Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bintang yang sangat terang menarik perhatian sebagai keanehan bintang

Mendaftar untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita penemuan menakjubkan, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Para astronom mungkin telah memecahkan misteri di balik bintang yang sangat terang.

Mahasiswa doktoral Universitas Washington Anastasios Tzanidakis dan Asisten Riset Profesor Astronomi James Davenport sedang mencari “bintang yang berperilaku aneh” ketika mereka menerima peringatan tentang kemungkinan anomali bintang dari pesawat ruang angkasa Gaia.

Observatorium luar angkasa, yang diluncurkan oleh Badan Antariksa Eropa pada tahun 2013, sedang dalam misi untuk membuat peta 3D Bima Sakti paling akurat hingga saat ini. Para astronom fokus pada Gaia17bpp, sebuah bintang yang kecerahannya meningkat secara bertahap selama 2,5 tahun.

Hasil investigasi dan analisis mereka terhadap bintang tersebut dipublikasikan Selasa di Pertemuan ke-241 Masyarakat Astronomi Amerika Di Seattle, dia mengungkapkan bahwa bintangnya sendiri tidak berubah. Sebaliknya, bintang tersebut memiliki pendamping alien yang bertanggung jawab atas apa yang diperkirakan para peneliti sebagai “tujuh tahun bom ringan”.

“Kami percaya bintang ini adalah bagian dari jenis sistem biner yang sangat langka, antara bintang besar dan tua – Gaia17bpp – dan bintang pendamping muda yang dikelilingi oleh piringan materi berdebu yang diperpanjang,” kata Tzanidakis dalam sebuah pernyataan.

“Berdasarkan analisis kami, kedua bintang ini mengorbit satu sama lain dalam jangka waktu yang sangat lama – hingga 1.000 tahun. Jadi, menangkap bintang terang yang tertutup oleh rekannya yang berdebu ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup.”

Pesawat ruang angkasa Gaia mulai mengamati bintang tersebut pada tahun 2014. Para peneliti menggabungkan semua pengamatan Gaia terhadap bintang tersebut dan melacak pengamatan Gaia17bpp lainnya yang diambil oleh teleskop Pan-STARRS1 di Hawaii, misi NASA WISE/NEOWISE, dan Zwicky Transit Facility di California pada tahun 2010.

Dengan membandingkan gambar Gaia17bpp, para peneliti menentukan bahwa kecerahan bintang diredupkan 4,5 kali lipat, atau 45.000 kali. Itu tetap seperti itu selama 7 tahun, dari 2012 hingga 2019.

Para astronom kebetulan memperhatikan bintang di akhir gerhana yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Tidak ada bintang lain yang terletak di dekat Gaia17bpp yang menunjukkan peredupan sebesar ini. Tim juga mencari katalog digital pelat astrofotografi Harvard yang berasal dari tahun 1950-an.

“Selama 66 tahun sejarah pengamatan, kami belum menemukan tanda-tanda peredupan signifikan lainnya di bintang ini,” kata Tzanidakis.

Jadi apa yang terjadi dengan Gaia17bpp? “Berdasarkan data yang tersedia saat ini, bintang ini tampaknya memiliki pasangan yang bergerak lambat yang dikelilingi oleh material piringan besar,” kata Tzanidakis. “Jika bahan ini ada di tata surya, ia akan meluas dari matahari ke orbit Bumi, atau lebih jauh lagi.”

Meskipun Gaia17bpp unik karena memiliki gerhana yang begitu lama, itu bukan satu-satunya sistem bintang biner yang menunjukkan perilaku peredupan. Yang juga menarik bagi para astronom adalah Epsilon Origai, sebuah bintang yang hilang cahayanya sekitar dua dari setiap 27 tahun oleh pendamping besar — ​​tetapi identitas sebenarnya dari pendamping tersebut tetap menjadi misteri.

Bintang raksasa Betelgeuse juga menarik perhatian para astronom ketika mati secara dramatis pada akhir 2019, memicu spekulasi bahwa ia akan meledak dalam supernova. Sebaliknya, itu Bintang itu mengamuk berdebu.

Untuk Gaia17bpp, pendamping bintang pembuat debu bisa menjadi bintang mati kecil yang disebut katai putih, tetapi mereka tidak sepenuhnya yakin apa yang berkontribusi pada piringan puing di sekitarnya.

Apa pun identitas pendampingnya, Gaia17bpp dan mitra kosmik misteriusnya terpisah begitu jauh sehingga gerhana lainnya berjarak berabad-abad.

“Ini adalah penemuan kebetulan,” kata Tzanidakis. Jika kita telah berlibur selama beberapa tahun, kita akan melewatkannya. Dia juga menyarankan bahwa jenis pasangan ini mungkin lebih umum. Jika demikian, kita perlu menyusun teori tentang bagaimana pasangan semacam ini muncul. Itu tentu saja merupakan kasus yang aneh, tetapi mungkin lebih umum daripada yang diperkirakan siapa pun.

READ  Hujan meteor yang belum pernah terlihat sebelumnya dapat menerangi langit Utah pada hari Senin