Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dan pengungsi Rohingya telah mencapai Indonesia setelah berminggu-minggu di laut

PIDIE, Indonesia (AP) — Kelompok kedua Muslim Rohingya yang lemah dan kelelahan dalam dua hari hanyut ke pantai Senin di provinsi Aceh utara Indonesia setelah berminggu-minggu di laut, kata para pejabat.

Fauci, kepala polisi setempat, mengatakan 185 pria, wanita dan anak-anak turun dari perahu kayu saat senja di lepas pantai Ujong Pai di desa pesisir Mura Tiga di distrik Bt Aceh.

“Mereka sangat lemah karena dehidrasi dan kelelahan setelah berminggu-minggu di laut,” kata Fauci.

Mereka dibawa ke balai desa dan tetap di sana sampai mendapat bantuan dari warga, petugas kesehatan dan lain-lain.

Fauci mengatakan petugas imigrasi dan polisi berusaha mengidentifikasi 190 pengungsi dari kelompok Rohingya yang telah dilaporkan oleh PBB telah terapung-apung di perahu kecil di Laut Andaman selama sebulan.

UNHCR pada hari Jumat mendesak negara-negara untuk menyelamatkan para pengungsi, yang menurut laporan mengindikasikan berada dalam kondisi yang mengerikan tanpa makanan atau air yang memadai.

“Hingga 20 orang dilaporkan tewas di kapal selama pelayaran, termasuk banyak wanita dan anak-anak,” kata agensi tersebut.

Pada hari Jumat, kelompok lain yang terdiri dari 58 orang Rohingya – semuanya – tiba di desa Ladong di kabupaten Aceh Besar.

Azharul Husna, kepala kelompok hak asasi Indonesia KontraS cabang Aceh, mengatakan pada hari Senin bahwa orang-orang dalam kelompok tersebut semuanya telah meninggalkan kamp pengungsian di Bangladesh dengan kartu UNHCR untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Malaysia.

Mengutip salah satunya, 58 pengungsi melarikan diri dari Cox’s Bazar di Bangladesh, di mana lebih dari 700.000 Rohingya melarikan diri dari Myanmar untuk bekerja di perkebunan di Malaysia. Perahu mereka rusak dan mesin mati, dan mereka hanyut di laut hingga mendarat di Aceh.

READ  Indonesia, Singapura menandatangani perjanjian pertahanan dan ekstradisi utama - The New Indian Express

Sejak 2017, pasukan keamanan Myanmar dituduh melakukan pemerkosaan massal, membunuh dan membakar ribuan rumah milik Rohingya, membuat mereka melarikan diri ke Bangladesh.

Malaysia telah menjadi tujuan umum bagi banyak pengungsi yang tiba dengan kapal, tetapi mereka juga ditahan di sana.

Meskipun negara tetangga Indonesia bukan penandatangan Konvensi Pengungsi PBB tahun 1951, UNHCR mengatakan peraturan presiden tahun 2016 memberikan kerangka hukum untuk merawat pengungsi di atas kapal di dekat Indonesia dan memfasilitasi pendaratan mereka.

Bulan lalu, 219 pengungsi Rohingya diselamatkan dari dua kapal di lepas pantai kabupaten Aceh utara.

____

Penulis Associated Press Ninik Karmini di Jakarta, Indonesia, dan Grant Peck di Bangkok berkontribusi dalam laporan ini.