Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

EAM Jaishankar bertemu rekan-rekannya dari Kanada, Indonesia dan Singapura di Kamboja

Menteri Luar Negeri S Jaishankar dari Kanada, Indonesia dan Singapura bertemu di sela-sela KTT ASEAN-India di ibukota Kamboja pada Sabtu untuk membahas berbagai isu.

Jaishankar menemani Wakil Presiden Jagdeep Dhankar, yang memimpin delegasi India ke KTT Peringatan ASEAN-India dan KTT Asia Timur ke-17 di sini.

“Senang bertemu dengan FM Kanada @melaniejoly di sela-sela KTT Asia Timur. Konflik Ukraina, Indo-Pasifik, kerjasama bilateral dan kesejahteraan sosial dibahas. Hargai langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi tantangan visa,” kata Jaishankar dalam sebuah tweet.

Baca juga – EAM S Jaishankar bertemu Dmytro Kuleba dan berbicara tentang konflik dan pembangunan Rusia

Pertemuan itu terjadi beberapa hari setelah India menegaskan kembali keprihatinannya atas kegiatan anti-India oleh kelompok dan individu Khalistan di sana.

India telah mendesak Kanada untuk menetapkan individu dan entitas yang ditetapkan sebagai teroris di bawah hukum India sebagai teroris di bawah hukumnya, kata Kementerian Luar Negeri di New Delhi pada 3 November.

Peningkatan aplikasi visa pelajar dan simpanan akibat pandemi telah menyebabkan penundaan dalam pemrosesan visa Kanada.

Jaishankar juga bertemu rekannya dari Indonesia.

“Senang bertemu dengan sesama FM Redno Marsudi dari Indonesia. Doakan yang terbaik untuk KTT G20 Bali mendatang, ”katanya dalam tweet lain.

Jaishankar bertemu dengan teman Singapuranya dan “teman” Vivian Balakrishnan dan bertukar pikiran dengannya.

Ia juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Filipina Enrique A. Manalo.

“Mengucapkan selamat kepadanya atas pengangkatannya dan mempelajari hubungan kami. Setuju untuk mengeksplorasi potensinya lebih lanjut. Mengundangnya ke India pada 2023,” tweetnya setelah pertemuan.

READ  Inisiatif Verifikasi Data dan TI Indonesia VeriHubs Insignia Venture Partners - Pemimpin TechCrunch Menerima $ 2,8 Juta

Sebelumnya, ia bertemu dengan mitranya dari Ukraina, Dmytro Kuleba, untuk membahas perkembangan terakhir di kawasan itu, masalah nuklir, dan cara untuk mengakhiri perang Rusia di Ukraina.

Jaishankar juga mengunjungi Museum Nasional di Phnom Penh bersama dengan Wakil Presiden Thankar.

“Pengingat kuat akan hubungan historis kita dengan Vali-Sugrivan dan Garu,” katanya.

Thankar sedang dalam kunjungan tiga hari ke Kamboja. Tahun ini menandai peringatan 30 tahun hubungan ASEAN-India dan diperingati sebagai Tahun Persahabatan ASEAN-India.

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi internasional yang beranggotakan 10 negara di Asia Tenggara: Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pada 13 November, Dhankar akan berpartisipasi dalam KTT Asia Timur ke-17, yang terdiri dari sepuluh negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan delapan mitra dialognya – India, Cina, Jepang, Republik Korea, Australia, Selandia Baru. Amerika dan Rusia.

Pada KTT Asia Timur, para pemimpin akan membahas cara untuk lebih memperkuat mekanisme KTT Asia Timur dan kepentingan dan keprihatinan regional dan internasional termasuk keamanan maritim, terorisme dan non-proliferasi.