Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Cara Menyaksikan dan Merekam Gerhana Total Hari Senin (Update)

Cara Menyaksikan dan Merekam Gerhana Total Hari Senin (Update)

Pembaruan cuaca, 7 April, 04:00 ET: Ramalan cuaca dalam cerita di bawah ini sebagian besar masih valid, namun keadaan lebih tidak stabil di Amerika Serikat bagian selatan, seperti yang ditunjukkan oleh ramalan tersebut Badai petir dari Dallas mencapai Indianapolis. Jadi, ingatlah potensi risiko ini (dan perhatikan ramalan cuaca) saat membuat rencana gerhana.

Di tempat lain, peluang terbaik untuk mendapatkan pemandangan bagus di sepanjang jalur totalitas masih ada Bagian timur laut Dari Amerika Serikat (Buffalo, NY, Burlington, VT), serta Kanada bagian tenggara (Air Terjun Niagara dan Montreal), menurut AccuWeather. Di wilayah Midwest (Cleveland), kemungkinan terjadinya hujan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya (58 persen), namun saat ini diperkirakan tidak akan terjadi badai.

Kisah asli berlanjut di bawah

Pada tanggal 8 April a Gerhana matahari Langit akan menjadi gelap. Ini adalah peristiwa astronomi yang langka: gerhana matahari total terakhir di Amerika Utara terjadi pada tanggal 21 Agustus 2017, dan baru akan terjadi gerhana matahari lagi pada tahun 2044. Jalur gerhana matahari total – di mana matahari akan berada sepenuhnya tertutup matahari dan bulan – mencakup lebih dari 30 juta orang di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Orang-orang yang beruntung ini dapat melihat mahkota matahari dan “cincin berlian” – keduanya merupakan pemandangan yang dramatis. Daerah lain akan menyaksikan gerhana sebagian, dan tingkatnya bergantung pada seberapa dekat Anda dengan gerhana total. Menyaksikan bulan memakan matahari, meski hanya sedikit, tetap merupakan pemandangan yang menakjubkan.

Lantas, kota dan wilayah mana saja yang akan menyaksikan gerhana total, dan kapan? Bagaimana ramalan cuaca di wilayah tersebut? Jika Anda memiliki visi yang jelas, bagaimana Anda dapat menonton dan merekam peristiwa tersebut dengan aman?

Di mana Anda akan melihat gerhana matahari total di Amerika Serikat, dan kapan?

Cara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahari

Kabar baiknya adalah banyak pusat-pusat utama berada dalam jarak total 100 mil, sehingga jutaan orang akan dapat melihat gerhana matahari secara lengkap. Ini mengikuti jalur timur laut, sehingga pantai Pasifik Meksiko akan melihat pemandangan Mazatlán untuk pertama kalinya mulai sekitar pukul 10:57 PT (gerhana total dimulai pada 12:07 PT), diikuti oleh kota Torreon (sepanjang waktu waktu setempat).

Gerhana total terjadi di Amerika Serikat pada pukul 12:10 CST (Eagle Pass, Texas), dan kemudian melanda Austin, Fort Worth, dan Dallas, tiga dari lima kota terpadat di Texas. Dari sana, ia berpindah ke Little Rock, Arkansas, diikuti oleh beberapa bagian tertentu di Missouri, Illinois, dan Indiana (termasuk Indianapolis).

Cara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahariCara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahari

NASA

Kota Dayton, Toledo dan Cleveland di Ohio mendapatkan pasokan penuh, diikuti oleh Erie, Pennsylvania, lalu Buffalo, Rochester dan Syracuse di New York bersama dengan Maine. Kanada juga akan mendapat kejutan, dengan sebagian wilayah selatan Ontario (Air Terjun Hamilton dan Niagara) dan Quebec (Montreal) mengalami gerhana total, bersama dengan New Brunswick, Pulau Prince Edward, dan terakhir Bonavista dan Labrador pada pukul 16:03 EST (waktu Newfoundland ). . .

