April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Biaya real estat mungkin turun setelah penyelesaian dengan agen AS

Biaya real estat mungkin turun setelah penyelesaian dengan agen AS

  • Oleh Mike Wendling
  • Berita BBC di Chicago

Sumber gambar, Gambar Getty

Penyelesaian kasus terhadap agen real estate AS dapat berarti menurunkan biaya pembelian dan penjualan rumah.

National Association of Realtors (NAR) dan perusahaan real estat telah dituduh menggelembungkan komisi penjualan secara artifisial dalam serangkaian tuntutan hukum.

Penyelesaian diumumkan pada hari Jumat, termasuk kompensasi senilai $418 juta (£328 juta).

NAR telah setuju untuk menurunkan komisi dan memudahkan pembeli untuk menegosiasikan biaya, sebuah langkah yang pada akhirnya dapat menurunkan biaya pembelian dan penjualan.

Penyelesaian ini diperkirakan akan meningkatkan persaingan di pasar perumahan AS, di mana komisi sebesar 6% dari harga jual adalah hal yang biasa.

Dengan harga rata-rata rumah di AS sebesar $417,700 (£328,000), komisi standar berjumlah lebih dari $25,000, biaya yang sering kali dibebankan seluruhnya atau sebagian kepada pembeli.

Pada November 2023, juri federal di Missouri memerintahkan NAR dan perusahaan pialang untuk membayar $1,78 miliar (£1,4 miliar). Berdasarkan undang-undang antimonopoli AS, hakim bisa saja melipatgandakan kerugian tersebut. Kasus ini akhirnya mengarah pada penyelesaian yang diumumkan pada hari Jumat.

NAR, yang berbasis di Chicago, mengatakan sekitar 1 juta anggotanya termasuk dalam penyelesaian tersebut, yang masih menunggu persetujuan akhir dari pengadilan.

Asosiasi tersebut mengoperasikan database real estat yang disebut Multiple Listing Service, atau MLS, dan mengharuskan penjual rumah untuk menyerahkan tingkat komisi yang tidak dapat dinegosiasikan sebelum mendaftarkan properti mereka.

“NAR telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk menyelesaikan gugatan ini dengan cara yang menguntungkan anggota kami dan konsumen Amerika,” kata CEO NAR Interim Nikia Wright dalam sebuah pernyataan. “Tujuan kami adalah untuk mempertahankan pilihan konsumen dan melindungi anggota kami semaksimal mungkin. Penyelesaian ini mencapai kedua tujuan tersebut.”

Berdasarkan ketentuan penyelesaian, yang akan berlaku pada bulan Juli, NAR dan perusahaan real estate tidak perlu mengakui kesalahannya.

Robert Brown, seorang pengacara yang berbasis di Chicago yang mewakili pembeli rumah dalam dua gugatan kelompok terhadap agen real estate, menyebut ini “perubahan besar dari norma lama.”

“Tetapi masih harus dilihat apakah hal ini benar-benar akan mengubah harga di pasar perumahan,” kata Brown melalui email.

Penyelesaian tersebut tidak menyelesaikan sejumlah tuntutan hukum lainnya terhadap perusahaan real estate atau potensi penyelidikan federal terhadap NAR. Agen real estate di Kanada juga menghadapi tindakan hukum serupa mengenai biaya pembelian dan penjualan.