMT; 17.00 EDT). Hasil putaran pertama akan dikonfirmasi secara resmi pada hari Selasa.

___

Kostya Manenkov dan Sergey Grits berkontribusi pada laporan ini.