Jika Anda berada di bagian lain benua dan tidak dapat melakukan perjalanan, ketahuilah bahwa semakin dekat Anda dengan garis gerhana total, semakin banyak bulan yang menghalangi matahari (Peta ini Menunjukkan berapa banyak gerhana yang akan Anda alami tergantung di mana Anda berada di benua tersebut).

READ  Studi menemukan 'Gletser Kiamat' mencair lebih cepat dari yang diperkirakan

Ada daftar pusat-pusat besar yang mengesankan dalam jarak 200 mil dari totalitas, sehingga mereka akan mengalami gerhana 90 persen atau lebih baik (Houston, St. Louis, Memphis, Nashville, Chicago, Cincinnati, Detroit, Toronto, New York, Boston).

Siapa pun di Amerika Serikat bagian selatan, tengah, dan timur laut harus mendapatkan pemandangan yang layak, begitu pula orang-orang di Kanada bagian tenggara dan pantai Atlantik. Meskipun Anda tidak berada di area tersebut, Anda mungkin masih dapat melihat (dan melihat) gerhana kecil.

Berapa lama gerhana matahari 2024 akan berlangsung?

Dari awal saat Bulan pertama kali mulai menutupi Matahari (gerhana sebagian) hingga akhir saat kedua benda terpisah merupakan waktu yang cukup lama — hingga 2 jam empat puluh menit di Dallas, dan 02:18 di Cariboo, Maine.

Namun, ginjal itu sendiri pendek, dan durasinya tergantung pada seberapa dekat Anda dengan pusat ginjal dan waktu. Dibutuhkan kurang dari empat menit di Dallas, kurang dari tiga menit di Presque Isle, Maine, dan hanya 1 menit 12 detik di Montreal. Oleh karena itu, Anda harus bersiap dan berharap langit cerah selama periode singkat tersebut.

Bagaimana ramalan cuaca di daerah saya?

Masih terlalu dini untuk mendapatkan perkiraan akurat, namun seminggu sudah cukup untuk mendapatkan gambaran umum berdasarkan wilayah. Dapat dikatakan bahwa bulan April bukanlah bulan yang ideal untuk langit cerah. Namun gerhana masih dapat terlihat melalui tutupan awan tipis, dan meskipun tebal, langit akan menjadi gelap secara signifikan.

Sayangnya, kemungkinan turunnya hujan sangat kecil diatas rata-rata di sebagian besar rentang gerhana. Prakiraan memperkirakan bahwa peluang langit cerah akan lebih baik jika Anda tinggal lebih jauh di Timur Laut, yang merupakan kebalikan dari tren historis.

Perlu dicatat bahwa Dallas mempunyai prakiraan hujan sepanjang hari (58 persen), yang berarti tutupan awan terus berlanjut dan tidak ada jarak pandang yang jelas jika hal ini terus berlanjut. Kondisi ini sedikit membaik saat Anda mencapai Indianapolis (sebagian berawan, 24 persen kemungkinan hujan), dan keadaan tetap lebih baik di Buffalo, New York (sebagian berawan, 11 persen).

Segalanya tampak baik saat ini di Montreal, dengan sebagian besar langit cerah dan kemungkinan hujan hanya 9 persen, dan hal yang sama berlaku untuk Fredericton, New Brunswick.

Air Terjun Niagara juga diperkirakan memiliki cuaca yang baik selama gerhana (sebagian besar cerah, 18 persen) menuju gerhana total, sehingga pemerintah kota mengumumkan Keadaan darurat Karena hati-hati. Para pejabat memperkirakan sebanyak 1 juta orang akan berduyun-duyun ke daerah tersebut, sehingga berpotensi menimbulkan kerumunan yang berbahaya.

Bagaimana cara menyaksikan gerhana matahari di rumah?

Tentu saja, menatap matahari berbahaya bagi penglihatan Anda, dan melakukannya saat gerhana juga bisa berbahaya. Meskipun Anda mungkin tidak langsung merasakan ketidaknyamanan, mata Anda mungkin rusak karena penyakit yang disebut Retinopati surya. Hal ini dapat mengakibatkan konsekuensi serius seperti sakit mata, bintik buta, penglihatan kabur, dan banyak lagi.

