Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dokter hologram Anda akan menemui Anda sekarang

Dokter hologram Anda akan menemui Anda sekarang

Seorang pasien memasuki ruangan rumah sakit, duduk, dan mulai berbicara dengan dokter. Hanya dalam kasus ini, dokter adalah gambar 3D.

Ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tetapi bagi beberapa pasien di Rumah Sakit Regional Crescent di Lancaster, Texas, ini adalah kenyataan.

Pada bulan Mei, grup rumah sakit tersebut mulai menawarkan pasien kemampuan untuk menemui dokter mereka dari jarak jauh melalui gambar 3D melalui kemitraan dengan Holoconnects, sebuah perusahaan teknologi digital yang berbasis di Belanda.

Setiap Holobox — nama perusahaan untuk perangkatnya yang berbobot 440 pon dan setinggi 7 kaki yang menampilkan video 3D langsung seseorang di layar — berharga $42.000, dengan biaya layanan tahunan tambahan sebesar $1.900.

Gambar berkualitas tinggi memberikan perasaan kepada pasien seolah-olah seorang dokter sedang duduk di dalam kotak, padahal kenyataannya dokter tersebut berada jauh darinya sambil melihat kamera dan layar yang memperlihatkan pasien.

Sistem ini memungkinkan pasien dan dokter melakukan kunjungan jarak jauh secara real-time, seperti percakapan tatap muka. Saat ini, layanan ini banyak digunakan untuk kunjungan sebelum dan sesudah operasi.

Para eksekutif Crescent Regional, yang memiliki rencana untuk memperluas layanan ke janji temu tradisional, yakin bahwa hal ini akan meningkatkan pengalaman pasien jarak jauh.

“Dokter dapat memberikan dampak yang jauh berbeda pada pasiennya,” kata Raji Kumar, Managing Partner dan CEO Crescent Regional. “Pasien merasa seperti dokter ada di sana.”

Namun para ahli mempertanyakan apakah kunjungan 3D jauh lebih baik daripada opsi telehealth 2D seperti Zoom atau FaceTime.

Dalam bidang kedokteran, kemajuan teknologi dinilai berdasarkan kemampuannya dalam meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan, menurunkan biaya atau meningkatkan kualitasnya, kata Dr. Eric Pressman, asisten profesor kedokteran di University of Pennsylvania.

READ  Ford Mustang 2024 generasi ke-7 yang serba baru akan hadir pada 14 September

“Saya tidak mengetahui adanya data yang mendukung gagasan bahwa hal ini akan meningkatkan kualitas kunjungan melebihi kunjungan telemedis pada umumnya,” kata Dr. Pressman, yang memiliki pengalaman dalam pengobatan digital.

Salah satu cara 3D meningkatkan pengalaman telehealth adalah dengan layar besar dan kamera canggih yang memungkinkan dokter melihat seluruh tubuh pasien, yang berguna untuk menilai karakteristik seperti gaya berjalan atau rentang gerak, kata Ms. Kumar.

Kamera dapat sangat berguna dalam pengaturan terapi fisik, kata Dr. Chad Elimutil, direktur medis perawatan virtual di Sistem Perawatan Kesehatan Universitas Michigan.

Beberapa manfaat hologram kurang jelas namun secara signifikan meningkatkan pengalaman pasien, kata Steve Sterling, direktur pelaksana Holoconnects Amerika Utara.

“Kami tidak akan mempengaruhi hasil pasien,” kata Mr. Sterling. “Tetapi yang benar-benar kami pengaruhi adalah perasaan keterhubungan antara dokter dan pasien.”

Sementara Mr Sterling mengatakan Crescent Regional adalah aplikasi rumah sakit pertama Holobox, Layanan perhotelan Mereka lebih sering menggunakan teknologi.

Sterling mengatakan 12 hotel memiliki Holobox, dan ada rencana untuk memasang sistem tersebut di 18 lokasi lainnya.

Elimutil berpendapat bahwa teknologi ini lebih cocok untuk industri perhotelan dibandingkan bidang medis. Telehealth memungkinkan pasien menemui dokter dari rumah, namun pasien yang menggunakan sistem Holobox tetap harus melakukan perjalanan ke kantor.

Selain kekhawatiran mengenai kurangnya peningkatan kualitas dan aksesibilitas layanan kesehatan, harga juga menjadi permasalahan.

Saat ini, $42.000 ditambah biaya tahunan $1.900 bukanlah layanan yang hemat biaya. Tapi Ms. Kumar mengatakan dia baik-baik saja dengan hal itu.

Ia menambahkan, “Ini bukan tentang mengumpulkan pendapatan, melainkan tentang kualitas layanan yang diberikan kepada pasien, berpartisipasi dalam memberikan layanan yang lebih baik, dan memberi mereka kenyamanan lebih.”

READ  Perdagangan beragam di pasar Asia Pasifik saat wilayah ini dimulai pada tahun 2023