April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Clemson menggugat ACC atas biaya keluar yang 'selangit'.

Clemson menggugat ACC atas biaya keluar yang 'selangit'.

Dalam sebuah langkah signifikan yang dapat terus mengguncang lanskap olahraga perguruan tinggi yang berubah dengan cepat, Clemson mengajukan gugatan terhadap ACC pada hari Selasa yang menandai keluarnya mereka dari liga.

Dalam pengajuannya ke Pengadilan Permohonan Bersama untuk Pickens County, Carolina Selatan, Clemson mempertanyakan pemberian hak dan biaya keluar oleh ACC, menyebut hukuman opt-out “tidak masuk akal” dan “tidak dapat diterapkan”.

Hal ini juga menggambarkan pandangan ACC bahwa pemberian hak media liga akan memungkinkan liga untuk memiliki hak media Clemson setelah liga meninggalkan liga sebagai “pembacaan yang tidak rasional”, “salah” dan “bertentangan dengan bahasa sederhana perjanjian itu.”

Dalam gugatannya, Clemson meminta pernyataan bahwa ACC tidak lagi memiliki hak atas permainan Clemson “setelah Clemson berhenti menjadi anggota ACC.” Clemson juga menginginkan biaya keluar dari ACC – tiga kali lipat anggaran operasional ACC, yang diperkirakan mencapai $130 juta – ditetapkan sebagai “hukuman yang tidak dapat diterapkan dan melanggar kebijakan publik.” (Total biaya untuk keluar dari hak dan biaya diperkirakan mencapai $572 juta dalam gugatan Florida.)

Ini adalah gugatan kedua yang diajukan terhadap ACC dalam beberapa bulan terakhir, setelah diajukan oleh negara bagian Florida pada akhir Desember. Gugatan Clemson penting karena ini menandakan bahwa dua kekuatan yang jelas dalam sepak bola liga – dan satu-satunya peserta Playoff Sepak Bola Perguruan Tinggi yang bermain setiap tahun – ingin meninggalkan liga.

ACC telah mengajukan tindakan pencegahan terhadap Negara Bagian Florida di Mecklenburg County, dan para pihak sedang merundingkan tempat.

Gugatan tersebut diajukan pada hari yang sama ketika College Football Playoff diperkirakan akan mengumumkan kesepakatan dengan ESPN yang semakin memperburuk kesenjangan finansial antara Sepuluh Besar, SEC, dan olahraga kampus lainnya. Setiap tahunnya, tim Sepuluh Besar dan SEC masing-masing diharapkan memperoleh lebih dari $21 juta berdasarkan CFP baru, yang dimulai pada tahun 2026. Tim ACC diperkirakan memperoleh lebih dari $13 juta.

READ  Virgil van Dijk akan melewatkan perjalanan Liverpool ke Chelsea karena sakit

Clemson menjelaskan bahwa kontrak televisi ACC saat ini, yang tertinggal jauh dari kesepakatan SEC dan Sepuluh Besar yang akan datang, tampak sebagai disinsentif bagi Clemson untuk bersaing di level tertinggi. Clemson telah membuat enam penampilan Playoff Sepak Bola Perguruan Tinggi, memenangkan gelar nasional pada tahun 2016 dan 2018.

Gugatan tersebut menyatakan bahwa “tindakan ACC mengganggu kebebasan Clemson untuk menjalankan haknya dan secara fatal merugikan upaya Clemson untuk memastikan bahwa program atletiknya dapat terus bersaing di level tertinggi,” yang sangat penting bagi Clemson bahkan di luar atletik. “