Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

5 hal yang perlu diketahui sebelum pasar saham dibuka pada hari Jumat, 24 Mei

5 hal yang perlu diketahui sebelum pasar saham dibuka pada hari Jumat, 24 Mei

  • Dow Jones mengalami hari terburuknya sepanjang tahun ini.
  • ETF Ethereum mungkin akan segera hadir setelah perubahan aturan SEC.
  • Departemen Kehakiman telah mengajukan gugatan untuk membubarkan Live Nation, perusahaan induk Ticketmaster.

Berikut adalah berita terpenting yang dibutuhkan investor untuk memulai hari perdagangan mereka:

Ternyata Nvidia saja tidak cukup untuk memimpin seluruh pasar. Dow Jones Industrial Average mengalami sesi terburuknya dalam lebih dari setahun pada hari Kamis, turun lebih dari 600 poin, atau 1,53%. Sedangkan S&P 500 turun 0,74% dan Nasdaq Composite turun 0,39%. Hal ini terjadi meskipun saham pembuat chip dan perusahaan kecerdasan buatan Nvidia naik lebih dari 9%. Dengan kapitalisasi pasar lebih dari $2,5 triliun, perusahaan ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap S&P 500, namun sebagian besar saham dalam indeks pasar luas telah berubah menjadi negatif, yang mungkin mengindikasikan kurangnya luas pasar. Ikuti pembaruan pasar langsung.

Mata uang kripto Ether ditunjukkan dalam ilustrasi ini.

Jaab Ahrens | norfoto | Gambar Getty

Komisi Sekuritas dan Bursa mengeluarkan perubahan aturan untuk mengizinkan penciptaan ETF yang membeli dan menahan eter. Dana yang diperdagangkan di bursa akan serupa dengan ETF bitcoin, yang diluncurkan kurang dari enam bulan lalu setelah keputusan terpisah dari Komisi Sekuritas dan Bursa. ETF Bitcoin telah terbukti populer, dengan arus masuk bersih sudah melebihi $12 miliar, menurut FactSet. Banyak perusahaan yang mensponsori ETF bitcoin, termasuk BlackRock, Bitwise, dan Galaxy Digital, juga berharap untuk meluncurkan ETF untuk ether, salah satu mata uang kripto terbesar di dunia.

Logo dan informasi perdagangan Live Nation Entertainment ditampilkan pada layar di lantai New York Stock Exchange (NYSE) di New York, AS, 3 Mei 2019.

READ  'Batas melebihi tarif;' Twitter hingga ribuan pengguna di seluruh dunia

Brendan McDiarmid | Reuters

Tawaran ini mungkin akan segera berakhir untuk Live Nation. Departemen Kehakiman AS menggugat pembubaran perusahaan hiburan – perusahaan induk Ticketmaster – atas dugaan pelanggaran antimonopoli. Tiga puluh negara bagian telah bergabung dengan Departemen Kehakiman dalam gugatan tersebut, yang mengikuti penyelidikan departemen tersebut mengenai apakah Live Nation memiliki monopoli dalam industri tiket. Jaksa Agung Merrick Garland mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Live Nation “mengandalkan tindakan ilegal dan antikompetitif untuk menggunakan kendali monopolistiknya atas industri acara langsung AS sehingga merugikan penggemar, artis, promotor kecil, dan operator tempat.” Live Nation menyebut klaim ini konyol. Sahamnya ditutup turun lebih dari 7% pada hari Kamis setelah berita tersebut.

Para penumpang terjebak kemacetan di Interstate 5 arah selatan pada sore hari menuju pusat kota San Diego pada 12 Maret 2024 di San Diego, California.

Kevin Carter | Gambar Getty

Peningkatan pesat dalam biaya asuransi mobil mungkin sudah melambat. Meskipun kategori ini meningkat 1,8% pada bulan April dari bulan ke bulan dan naik 22,6% dari tahun ke tahun – peningkatan tahunan terbesar sejak 1979 – Bank of America melihat beberapa tanda pelonggaran. Kenaikan premi asuransi mobil disebabkan oleh “kerugian penjaminan industri,” kata Stephen Juneau, ekonom di Bank of America, dalam sebuah catatan. Karena ada “tanda-tanda bahwa banyak perusahaan asuransi kembali meraih keuntungan,” dia dan perusahaan yakin tingkat kenaikan premi akan melambat. Selain itu, asuransi mobil telah menjadi pendorong utama inflasi, jadi jika perkiraan Bank of America akurat, hal ini dapat berarti The Fed akan lebih percaya diri untuk menurunkan suku bunganya pada akhir tahun ini.

READ  Mengapa Anda harus berjalan sejauh ini ke gerbang Anda di bandara

Bagian luar kantor pusat Boeing ditampilkan pada 25 Maret 2024 di Arlington, Virginia.

Kevin Deitch | Gambar Getty

Kencangkan sabuk pengamanmu, Boeing. Kepala keuangan perusahaan, Brian West, mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka akan menghabiskan uang tunai pada tahun 2024 dan pengiriman pesawat baru tidak akan meningkat pada kuartal kedua tahun ini dibandingkan dengan kuartal pertama. West sebelumnya memperkirakan sebulan yang lalu bahwa Boeing akan menghasilkan arus kas bebas dalam jumlah “miliar satu digit”. Perusahaan telah menghabiskan hampir $4 miliar uang tunai pada kuartal pertama tahun ini, dan West yakin jumlah pada kuartal kedua bisa “sedikit lebih buruk.” Namun dia mengatakan gangguan ini tidak akan berlangsung selamanya, dan Boeing kemungkinan akan mulai menghasilkan uang lagi pada paruh kedua tahun ini. Saham turun 7% pada perdagangan sore setelah komentar CFO.

Hakyung Kim dari CNBC, Jessie Pound, Tanaya Machel, Ace Yildirim, Sarah Whitten, Jeff Cox dan Leslie Joseph berkontribusi pada laporan ini.

Ikuti pergerakan pasar yang lebih luas seperti seorang profesional CNBC Pro.