September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Duta Besar China memperingatkan AS tentang konsekuensi Taiwan dalam briefing yang jarang terjadi

Duta Besar China memperingatkan AS tentang konsekuensi Taiwan dalam briefing yang jarang terjadi

Duta Besar Beijing untuk Amerika Serikat memperingatkan pada hari Selasa bahwa China akan melihat peningkatan penjualan senjata AS dan perjalanan resmi ke Taiwan atau aktivitas angkatan laut di dekat pulau otonom sebagai provokasi yang selanjutnya akan mengacaukan dan mencegah kemajuan dalam masalah lain.

mengapa itu penting: Duta Besar Chen Gang mengatakan bahwa jika Washington tidak “menahan diri” setelah kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan, akan ada “putaran ketegangan lain” — dan tidak ada dialog tentang isu-isu seperti perubahan iklim dan keamanan nuklir.

kondisi bermain: China mengadakan latihan militer selama seminggu setelah perjalanan Pelosi awal bulan ini. Tampaknya menjadi latihan untuk penaklukan Taiwan dan termasuk langkah-langkah agresif baru, seperti mengabaikan garis tengah antara Taiwan dan daratan.

  • Setelah Senator Ed Markey (D-Mass.) memimpin delegasi lain ke Taipei pada hari Minggu, China meluncurkan gelombang latihan baru dalam skala yang lebih kecil.
  • Itu Gedung Putih berpendapat Bahwa China menggunakan kunjungan Pelosi sebagai alasan untuk mengubah status quo dan “mengintimidasi dan memaksa Taiwan.”
  • Chen mengutip upaya paniknya untuk memblokir kunjungan – menggunakan “setiap saluran yang memungkinkan,” katanya – sebagai bukti bahwa China tidak memiliki keinginan untuk alasan seperti itu.

Tetap saja, kedua belah pihak mengakui Ketegangan di Taiwan secara serius meningkat dan meracuni hubungan yang lebih luas.

  • Chen berkata Satu prinsip Cina – yang menegaskan bahwa ada satu negara China dan bahwa Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari China – harus menjadi dasar dari semua hubungan AS-China.
  • Tanpa “dasar” itu, pembicaraan seperti yang diusulkan oleh Presiden Biden tentang keamanan nuklir tidak dapat dilanjutkan.
  • kebijakan AS jangka panjang Ini untuk mengakui klaim China di Taiwan, tetapi tidak menerimanya atau mendukung kemerdekaan Taiwan.
READ  Rebound saham memudar, dolar naik karena kekhawatiran pertumbuhan kembali

Modus pemandangan: Berbicara kepada sekelompok kecil wartawan di Washington, Chen berbicara dengan khusyuk selama 80 menit, menjawab pertanyaan tentang berbagai masalah sensitif – yang jarang dilakukan oleh pejabat senior China.

  • Dia jarang meninggalkan serangkaian poin pembicaraan – yang, dalam kasus Taiwan, sangat hawkish – tetapi mengakui bahwa Beijing memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk meningkatkan citranya baik di Taiwan dan Amerika Serikat, di mana dia mengatakan “ketakutan China” lazim. .

Apa berikutnya: Amerika Serikat berencana untuk mengirim kapal perang melalui Selat Taiwan dalam beberapa minggu mendatang dan menyetujui penjualan senjata tambahan ke Taiwan.

  • Langkah-langkah ini akan konsisten dengan praktik pemerintahan sebelumnya, tetapi Chen memperingatkan bahwa China akan melihatnya sebagai eskalasi ketegangan dan “harus merespons.”

apa yang ingin kamu tonton: Qin menegaskan kembali bahwa Taiwan harus dipersatukan kembali dengan China daratan, tetapi mengatakan dia telah menemukan laporan baru-baru ini Garis waktu untuk invasi potensial semakin pendek menjadi “tidak berdasar”.

  • Chen mengatakan penyatuan akan terjadi secara damai jika memungkinkan dan dengan kekerasan jika perlu, meskipun dia mengatakan Beijing hanya membuat pilihan terakhir untuk mencegah “separatisme” di Taiwan atau “campur tangan asing.”
  • Qin mengatakan Taiwan dapat tetap menjadi negara demokrasi di bawah prinsip “satu negara, dua sistem”. Tapi dia juga mengklaim Satu Negara, Dua Sistem masih hidup dan sehat di Hong Kong, meskipun Beijing menegaskan kembali kontrol langsung di sana. Dia juga menjelaskan sistem siapa yang akan didahulukan setelah reunifikasi: “Jika tidak ada satu negara, tidak akan ada dua sistem.”
  • Ditanya tentang komentar duta besar China untuk Prancis bahwa China akan terus “mendidik ulang” Taiwan setelah reunifikasi, Qin mengatakan Beijing harus “memperkuat upaya kami.” [shared] Identitas Nasional.”
READ  Kanada dan Jerman bertujuan untuk memulai pengiriman hidrogen pada tahun 2025

tidak berharga apa-apa Chen menolak gagasan bahwa Biden – yang telah mengatakan secara terbuka bahwa militer AS merasa kunjungan Pelosi “bukan ide yang baik” – tidak menyetujui kunjungan Pelosi.

  • Dia berargumen bahwa pemerintah “menyerap” perjalanan itu, dan bahwa Kongres “bukan cabang independen yang tidak dapat dikendalikan, menurut hukum internasional” (walaupun, tentu saja, di bawah Konstitusi AS).