Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Elon Musk telah kehilangan lebih banyak kekayaan daripada siapa pun dalam sejarah


New York
CNN

Penghancuran kekayaan Elon Musk telah menjadi sejarah.

CEO Tesla

(TSLA)
Dan SpaceX dan Twitter bernilai $137 miliar, menurut Indeks Miliarder Bloombergcukup baik untuk menempati posisi kedua dalam daftar orang terkaya dunia setelah LVMH

(LVMHF)
Presiden Bernard Arnault. Tetapi pada puncaknya pada November 2021, kekayaan bersih Musk adalah $340 miliar.

Ini menjadikan Musk orang pertama yang kehilangan kekayaan $200 miliar. Bloomberg melaporkan minggu lalu.

Sebagian besar kekayaan Musk terikat di Tesla

(TSLA)
yang Persediaan turun 65% pada tahun 2022. permintaan Tesla

(TSLA)
Melemah dengan meningkatnya persaingan kendaraan listrik dari pembuat mobil dalam satu tahun terakhir. Perusahaan gagal memenuhi target pertumbuhan dan mengurangi produksi di China.

Bukti berkurangnya minat pembeli mobil terhadap Tesla terlihat bulan lalu setelah perusahaan mengumumkan penjualan langka dalam upaya melikuidasi inventaris. Tesla menawarkan dua diskon kepada pembeli yang menerima mobil sebelum akhir tahun, awalnya menawarkan potongan harga $3.750, kemudian menggandakan potongan harga menjadi $7.500 dengan dua minggu tersisa di tahun 2022.

Investor bingung dengan diskon, yang membuat saham turun 37% pada bulan Desember.

Kritikus telah lama bertanya-tanya apakah Tesla bernilai $ 1 triliun yang dimilikinya pada awal tahun 2022. Pada puncaknya, Tesla bernilai lebih dari gabungan 12 pembuat mobil terbesar di planet ini, meskipun hanya memiliki sebagian kecil dari penjualan mereka. Tesla menyelesaikan tahun ini dengan nilai $386 miliar — masih jauh lebih besar dari saingan otomotifnya tetapi jauh lebih kecil dari raksasa teknologi — Apple

(AAPL)
microsoft

(MSFT)
Google

(Google)
dan amazon

(AMZN)
– yang dibandingkan setahun yang lalu.

Pembelian Twitter oleh Musk senilai $44 miliar juga tidak membantu saham Tesla atau kekayaan pribadi Musk. Musk, pemegang saham terbesar Tesla, telah menjual saham Tesla senilai $23 miliar sejak ketertarikannya pada Twitter dipublikasikan pada bulan April.

READ  S&P 500 turun karena pasar bersiap untuk menutup minggu, bulan, dan kuartal yang menyedihkan

Kicauannya yang terus-menerus dan perilakunya yang semakin tidak menentu, terutama setelah mengambil alih sebagai CEO di Twitter, telah membuat marah investor Tesla yang ingin Musk lebih memperhatikan perusahaannya yang lebih besar dan lebih berharga. Musk membela diri terhadap para kritikus, dengan mengatakan dia tidak melewatkan pertemuan besar Tesla sejak mengambil alih Twitter.

Saham Tesla bisa pulih, dan Musk bisa sekali lagi menjadi orang terkaya di dunia. Tetapi reputasi Musk sebagai seorang jenius mengalami kerusakan serius pada tahun 2022 – hampir sama dengan kekayaan pribadinya.