READ  Fisikawan menemukan keadaan materi baru yang tersembunyi di alam kuantum: ScienceAlert
Cara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahariCara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahari

Masyarakat Astronomi Amerika

Untuk melihatnya dengan aman, Anda sebaiknya membeli kacamata gerhana matahari yang bersertifikat berdasarkan standar keamanan internasional yang disebut Kacamata Gerhana Matahari ISO 12312-2 (Kacamata hitam biasa tidak bisa digunakan.) Ini menentukan transmisi cahaya maksimum, serta rentang transmisi panjang gelombang yang diizinkan (UVA, UVB, inframerah).

Pasti masih ada waktu untuk mendapatkan sepasang jika Anda belum memilikinya. itu Masyarakat Astronomi AmerikaAAS memiliki banyak rekomendasi untuk produsen dan penjual, baik online maupun jaringan ritel.

Warby Parker, misalnya, menawarkan kacamata gratis (dibatasi dua per orang selama persediaan masih ada). Anda juga dapat menemukannya di Staples, Lowes, dan Walmart, atau online di B&H dan banyak toko sains dan astronomi.

AAS menyarankan untuk tidak mencari harga terendah di Amazon atau eBay, jika Anda mendapatkan hasil yang buruk. “Sebelum membeli proyektor atau filter surya secara online, kami menyarankan Anda untuk (1) mengidentifikasi penjual di situs dan (2) mencantumkan penjual di Halaman ini,” katanya di situs Solar Eclipse Across America miliknya.

Cara menyaksikan gerhana matahari dengan aman tanpa kacamata

Cara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahariCara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahari

Badan Antariksa Kanada

Gerhana juga dapat dilihat tanpa kacamata secara tidak langsung. Cara paling sederhana adalah dengan membuat lubang kecil berbentuk lingkaran pada selembar kertas atau karton tebal, lalu posisikan agar sinar matahari menyinari lubang tersebut ke tanah atau permukaan datar (Anda juga bisa menempelkan selembar aluminium foil pada lubang tersebut. , NASA muncul di sini). Ini akan menampilkan gambar piringan matahari sehingga Anda dapat melihat gerhana secara real time.

Prinsip lubang jarum yang sama akan memungkinkan Anda menggunakan apa pun yang berlubang, seperti saringan, sehingga menciptakan lusinan gerhana kecil di permukaan. Pepohonan juga dapat melakukan hal yang sama, menghasilkan bayangan daun yang aneh disertai gerhana matahari.

Cara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahariCara menyaksikan (dan merekam) gerhana matahari

Benyamin Seah / Wikimedia

Untuk pengalaman yang sedikit lebih baik, Anda dapat membuat proyektor kotak mentah. Jadi, matahari bersinar melalui lubang pada kertas timah ke kartu putih, dan Anda dapat melihat melalui lubang yang lebih besar pada kartu tersebut, dengan matahari di belakang Anda. CSA menjelaskan Bagaimana cara melakukannya.

Jangan pernah menyaksikan gerhana secara langsung melalui teropong atau teleskop, karena dijamin dapat merusak mata Anda. Namun, Anda dapat menggunakan teropong atau teleskop untuk melakukan ini proyek Matahari ada di selembar kertas, seperti terlihat pada gambar video ini.

Cara mengambil foto atau video gerhana matahari

Sayangnya, Anda tidak dapat mengarahkan ponsel cerdas atau kamera Anda ke matahari untuk merekam gerhana, karena kecerahannya akan melebihi sensor dan merusak gambar (dan mungkin merusak sensor). Untungnya, Anda dapat melindungi kamera Anda sama seperti Anda melindungi mata Anda.

Cara termurah untuk melakukannya adalah dengan membeli satu set kacamata gerhana tambahan, lalu memotong salah satu lensa okulernya dan menempelkannya ke lensa ponsel cerdas Anda (atau kamera lain). Hal ini akan mengurangi tingkat cahaya yang cukup untuk melihat detail Matahari selama gerhana sebagian dan totalitas.

