April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Cara memotret gerhana matahari total menurut para ahli

Cara memotret gerhana matahari total menurut para ahli

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Dapatkan satu bahkan dilihat Gerhana matahari total Itu langka. Fotografer Stan Honda memiliki tiga foto. Pengalaman pertamanya terjadi di Svalbard, kepulauan Norwegia di Samudra Arktik, pada tahun 2015 – apa yang dilihatnya merupakan pemandangan dan peluang unik bagi siapa pun yang memiliki kamera.

“Pada garis lintang ini, matahari, bahkan pada siang hari, hanya berada sekitar 11 derajat di atas cakrawala, yang merupakan nilai yang sangat rendah,” kata Honda. “Jadi kami tidak benar-benar harus melihat ke langit – kami hanya melihat lurus ke cakrawala untuk melihat gerhana terjadi. Dan ketika gerhana total terjadi, gerhana tersebut berlawanan dengan lapisan es dan salju yang menakjubkan, dan terjadi dua kali gerhana. derajat Fahrenheit di sana. Kami semua berkumpul bersama, tapi itu adalah “Pemandangan yang sangat indah. Pemandangan ini selalu melekat dalam ingatan saya.”

8 April mendatang Gerhana total Ini mungkin akan menjadi salah satu acara yang paling banyak difoto tahun ini, dengan sekitar 32 juta orang Di Amerika Serikat saja mereka hidup di jalur totalitas – koridor dimana Bulan akan menutupi Matahari sepenuhnya – dan 150 juta lainnya tinggal dalam jarak 200 mil darinya.

Dari Meksiko ke Texas dan kemudian melalui selusin negara bagian AS sebelum mencapai Maine dan berakhir di Kanada, lebar rutenya akan antara 108 dan 122 mil (174 dan 196 km), menghemat hingga 4 1/2 menit di negara bagian selatan.

Jika cuaca memungkinkan, ini merupakan peluang besar bagi fotografer dengan tingkat keahlian apa pun. Baik Anda bekerja dengan DSLR kelas atas atau ponsel cerdas, Honda – Seorang astrofotografer berpengalaman yang, selain memotret totalitas, juga telah memotret sekelompok besar gerhana sebagian – memiliki beberapa tips tentang cara menjadikan momen tersebut bertahan lama melalui foto.

Stan Honda

Honda merekomendasikan penggunaan tripod yang kokoh serta pelepas rana jarak jauh untuk mengambil gambar “tanpa distorsi atau terlalu banyak menggerakkan kamera”. Ini adalah pemandangan dari penyiapan di Chile pada tahun 2019.

Untuk gerhana mendatang, Honda akan berada di Fredericksburg, Texas mengambil foto atas nama kantor berita internasional AFP.

“Saya sedang melihat peta cuaca dan secara historis, semakin jauh ke selatan, semakin kecil peluang terjadinya awan. Texas berada di wilayah paling selatan di Amerika Serikat untuk melihat keseluruhannya.” Fredericksburg berada di sebelah barat Austin, jadi mudah untuk mencapainya. Tampaknya ini merupakan pilihan yang sangat populer, dan sepertinya wilayah Texas ini bersiap untuk dikunjungi banyak orang.

Honda mengatakan biasanya dia merencanakan dua jenis foto. Salah satunya diabadikan menggunakan lensa sudut lebar untuk menangkap gerhana serta lanskap sekitarnya. “Bagi saya, ini sebenarnya gambar yang lebih baik, karena menempatkan gerhana di suatu tempat, dan menempatkannya di suatu tempat,” ujarnya. “Ini juga menunjukkan di mana Anda berada saat itu.”

READ  Kerabat primata seukuran kucing hidup di Kutub Utara 52 juta tahun yang lalu

Jenis foto lain yang ia bidik melibatkan penggunaan lensa telefoto dan mengutamakan peristiwa langit. “Anda mungkin pernah melihat banyak gambar seperti itu, yang hanya fokus pada matahari itu sendiri, dan matahari adalah bagian besar dari gambar tersebut,” katanya.

Sebagai bagian dari pengaturan Pro-nya, Honda akan memiliki kamera ketiga dengan lensa sudut lebar untuk mencoba mendapatkan lebih banyak lanskap, dan kamera keempat di lehernya, dengan lensa zoom sudut lebar, untuk memotret orang. di sekelilingnya dan mendokumentasikan reaksi mereka.

Tapi Anda tidak membutuhkan semua itu.

