Desember 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dalam pemilihan Brasil, masa depan Amazon dipertaruhkan

Dalam pemilihan Brasil, masa depan Amazon dipertaruhkan

Sementara orang Brasil menuju ke tempat pemungutan suara Minggu depan Amazon Dipertaruhkan, para ahli memperingatkan.

Dua kandidat terdepan dalam pemilihan presiden adalah kelas berat politik yang menawarkan visi yang berlawanan tentang bagaimana mengumpulkan uang. Jutaan orang kelaparanmembalikkan kemakmuran negara yang menurun, dan mengelola keanekaragaman hayatinya yang luas.

sayap kanan Presiden Jair Bolsonaro Dia mengawasi periode empat tahun yang ditandai dengan rekor tingkat deforestasi dan berkurangnya perlindungan lingkungan. Sementara saingan utamanya, mantan presiden sayap kiri Luis Inacio Lula da Silva, berjanji untuk mengatasi deforestasi ilegal di Amazon setelah mengawasi penurunan deforestasi selama delapan tahun menjabat pada 2010.

“Ini benar-benar saat yang kritis,” kata Mercedes Bustamante, seorang profesor di Universitas Brasilia di Brasil dan anggota Kelompok Penasihat Krisis Iklim. “Amazon, setiap bioma Brasil lainnya yang mengalami peningkatan yang sama dalam laju deforestasi,” katanya.

Deforestasi Amazon telah meningkat pesat di bawah presiden sayap kanan Brasil, yang menjabat pada 2019 setelah berjanji untuk membangun lebih banyak hutan hujan dan mengabaikan kekhawatiran global tentang kehancurannya. Pada akhir tahun 2021, deforestasi di sana mencapai level tertinggi dalam 15 tahun setelah melonjak 22 persen dalam satu tahun. Kemudian pada bulan Juli, Tingkat kehilangan pohon mencapai titik tertinggi sepanjang masa Selama enam bulan pertama tahun ini, setelah menghancurkan area yang luasnya lima kali Kota New York.

Hilangnya Bolsonaro dapat mengurangi deforestasi hingga hampir 90 persen selama dekade berikutnya, Menurut analisis baru-baru ini untuk penerbitan lingkungan Karbon Singkat.

Namun nasib Amazon tidak hanya menyangkut Brasil.

“Tanpa Amazon, kita kalah dalam pertempuran melawan perubahan iklim,” kata Bill Leon, penasihat senior untuk program Amerika Latin di WWF. “Amazon memainkan peran penting dalam menyimpan karbon dan mengatur iklim dunia karena melepaskan air ke atmosfer.”

READ  Pejabat AS menegaskan bahwa Rusia telah meluncurkan rudal hipersonik yang kuat di Ukraina. Inilah yang kami ketahui

Ini adalah hutan hujan terbesar di dunia, salah satu tempat terkaya di Bumi dalam hal keanekaragaman hayati, dan cadangan karbon yang penting. Pohon sangat penting untuk memperlambat perubahan iklim karena mereka menyerap karbon dioksida, gas rumah kaca yang menyebabkan laju pemanasan global yang cepat.

tahun lalu, Saya menemukan sebuah studi Bagian-bagian Amazon telah berubah menjadi karbon bersih daripada penyerap karbon karena deforestasi, musim kemarau yang intensif yang mengakibatkan peningkatan jumlah kebakaran. Dia juga mengutip penelitian lain yang menemukan pemanasan global menyebabkan peningkatan kematian pohon dan berkurangnya fotosintesis di seluruh Amazon.

Jair Bolsonaro pada parade militer menandai peringatan 200 tahun kemerdekaan Brasil pada 7 September.

(AFP melalui Getty Images)

“Ini sangat mendekati titik kritis kritis yang dapat melihat petak luas hutan hujan lembab yang tangguh berubah menjadi keadaan yang kering, dirusak api dan terdegradasi secara permanen,” kata Ms. Lyon. “Selain menjadi tragedi bagi orang-orang dan satwa liar yang merupakan rumah Amazon, kami tidak akan dapat membatasi pemanasan global hingga 1,5°C, dengan konsekuensi bagi seluruh planet.”

Titik kritis ini dapat terjadi dalam dekade berikutnya, kata Alexander Koberl, seorang peneliti lanjutan di Institut Grantham di Imperial College London.

“Buktinya adalah begitu Anda mencapai 20 persen deforestasi, itu menjadi lingkaran umpan balik yang hampir tidak dapat diubah, dan kita hampir sampai pada titik ini,” katanya.

Jadi resikonya besar.

“Ini sangat penting,” kata Cooper tentang pemilihan itu. “Kami membutuhkan perubahan dalam cara negara mendekati Amazon.”

Para ahli mengatakan mandiri Bahwa dengan kemenangan Bolsonaro, pergeseran ini tidak mungkin terjadi.

“Jika Bolsonaro menang, kita akan mendapatkan lebih banyak hal yang sama, konsolidasi retorika dan tindakan anti-lingkungan, mungkin lebih banyak deforestasi, lebih banyak perampasan tanah,” katanya. Jika Tuan Lula menang, komentator mengatakan segalanya bisa berubah, tetapi memperingatkan bahwa itu tidak akan mudah.

Luiz Inacio Lula da Silva

(AFP)

Pertama, komposisi Kongres dan siapa yang terpilih sebagai gubernur selama pemilu akan menentukan seberapa besar perubahan yang bisa dilakukan Pak Lula.

Kemudian dia harus berurusan dengan bagian dari lobi pertanian yang kuat yang menggunakan tanah untuk menanam daging sapi dan kedelai dan tidak ingin mengubah praktik mereka, serta penegakan hukum yang lemah di daerah tersebut.

Mr Kōberle mengatakan ada pemangku kepentingan internasional untuk bekerja dengan juga – seperti Eropa – importir utama komoditas pertanian dari Brasil.

Tetapi Lula dapat meningkatkan pendanaan untuk lembaga penegak hukum lingkungan, yang anggarannya telah dipotong di bawah Bolsonaro dan yang kekuasaannya telah berlaku, dan dia dapat terhubung kembali dengan komunitas internasional tentang iklim, kata Coberl.

“Keputusan yang dibuat oleh pemerintah Brasil setelah pemilihan ini akan memiliki konsekuensi bagi seluruh dunia, tetapi juga penting bahwa negara-negara lain, termasuk Inggris, memastikan bahwa semua produk yang terkait dengan deforestasi dihapus dari rantai pasokan produk,” kata Leon.

mandiri Hubungi pemerintah Brasil untuk memberikan komentar.