Anda juga dapat membeli filter surya yang dibuat untuk ponsel pintar seperti Filter foto VisiSolarYang didesain untuk kamera, bukan untuk melihat langsung. Pilihan lainnya adalah Aplikasi gerhana matahari mendadak Kit, yang juga menawarkan aplikasi yang membantu memotret gerhana matahari. Disarankan juga untuk memakai kacamata hitam saat memasang ponsel cerdas atau kamera Anda untuk melindungi mata Anda.

READ  Bagaimana cara menyaksikan Artemis 1 lepas landas dalam perjalanan ke bulan dan apa yang diharapkan

Jika Anda memotret gerhana dengan kamera mirrorless atau DSLR khusus, ini bisa dilakukan Membutuhkan Entah Mylar, 16 stop ND (kepadatan netral) atau filter surya hidrogen alfa. Sekali lagi, jangan melihat langsung ke jendela bidik optik DSLR di bawah sinar matahari jika lensa tidak terpasang pada salah satu filter ini (jendela bidik elektronik pada kamera mirrorless aman).

Untuk memotret gerhana dengan smartphone, matikan flash dan letakkan kamera dalam mode ultra lebar atau lebar agar tetap berada di dalam bingkai. Jangan melihat langsung ke matahari untuk menyejajarkan kamera jika Anda tidak memakai kacamata gerhana matahari.

Jangan gunakan zoom digital untuk mencoba memperbesar gerhana, karena Anda akan kehilangan resolusi (Anda dapat memperbesarnya nanti di aplikasi pengeditan foto). Setelah matahari sudah fokus, gunakan fitur pengunci fokus pada ponsel cerdas Anda agar Anda tidak “berburu” fokus dan menyebabkan gerhana kabur.

Selama pemotretan makro, efek “cincin berlian” hanya bertahan sepersekian detik, jadi gunakan mode burst kamera Anda atau kemungkinan besar Anda akan melewatkan bidikan tersebut. Dan cobalah mengambil gambar RAW (bukan JPEG) untuk mempertahankan detail sebanyak mungkin untuk diedit nanti. Beberapa ponsel pintar iPhone dan Android memiliki kemampuan RAW bawaan, dan jika tidak, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Jika Anda memutuskan untuk mengambil video, tentunya Anda memerlukan filter juga. Namun Anda juga harus menggunakan tripod, karena pengambilan gambar dengan tangan akan mengaburkan gambar dan menyebabkan video bergetar. Bahkan sebuah tripod murah akan melakukan triknya, bersama dengan a Tempat smartphone sederhana. Tangkap resolusi setinggi mungkin (4K atau bahkan 8K) dengan kualitas setinggi mungkin. Anda juga akan menangkap sorakan, teriakan, dll. – sebuah kenang-kenangan berharga yang dapat Anda lihat berulang kali.

Lebih banyak sumber daya

Ada banyak situs pemerintah dan swasta yang berisi informasi lebih lanjut tentang gerhana, dimulai dengan Situs web Eclipse AASmerinci hal-hal seperti keamanan mata, fotografi, sumber daya, dan bahkan Aplikasi keseluruhan – “Peta interaktif yang menunjukkan apa yang akan Anda lihat di mana pun di Amerika Utara selama gerhana matahari total pada 8 April 2024.”

NASA juga menawarkan situs web yang didedikasikan untuk Gerhana Amerika Utaraseperti yang dia lakukan Layanan Cuaca Nasional Dan Observatorium Surya Nasional. Sebuah situs khusus bernama Gerhana Besar Amerika Ini sebagian besar bersifat komersial, tetapi memiliki peta yang sangat berguna yang menunjukkan luasnya gerhana total dan seberapa banyak gerhana yang akan Anda lihat tergantung pada lokasi, serta daftar lengkap waktu dan durasi gerhana. Tergantung kotanya.

Pembaruan, 5 April, 12:30 ET: Cerita ini diperbarui setelah dipublikasikan untuk memasukkan rincian lebih lanjut tentang jalur total gerhana matahari.