Maret 1, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Elizabeth Warren menang ketika Amazon membatalkan kesepakatan iRobot dan memberhentikan 350 pekerja

Elizabeth Warren menang ketika Amazon membatalkan kesepakatan iRobot dan memberhentikan 350 pekerja

Senator AS Elizabeth Warren. (Paul Connors / Boston Herald)

Senator Elizabeth Warren, yang telah mendesak regulator federal untuk menghentikan merger Amazon-iRobot, akhirnya mendapatkan keinginannya minggu ini ketika Amazon membatalkan kesepakatan tersebut, yang menyebabkan PHK terhadap 350 pekerja di perusahaan robotika yang berbasis di Massachusetts.

Senator Massachusetts ini tampak bungkam mengenai gagalnya akuisisi iRobot dan hilangnya pekerjaan meskipun dia telah menyerang Amazon selama bertahun-tahun.

“Saya memiliki kekhawatiran yang serius mengenai kesepakatan Amazon-iRobot – perusahaan dominan seperti Amazon tidak boleh dibiarkan keluar dari persaingan,” kata Warren dalam pernyataannya pada tahun 2022. “FTC harus menentang usulan merger ini untuk melindungi persaingan, menurunkan harga konsumen, dan mengendalikan aktivitas anti-persaingan Amazon yang terdokumentasi dengan baik.”

Komisi Perdagangan Federal (Federal Trade Commission) – yang sekarang dipimpin oleh seorang pembantu Warren – menyuarakan keprihatinan mengenai kesepakatan tersebut dan bekerja sama dengan Uni Eropa, yang pada akhirnya memblokir merger tersebut.

iRobot, pembuat penyedot debu Roomba yang populer, tidak menyebutkan di mana para pekerjanya akan diberhentikan, namun kantor pusat perusahaan tersebut berada di Massachusetts.

Akibat keruntuhan tersebut, presiden iRobot, Robin Angell — seorang bintang di kalangan teknologi tinggi Massachusetts — mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri. Angell mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia dan dewan direksi iRobot memutuskan “bahwa iRobot akan lebih baik jika dilayani oleh pemimpin baru yang memiliki pengalaman transformasi.”

Amazon harus membayar iRobot biaya penghentian sebesar $94 juta untuk menyelesaikan kesepakatan guna menambahkan perusahaan robotika ke dalam portofolionya, yang memungkinkannya menjual produk iRobot langsung di situs webnya.

Amazon juga merupakan perusahaan besar di Massachusetts, dengan fasilitas inovasi robotika di Westboro dibuka pada tahun 2021.

READ  Pemilik Tesla di China telah memprotes pemotongan harga mendadak yang mereka lewatkan

Kantor Warren tidak menanggapi permintaan Herald untuk mengomentari PHK dan pukulan yang dilakukan iRobot, yang sekarang diperkirakan akan melakukan restrukturisasi, yang dapat menyebabkan lebih banyak PHK.

Anggota Kongres sayap kiri Partai Demokrat dari Massachusetts ini selama bertahun-tahun telah mengincar Amazon dan perusahaan-perusahaan teknologi tinggi lainnya karena perilaku mereka yang anti-persaingan dan anti-konsumen. Bersama sekelompok anggota parlemen liberal lainnya, dia mengirim surat ke Komisi Perdagangan Federal yang mendesak mereka untuk menghentikan akuisisi iRobot senilai $1,65 miliar pada tahun 2022.

Tapi kehilangan pekerjaan? Tidak sebanyak sepatah kata pun dari Warren tentang hal itu.

Ini menempatkan politik dan politik partai di atas rakyat.

Warren menjalani gaya hidup jutawan di rumahnya di Cambridge dan tidak tahu seberapa besar perjuangan orang biasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dia memberikan wawancara kepada CNN dan media ramah lainnya dan jarang mengajukan pertanyaan yang bermusuhan.