Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Teleskop James Webb mengungkapkan galaksi terlarang miliaran tahun yang lalu

Untuk pertama kalinya, foto baru dari Teleskop Luar Angkasa James Webb Galaksi-galaksi berbintang terungkap pada saat alam semesta berumur seperempat dari usianya saat ini.

Stellar bar adalah fitur memanjang dari bintang yang membentang dari pusat galaksi ke piringan terluarnya. Mereka mengangkut gas ke daerah pusat, yang mendorong pembentukan bintang.

Dalam sebuah pernyataan dari University of Texas, dia mengatakan bahwa menemukan galaksi terlarang akan membutuhkan para ilmuwan untuk menyesuaikan teori mereka tentang evolusi galaksi, dan dia mencatat bahwa Teleskop Luar Angkasa Hubble tidak pernah mendeteksi batang pada usia semuda itu.

Sebagai contoh, sementara galaksi EGS-23205 tampak buram pada gambar Hubble, gambar dari Webb lebih jelas, memperlihatkan galaksi spiral starbar yang jelas.

Di hari bersejarah ini, Jan. 7 Agustus 1610, Galileo menemukan bulan-bulan Jupiter

Kemampuan JWST untuk memetakan galaksi pada resolusi tinggi dan pada panjang gelombang inframerah yang lebih panjang daripada Hubble memungkinkannya mengintip melalui debu dan mengungkap struktur dan massa yang mendasari galaksi jauh. Hal ini dapat dilihat pada dua gambar galaksi EGS23205 ini, yang terlihat sekitar 11 miliar tahun yang lalu. Dalam gambar HST (kiri, ditangkap dalam filter inframerah-dekat), galaksi tidak lebih dari noda berbentuk cakram yang tertutup debu dan dipengaruhi oleh cahaya bintang-bintang muda, tetapi dalam gambar inframerah JWST yang sesuai (diambil musim panas lalu ), itu adalah galaksi spiral yang indah dengan bilah bintang yang jernih.
(Kredit: NASA/CEERS/Universitas Texas di Austin)

Teleskop Luar Angkasa James Webb memiliki cermin yang lebih besar, yang memberikan kapasitas pengumpulan cahaya yang lebih besar dan memungkinkannya untuk melihat lebih jauh dengan resolusi yang lebih tinggi.

READ  Pendarat Ispace Jepang lepas landas ke bulan dengan kapal penjelajah Emirat

sebagai catatan Panjang gelombang inframerah lebih panjang daripada di HubbleDia juga bisa melihat menembus debu dengan lebih baik.

“Saya melihat sekali pada data ini, dan saya berkata, ‘Kami membatalkan yang lainnya! survei (CEERS).

Dave Chaney, Insinyur Uji Optik Utama di Ball Aerospace, memeriksa enam segmen cermin utama, elemen penting dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, sebelum melakukan pengujian dalam pendingin sinar-X &  Fasilitas pendingin di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA di Huntsville, Alabama.

Dave Chaney, Insinyur Uji Optik Utama di Ball Aerospace, memeriksa enam segmen cermin utama, elemen penting dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, sebelum melakukan pengujian dalam pendingin sinar-X & Fasilitas pendingin di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA di Huntsville, Alabama.
(Kredit: NASA/MSFC/David Higginbotham)

Galaksi lain, EGS-24268, juga berusia sekitar 11 miliar tahun – membuat dua galaksi terlarang ada lebih jauh ke masa lalu daripada yang ditemukan sebelumnya.

Komet hijau akan melewati Bumi untuk pertama kalinya sejak Bumi melewatinya

Kelompok peneliti internasional menyoroti galaksi-galaksi ini dan menunjukkan contoh empat lainnya dari lebih dari 8 miliar tahun yang lalu dalam sebuah artikel di Astrophysical Journal Letters.

Montase gambar JWST menunjukkan enam contoh galaksi terlarang, dua di antaranya mewakili waktu pemulihan tertinggi yang dihitung dan dikarakterisasi hingga saat ini.  Label di kiri atas setiap angka menunjukkan waktu retrograde setiap galaksi, yang berkisar antara 8,4 hingga 11 miliar tahun yang lalu (Gyr), ketika alam semesta hanya berusia 40% hingga 20% dari usianya saat ini.

Montase gambar JWST menunjukkan enam contoh galaksi terlarang, dua di antaranya mewakili waktu pemulihan tertinggi yang dihitung dan dikarakterisasi hingga saat ini. Label di kiri atas setiap angka menunjukkan waktu retrograde setiap galaksi, yang berkisar antara 8,4 hingga 11 miliar tahun yang lalu (Gyr), ketika alam semesta hanya berusia 40% hingga 20% dari usianya saat ini.
(Kredit: NASA/CEERS/Universitas Texas di Austin)

Dua sarjana memainkan peran visual utama Telusuri ratusan galaksi Dan cari yang bisa dianalisis dengan pendekatan matematis yang lebih teliti.

Klik di sini untuk aplikasi FOX NEWS

Bar juga membantu membentuk lubang hitam supermasif Di pusat-pusat galaksi, mengarahkan bagian gas dari jalan.

Keberadaan tongkat ini menentang model teoretis, kata universitas, dan tim akan menguji model yang berbeda dalam pekerjaan tambahan.

READ  Komet langka mendekati titik terdekatnya ke Bumi dalam 50.000 tahun

“Deteksi dini batang-batang ini berarti model evolusi galaksi sekarang memiliki jalur baru melalui batang-batang untuk mempercepat produksi bintang baru pada usia dini,” kata Jogee.