Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bertahan saat masuk kembali adalah tujuan utama uji penerbangan Starship keempat SpaceX

Bertahan saat masuk kembali adalah tujuan utama uji penerbangan Starship keempat SpaceX

Perbesar / Roket Starship skala besar keempat SpaceX menjalani uji pengisian bahan bakar pada hari Senin.

Setelah tiga kali uji terbang, SpaceX telah membuktikan bahwa roket terkuat di dunia mampu mencapai luar angkasa. Sekarang, para insinyur harus membuktikan bahwa Starship generasi berikutnya dapat kembali ke negaranya.

Ini akan menjadi tujuan utama uji terbang keempat pesawat ruang angkasa tersebut, yang mungkin dilakukan pada awal Juni, menurut Elon Musk, pendiri dan CEO SpaceX.

“Penerbangan Starship 4 dalam waktu sekitar dua minggu.” Diterbitkan pada X, platform media sosialnya, setelah latihan hitung mundur Starship pada hari Senin di lokasi peluncuran Starship di Texas Selatan. “Tujuan utamanya adalah mendapatkan pengembalian panas yang maksimal.”

Hampir siap untuk terbang

Dengan hitungan mundur pelatihan pada hari Senin, SpaceX menyelesaikan salah satu tes besar terakhir pada roket Starship berikutnya sebelum siap terbang. Tim peluncuran SpaceX memuat lebih dari 10 juta pon bahan bakar metana ultra-dingin dan oksigen cair ke tahap atas booster Super Heavy dan tahap atas Starship.

Roket setinggi 400 kaki (121 m) ditempatkan sepenuhnya di landasan peluncuran untuk latihan hitung mundur, yang berakhir, sesuai rencana, sebelum 33 mesin Raptor roket menyala. SpaceX kemudian menguras propelan kriogenik dari roket, dan tim darat memindahkan bagian atas pesawat ruang angkasa dari booster pada hari Selasa untuk mengerjakan lebih lanjut pelindung panas kapal. Beberapa hari sebelum peluncuran, SpaceX akan memasang mekanisme penghancuran diri pada roket tersebut, yang akan digunakan untuk menghancurkan kendaraan jika menyimpang dari jalurnya dan mengancam kawasan berpenduduk.

Ini adalah misi besar terakhir tim di fasilitas Starbase SpaceX sebelum Starship siap lepas landas pada uji terbang keempatnya. SpaceX juga sedang menunggu izin peluncuran komersial dari Federal Aviation Administration, yang mengawasi tinjauan internal SpaceX terhadap uji penerbangan Starship sebelumnya pada bulan Maret.

READ  Gerhana Bulan Pemburu Penuh, gerhana terakhir tahun 2023, hadiah awal Halloween untuk para pengamat bintang (foto)

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengklasifikasikan hasil penerbangan tersebut sebagai kecelakaan karena pesawat ruang angkasa tersebut kehilangan kendali dan hancur saat masuk kembali, sebelum dapat melakukan pendaratan yang ditargetkan di Samudera Hindia. Bagi SpaceX, penerbangan bulan Maret ini sukses besar. Ini adalah pertama kalinya uji terbang Starship mencapai kecepatan mendekati orbit, dengan pembakaran seluruh 39 mesin Raptor dalam durasi penuh pada tahap pertama dan kedua roket.

Setelah uji penerbangan pertama dan kedua pesawat ruang angkasa itu tahun lalu, FAA menahan izin peluncuran untuk penerbangan berikutnya sampai regulator dapat meninjau semua hasil penyelidikan SpaceX mengenai apa yang salah dengan misi sebelumnya. FAA bertanggung jawab untuk memastikan bahwa peluncuran ruang angkasa komersial tidak membahayakan masyarakat.

Tiga puluh tiga mesin untuk menggerakkan roket Super Heavy dan roket Starship diluncurkan ke angkasa untuk uji terbang keduanya pada November 2023.
Perbesar / Tiga puluh tiga mesin untuk menggerakkan roket Super Heavy dan roket Starship diluncurkan ke angkasa untuk uji terbang keduanya pada November 2023.

Stephen Clark/Ars Technica

Pekan lalu, juru bicara FAA mengatakan SpaceX telah meminta regulator untuk menyetujui peluncuran pesawat ruang angkasa yang akan datang sebelum secara resmi menyelesaikan penyelidikan atas kecelakaan uji penerbangan pada bulan Maret. Sebaliknya, SpaceX meminta Administrasi Penerbangan Federal untuk menyetujui peluncuran berikutnya setelah menentukan bahwa kejadian pada penerbangan sebelumnya tidak membahayakan masyarakat. Hal ini dapat mempercepat proses perizinan.

“Jika FAA setuju bahwa tidak ada masalah keselamatan publik dalam kecelakaan itu, operator dapat kembali terbang sementara penyelidikan kecelakaan tetap terbuka, asalkan semua persyaratan perizinan lainnya dipenuhi,” kata juru bicara FAA.

SpaceX sudah menguji perangkat keras untuk beberapa roket yang dijadwalkan diluncurkan akhir tahun ini, sehingga memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan peluncuran Starship-nya. Perusahaan juga sedang membangun landasan peluncuran kedua di Texas dan merencanakan dua lokasi peluncuran Starship di Florida untuk mendukung irama peluncuran yang lebih cepat.

READ  Roket Atlas V meluncurkan dua satelit komunikasi ke orbit

Namun ada banyak hal yang perlu diselesaikan SpaceX dengan desain Starship sebelum dapat beroperasi.