Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Elon Musk mengatakan internet satelit Starlink sekarang aktif di Ukraina

Elon Musk mengatakan internet satelit Starlink sekarang aktif di Ukraina

  • Seorang pejabat pemerintah Ukraina mentweet ke pendiri SpaceX Elon Musk pada hari Sabtu, meminta terminal Starlink.
  • Musk menanggapi secara langsung beberapa jam kemudian, mengatakan bahwa Starlink Internet sekarang aktif di Ukraina.
  • Invasi Rusia mengganggu Internet untuk beberapa orang Ukraina.

Pendiri SpaceX, Elon Musk, mentweet pada Sabtu malam bahwa layanan internet satelit Starlink perusahaan “sekarang aktif di Ukraina” dengan “lebih banyak terminal dalam perjalanan.”

Pengumuman Musk datang sebagai tanggapan langsung terhadap seruan pejabat pemerintah Ukraina untuk lebih banyak stasiun Starlink di tengah invasi Rusia yang mengganggu layanan internet di Ukraina.

“Saat mencoba menjajah Mars – Rusia mencoba menduduki Ukraina! Saat rudal Anda berhasil mendarat dari luar angkasa – rudal Rusia menyerang warga sipil Ukraina!” Mikhailo Fedorov, wakil perdana menteri Ukraina, mentweet sebelumnya pada hari Sabtu. “Kami meminta Anda untuk menyediakan stasiun Starlink ke Ukraina dan berbicara dengan orang Rusia yang bijaksana untuk berdiri.”

Musk menjawab hanya 10 jam kemudian, dengan mengatakan bahwa dia telah menyetujui permintaan tersebut. Tidak segera jelas seberapa luas layanan Starlink di Ukraina.

Menanggapi pengumuman Musk, akun Twitter resmi Ukraina mencuit, “Terima kasih, hargai itu.”

Konektivitas internet di seluruh Ukraina terpengaruh oleh invasi, meskipun sejauh mana tidak segera jelas pada hari Sabtu. Konektivitas ke penyedia internet utama negara itu sempat turun 20% pada hari Jumat, Pengamat internet mengatakan kepada ReutersDia menambahkan bahwa tidak jelas berapa banyak ini disebabkan oleh orang-orang Ukraina yang melarikan diri dari rumah mereka.

“Kami saat ini mengamati konektivitas nasional di 87% dari tingkat normal, angka yang mencerminkan gangguan layanan serta penduduk yang mengungsi dan penutupan rumah dan bisnis sejak pagi tanggal 24,” Alp Tucker, direktur NetBlocks, mengatakan kepada outlet berita. . .

READ  Barat harus mengurangi ketergantungannya pada Rusia untuk energi

Starlink dari SpaceX adalah jaringan satelit pribadi orbit rendah yang berkembang dengan tujuan menyediakan layanan Internet berkecepatan tinggi di seluruh dunia. di sana Saat ini lebih dari 1500 satelit Starlink Pekerjaan.

Sabtu bukan pertama kalinya SpaceX menawarkan untuk mengirim stasiun Starlink ke negara-negara yang membutuhkan. Bulan lalu, pegang yang sama Ditawarkan untuk mengirim stasiun ke TongaLetusan gunung berapi mengganggu akses internet di seluruh negeri.