April 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Festival Musik untuk Membantu Mempromosikan Kebudayaan Indonesia: Kementerian

Festival Musik untuk Membantu Mempromosikan Kebudayaan Indonesia: Kementerian

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyatakan penyelenggaraan festival musik akan menjadi bagian rutin dari langkah strategis pemerintah untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

“Saya kira ini akan menjadi sebuah kawasan yang strategis oleh Dirjen Kebudayaan untuk memberikan tempat kepada seluruh elemen (pihak),” kata Eddy Irawan, Ketua Satgas Apresiasi dan Literasi Musik Kementerian. .

Pernyataan itu disampaikannya pada Kamis saat konferensi pers Festival Musik Indonesia (FMI) 2023.

Menurut Irawan, penyelenggaraan berbagai festival musik yang saat ini didukung kementeriannya tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan industri.

Festival musik mempunyai kekuatan khusus yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya soft diplomacy untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia karena menarik masyarakat dari berbagai kelompok umur dan latar belakang.

“Sebenarnya tujuannya bukan sekedar bisnis, tapi bagaimana mempromosikan Indonesia di forum internasional. Jadi bagaimana mempromosikan budaya kita dengan cara yang trendi seperti festival musik,” ujarnya.

Dijelaskannya, kemampuan masyarakat Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Banyak artis asal Indonesia yang dikirim ke luar negeri karena undangan dari pihak luar negeri.

“Dalam kegiatan seni dan ekspresi (kreatif), kita tidak bisa bergantung (pada satu sisi) tapi harus mencari talenta-talenta baru yang tentunya tidak hanya diarahkan ke dunia industri tapi juga (panggung) internasional,” ujarnya.

Ia pun meyakinkan, pemerintah akan terus mendukung karya bangsa Indonesia yang dapat mengharumkan nama bangsa.

Berita terkait: Sektor hiburan Indonesia mulai pulih: Kementerian
BERITA TERKAIT: Dewan Kesenian Jakarta Buka Festival Musik Etnik Internasional

Diterjemahkan oleh: Hreiloida Dharma, Raga Adji
Penulis : Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023