“Dengan kamera jenis apa pun atau lensa apa pun, Anda bisa mendapatkan gambar gerhana yang bagus,” ujarnya. “Saya hanya akan merekomendasikan tripod yang cukup kokoh, untuk membuat pengaturan Anda cukup stabil, dan pelepas rana jarak jauh, karena hal ini memungkinkan Anda mengambil foto tanpa memburamkan atau menggerakkan kamera terlalu banyak.”

Momen gerhana yang perlu diabadikan – dan cara melakukannya dengan aman

Sama seperti mata Anda yang memerlukan perlindungan selama fase gerhana parsial—kacamata gerhana yang memenuhi standar ISO 12312-2 atau penampil matahari portabel untuk melihat dengan aman—kamera Anda juga memerlukannya.

Ingat, tidak aman melihat gerhana melalui kamera tanpa filter, bahkan saat Anda mengenakan pelindung mata. Hal ini karena perangkat optik dapat memfokuskan sinar matahari, yang kemudian dapat menyebabkan cedera mata, menurut situs “luar angkasa” Amerika. NASA.

“Filter surya yang aman sebenarnya diperlukan untuk fase parsial, dan American Astronomical Society telah melakukannya Bagian lengkap “Di situs web mereka tentang kacamata dan filter gerhana matahari, mereka menyetujuinya sebagai aman untuk digunakan,” kata Honda.

Filter tersebut memotong sejumlah besar cahaya, dan filter yang berbeda menghasilkan warna yang berbeda, tergantung bahan pembuatnya, kata Honda, seraya menambahkan bahwa Anda harus mengalihkan pengaturan eksposur ke mode manual.

“Pengaturan otomatis tidak akan berfungsi jika filter diaktifkan, karena sebagian besar frame akan berwarna hitam, sehingga seperti mengambil foto di malam hari,” ujarnya. “Fokus manual juga akan sangat membantu – Anda dapat melakukan fokus otomatis pada matahari, namun kemudian Anda harus menonaktifkan fokus otomatis sehingga kamera tidak mencoba untuk tetap fokus melalui filter. Sangat gelap sehingga akan tertipu oleh kegelapan dan tidak akan bisa fokus.

Stan Honda

Efek “cincin berlian” terjadi sebelum Bulan menutupi Matahari sepenuhnya. Di bawah ini adalah contoh gerhana matahari total tahun 2017, seperti difoto dari Madras, Oregon.

Di awal periode total, Anda mungkin beruntung menangkap sesuatu yang disebut “cincin berlianIni adalah efek yang terjadi sebelum bulan menutupi matahari sepenuhnya.

“Ini adalah bagian matahari yang sangat terang, hanya di salah satu sudut “Kelihatannya seperti cincin dengan berlian di atasnya, dan hanya bertahan beberapa detik, mungkin sekitar 10 detik,” kata Honda.

Sama sulitnya Manik-manik Billyyang mungkin muncul dengan benar jika bulan dan matahari tampak sejajar.

“Bulan tidak mulus sempurna – terdapat pegunungan, kawah, dan formasi lainnya – sehingga menutupi matahari, dan sebagian sinar matahari akan mengalir melalui formasi tersebut dan menciptakan titik cahaya di salah satu sisinya,” kata Honda. “Sekali lagi, ini berlangsung beberapa detik sebelum masuk ke mode makro penuh ketika Anda melihat corona.”

Selama gerhana, mungkin ada kesempatan untuk melihat a Ejeksi massa koronal – Kolom material yang besar dan menakjubkan muncul dari permukaan matahari, berbobot miliaran ton, menurut situs web “luar angkasa” Amerika. NASA.

Setelah bulan menutupi permukaan matahari, Anda harus menghapus filter dari kamera Anda; “Jika tidak, Anda tidak akan bisa melihat corona matahari, yang sebenarnya merupakan money shot,” kata Honda.

“Saat Anda melepas filter, Anda harus meningkatkan eksposur cukup banyak, karena corona sendiri cukup redup, hampir seterang bulan purnama, jadi dibandingkan dengan kecerahan matahari, perbedaannya cukup besar. , kata Honda. “Jaga kecepatan rana dan ISO Anda tetap konsisten dan perlambat saja kecepatan rana Anda, karena hal itu akan memberi Anda lebih banyak eksposur seiring bertambahnya waktu kecepatan rana, dan Anda akan menangkap lebih banyak korona di setiap bingkai.”

