April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Biden mengatakan kepada sekutu G7 bahwa AS akan mendukung upaya pelatihan bersama F16 untuk Ukraina

Biden mengatakan kepada sekutu G7 bahwa AS akan mendukung upaya pelatihan bersama F16 untuk Ukraina

(CNN) Presiden Joe Biden memberi tahu para pemimpin G7 Seorang pejabat senior administrasi AS mengatakan kepada CNN pada hari Jumat bahwa Amerika Serikat akan mendukung upaya bersama dengan sekutu dan mitra untuk melatih pilot Ukraina pada pesawat generasi keempat, termasuk F-16.

Pelatihan tersebut diperkirakan tidak akan dilakukan di Amerika Serikat, kata pejabat itu, dan kemungkinan besar akan dilakukan seluruhnya di Eropa. Namun pejabat itu mengatakan personel AS akan berpartisipasi dalam pelatihan bersama sekutu dan mitra di Eropa. Diperkirakan akan memakan waktu beberapa bulan untuk menyelesaikannya dan pejabat itu mengatakan harapannya akan dimulai “dalam beberapa minggu mendatang”.

Keputusan tersebut menandai perubahan besar bagi Biden, yang mengatakan awal tahun ini bahwa dia tidak yakin Ukraina membutuhkan F-16.

“Karena pelatihan berlangsung selama beberapa bulan mendatang, koalisi negara-negara kami yang berpartisipasi dalam upaya ini akan memutuskan kapan kami benar-benar menyediakan pesawat, berapa banyak yang kami berikan, dan siapa yang akan menyediakannya,” kata pejabat tersebut.

Pejabat itu menambahkan bahwa, “Sejauh ini, Amerika Serikat dan sekutu serta mitranya telah berfokus untuk menyediakan sebagian besar sistem, senjata, dan pelatihan yang dibutuhkan Ukraina untuk melakukan operasi ofensif pada musim semi dan musim panas ini. Diskusi tentang peningkatan penerbangan Ukraina kekuatan mencerminkan komitmen jangka panjang kami untuk membela diri Ukraina.”

Pada bulan Maret, Amerika Serikat menjamu pilot Ukraina di pangkalan militer di Tucson, Arizona, untuk menilai keterampilan mereka menggunakan simulator penerbangan dan menilai jumlah waktu yang mereka perlukan untuk belajar menerbangkan berbagai pesawat militer AS, termasuk F-16. Kongres telah mengalokasikan uang dalam anggaran 2023 untuk pelatihan semacam itu.

CNN dilaporkan pada hari Kamis Pemerintahan Biden telah memberi tahu sekutu Eropa dalam beberapa pekan terakhir bahwa Amerika Serikat akan mengizinkan mereka mengekspor jet tempur F-16 ke Ukraina, kata sumber yang mengetahui diskusi tersebut, karena Gedung Putih mendapat tekanan yang meningkat dari anggota Kongres dan sekutu untuk membantu Ukraina membeli jet di tengah serangan udara yang semakin intensif.

READ  Eksklusif: PBB mencoba menyelamatkan kesepakatan biji-bijian Laut Hitam dengan proposal 'saling menguntungkan'

Sejumlah negara Eropa memiliki pasokan F-16 buatan AS, termasuk Belanda, yang mengindikasikan mereka bersedia mengekspor sebagian ke Ukraina. Tetapi AS harus menyetujui transfer pihak ketiga karena teknologi pesawat AS yang sensitif.

Juru bicara Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan awal pekan ini bahwa Inggris dan Belanda sedang mencari untuk membentuk “koalisi internasional” tidak hanya untuk membeli pesawat untuk Ukraina tetapi juga untuk melatih pilot Ukraina pada pesawat tempur generasi keempat, yang lebih maju daripada pesawat tempur generasi keempat. Armada tempur Ukraina.