Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Blinken dan Modi bertemu para pemimpin Pasifik di Papua Nugini

Blinken dan Modi bertemu para pemimpin Pasifik di Papua Nugini

(Reuters) – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan pemimpin Papua Nugini James Marape pada Senin menjelang penandatanganan pakta pertahanan yang diharapkan dan pertemuan dengan 14 pemimpin kepulauan Pasifik.

Perdana Menteri India Narendra Modi sebelumnya menjanjikan dukungan ke kepulauan Pasifik pada pertemuan puncak di ibu kota, Port Moresby.

Washington dan sekutunya berusaha untuk mencegah negara-negara kepulauan Pasifik menjalin hubungan keamanan dengan China, kekhawatiran yang berkembang di tengah ketegangan terkait Taiwan.

Papua Nugini dan Kepulauan Solomon – yang tahun lalu menandatangani pakta keamanan dengan Beijing – menjadi pusat kampanye trans-Pasifik Amerika Serikat untuk membebaskan Filipina dalam Perang Dunia II, kata para sejarawan.

Para pemimpin kepulauan, yang terbentang seluas 40 juta kilometer persegi (15 juta mil persegi), mengatakan kenaikan permukaan laut yang disebabkan oleh perubahan iklim adalah prioritas keamanan paling mendesak mereka.

Blinken memberi tahu Marape bahwa mereka menandatangani perjanjian yang sangat penting dan bahwa Amerika Serikat akan memperdalam kemitraannya dengan Papua Nugini.

Dia menambahkan bahwa Presiden AS Joe Biden telah menyatakan “penyesalannya karena dia tidak bisa berada di sini”. Biden harus membatalkan perjalanannya ke Papua Nugini karena negosiasi plafon utang di Washington.

Modi mengatakan kepada 14 pemimpin Forum Kerjasama Pulau Indo-Pasifik bahwa India akan menjadi mitra pembangunan yang dapat diandalkan untuk negara-negara pulau kecil dan berkomitmen untuk Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif.

“Tanpa diragukan lagi, kami siap berbagi kemampuan dan keahlian kami dalam teknologi digital, teknologi luar angkasa, ketahanan kesehatan, ketahanan pangan, perubahan iklim, dan perlindungan lingkungan,” katanya dalam pidato pembukaannya.

READ  India tidak menunjukkan tanda-tanda akan memperlambat pembelian minyak Rusia

Ia menambahkan, para pemimpin Kuartet, yaitu Australia, Amerika Serikat, Jepang, dan India, di Hiroshima sepakat untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara kepulauan Pasifik.

Dalam sambutan pembukaannya, Marabe mendesak India untuk memikirkan negara-negara pulau kecil yang “menderita akibat peran negara-negara besar”.

Perang Rusia dengan Ukraina, misalnya, telah menyebabkan inflasi dan melonjaknya harga bahan bakar dan energi di ekonomi kecil di kawasan itu, kata Merab.

kesepakatan pertahanan

Modi mengadakan pertemuan bilateral dengan pemimpin Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare, yang pakta keamanannya dengan China membuat Washington khawatir tentang niat Beijing di wilayah tersebut.

Blinken diharapkan menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan antara Amerika Serikat dan PNG, dan juga mengadakan pertemuan para pemimpin kepulauan Pasifik pada sore hari.

Beberapa universitas telah mengadakan protes kampus menentang penandatanganan perjanjian kerja sama pertahanan, di tengah kekhawatiran hal itu dapat membuat China kesal. Marape membantah akan menghentikan PNG melakukan bisnis dengan China, mitra dagang penting.

Pemerintah Papua Nugini mengatakan sebelumnya bahwa perjanjian pertahanan AS merupakan perpanjangan dari perjanjian yang ada yang akan meningkatkan infrastruktur dan kapasitas pertahanan Papua Nugini setelah puluhan tahun diabaikan.

Marby mengatakan kepada media pada hari Minggu bahwa perjanjian pertahanan juga akan melihat peningkatan kehadiran militer AS selama dekade berikutnya.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington akan menyediakan $45 juta dana baru karena bermitra dengan Papua Nugini untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan keamanan, termasuk peralatan pelindung untuk Pasukan Pertahanan Papua Nugini, mitigasi perubahan iklim dan mengatasi kejahatan lintas batas dan HIV. / AIDS.

Blinken mengunjungi klinik perawatan kesehatan di mana dana AS membantu pengujian lanjutan dan akses ke terapi antiretroviral untuk memerangi HIV/AIDS.

READ  Netanyahu kepada Moir di ABC: Tidak ada gencatan senjata tanpa pembebasan para sandera

(Laporan oleh Kirsty Needham di Sydney); Diedit oleh Pesta Lincoln

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.