Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Cryptocurrency Turun karena Kekhawatiran Terhadap Pasar Pertukaran FTX

Cryptocurrency Turun karena Kekhawatiran Terhadap Pasar Pertukaran FTX

SINGAPURA/LONDON (Reuters) – Cryptocurrency turun tajam pada hari Selasa dan token in-house dari pertukaran cryptocurrency utama FTX anjlok lebih dari 15% karena investor tampaknya takut untuk berbicara tentang tekanan pada keuangan FTX.

Bitcoin, cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, naik 6% menjadi $19.351, terendah dalam dua minggu, dan berada di jalur untuk hari terburuk sejak pertengahan September. Ether, perusahaan terbesar kedua, turun lebih dari 5%.

FTX berada di bawah tekanan setelah Changpeng Zhao, kepala pertukaran saingan Binance – yang terbesar di dunia – mengatakan pada hari Minggu bahwa perusahaannya akan melikuidasi kepemilikan token FTX karena “pengungkapan terbaru” yang tidak ditentukan.

Sam Bankman-Fried, pendiri FTX, mengatakan pertukaran itu “baik” dan kekhawatiran itu adalah “rumor palsu.” Perusahaan tidak segera berkomentar ketika dihubungi oleh Reuters pada hari Selasa.

Namun, token FTX – yang memberikan diskon kepada pemegangnya untuk biaya perdagangan FTX – turun hampir 20% pada $17,73, level terendah sejak awal 2021.

Angka yang dirilis oleh firma Analytics Nansen menunjukkan aliran masuk FTX bersih satu hari sekitar $630 juta, menunjukkan bahwa pemegang akun juga mendapatkan kembali uang mereka.

“Dengan FTT menuju ke selatan, tanpa level dukungan utama … (ada) penarikan besar-besaran dari FTX, di beberapa aset,” kata Justin Danthan, direktur penjualan di perusahaan aset digital Amber Group.

“Sepertinya investor menjual atau menarik aset – ini bisa menjadi minggu yang kacau.”

Pengguna Crypto mengajukan pertanyaan di Twitter minggu lalu tentang token FTX, mengikuti laporan dari situs berita CoinDesk tentang kebocoran neraca dari Alameda Research, sebuah perusahaan perdagangan yang didirikan oleh Bankman-Fried yang memiliki hubungan dekat dengan FTX.

READ  PHK Twitter: Twitter Elon Musk memangkas pekerjaan di seluruh perusahaan

Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi keakuratan laporan atau sumber neraca yang bocor, tetapi tampaknya setidaknya memicu kepercayaan pasar yang rapuh.

“Analisis on-chain menunjukkan ratusan juta telah ditarik dari FTX selama sehari terakhir,” kata Matthew Depp, COO manajer investasi crypto Stack Funds di Singapura.

“Masalah solvabilitas FTX telah diangkat sehubungan dengan peristiwa baru-baru ini tahun ini … namun kami belum melihat data yang solid yang akan mengkonfirmasi jenis pandangan ini.”

Pelaporan tambahan oleh Tom Westbrook dan Tom Wilson di London; Diedit oleh Louise Heavens dan Ed Osmond

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.