Saat terjadi gerhana total, Anda juga dapat melihat gerhana secara langsung dengan mata telanjang, namun mengetahui waktu aman untuk melepas filter dan kacamata bisa jadi sulit. Jika Anda berada dalam kelompok orang, kemungkinan besar momen ini akan diumumkan. Jika tidak, Anda harus berhati-hati saat matahari mencapai titik sabit yang sangat tipis, kata Honda.

Stan Honda

Gambar komposit ini menangkap fase gerhana matahari total yang terjadi di El Maule, Chili, pada Juli 2019. Jangan lupa untuk menjadikan pengamatan gerhana sebagai prioritas saat ini, kata Honda.

Dari seluruh tahapan gerhana matahari total, momen totalitas merupakan momen yang spesial dan diinginkan oleh sebagian besar fotografer. “Ini juga merupakan bidikan yang sangat menarik, terutama dengan lensa sudut lebar,” kata Honda. “Semua orang ingin foto saat gerhana total itu, untuk menunjukkan corona matahari.”

Untungnya, Anda memiliki banyak waktu untuk memfilmkan panggung ini pada bulan April karena acara ini akan berlangsung setidaknya dua setengah menit dan lebih dari empat menit, tergantung lokasi Anda. Setelah selesai, siklus akan mulai memperlihatkan Billy Beads dan Diamonds secara terbalik.

“Saat Anda mendekati apa yang disebut kontak ketiga, saat bulan siap menjauh dari permukaan matahari, Anda harus ingat untuk mengatur ulang kecepatan rana kembali ke pengaturan awal — saat Anda memotret fase parsial sebelum makro — dan nyalakan kembali filternya,” kata Honda.

Berapa banyak foto yang diambil saat gerhana terserah Anda, namun Honda menyarankan untuk membeli kartu memori terbesar yang bisa Anda temukan.

“Apa yang saya lakukan adalah mengatur remote untuk mengambil foto setiap menit saat gerhana berlangsung. Saat saya berpindah ke Billy Beads dan cincin berlian, saya akan mengambil foto setidaknya setiap detik, mungkin beberapa kali dalam satu detik , karena itu hanya berlangsung dalam waktu yang sangat singkat. Lalu selama Gerhana total, saya mungkin akan mencoba memotret sebanyak yang saya bisa. Jadi, idenya adalah berusaha agar tidak kehabisan ruang.

Jika Anda mendapatkan eksposur yang bagus pada kamera Anda, Honda mengatakan Anda tidak perlu melakukan banyak hal lagi dalam hal pemrosesan gambar, namun Anda sebaiknya memotret dalam pengaturan “RAW” jika Anda punya pilihan, karena ini akan memberi Anda hasil maksimal. kualitas.

Setiap selesai gerhana, ia selalu membuat bidikan komposit yang menunjukkan urutan dari awal hingga akhir dalam satu gambar.

Jika Anda ingin berlatih terlebih dahulu, Anda cukup menerapkan filter dan mengambil foto matahari (tanpa melihatnya kecuali melalui kamera): “Ini akan membantu Anda menentukan pengaturan eksposur dasar untuk kamera atau lensa Anda. akan menggunakannya,” kata Honda. Anda dapat memotret dengan beragam eksposur dan melihat apa yang tampak bagus di komputer Anda. Pada hari terjadinya gerhana, Anda mungkin harus sedikit menyesuaikan diri di sana-sini, tetapi Anda mungkin tidak akan terlalu jauh.

Bagaimana jika Anda hanya memiliki ponsel? “Saya pernah menggunakannya pada gerhana sebelumnya, hanya dengan pengaturan otomatis, dan sepertinya bekerja dengan sangat baik,” kata Honda. Biarkan saja pada pengaturan sudut lebar standar – jika Anda mulai memperbesar matahari untuk mencoba memperbesar, itu akan menghilangkan eksposur otomatis.

Honda menambahkan bahwa pengambilan gambar yang lebih lebar dengan ponsel mungkin kurang dramatis, namun akan menangkap orang atau pemandangan di sekitar Anda, dan ini mungkin menghasilkan foto yang lebih baik.

Namun, jangan lupa menjadikan melihat gerhana sebagai prioritas. “Fotografi harus menjadi tujuan kedua, karena ini adalah peristiwa alam menakjubkan yang mungkin tidak akan pernah Anda lihat lagi,” ujarnya. “Jadi, jika Anda sedang dalam perjalanan menuju perguruan tinggi, pastikan Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihatnya dengan mata dibandingkan dengan kamera.”