Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Teleskop Sehari-hari: Lubang hitam telah menyatu sejak lama

Teleskop Sehari-hari: Lubang hitam telah menyatu sejak lama

Perbesar / Para ilmuwan telah menetapkan bahwa sistem ini adalah bukti penggabungan dua galaksi dan lubang hitam masif yang sedang berlangsung ketika alam semesta baru berusia 740 juta tahun.

ESA/WEP, NASA, CSA dan lain-lain. itu

Selamat datang di Teleskop Harian. Terlalu sedikit kegelapan di dunia ini dan tidak cukup terang, terlalu sedikit pseudosains, dan tidak cukup sains. Kami akan membiarkan postingan lain memberikan ramalan bintang harian Anda. Di Ars Technica, kami akan mengambil rute berbeda, menemukan inspirasi dari gambaran nyata alam semesta yang penuh bintang dan keajaiban.

Selamat pagi. Saat itu tanggal 21 Mei, dan gambar hari ini diambil dari Teleskop Luar Angkasa James Webb. Video ini menunjukkan pertemuan dua lubang hitam raksasa pada awal mula alam semesta, hanya 740 juta tahun setelah Big Bang.

Massa setiap lubang hitam diperkirakan sekitar 50 juta kali massa bintang kita, Matahari. Penemuan penggabungan yang begitu awal di alam semesta ini menunjukkan bahwa pertumbuhan benda-benda tersebut di pusat galaksi terjadi dengan sangat cepat.

Untungnya, Webb dan spektrometer inframerah-dekatnya berada pada posisi yang tepat untuk mengamati pergerakan gas padat dan cepat dari suatu materi yang bertambah ke dalam lubang hitam. Ketika mereka menelan materi di dekatnya, lubang hitam menghasilkan gas yang sangat terionisasi.

“Temuan kami menunjukkan bahwa penggabungan adalah jalur penting yang memungkinkan lubang hitam berkembang pesat, bahkan saat fajar kosmik.” Dia berkata Hannah Opler dari Universitas Cambridge. “Bersama dengan penemuan Webb lainnya tentang lubang hitam aktif dan masif di alam semesta jauh, hasil kami juga menunjukkan bahwa lubang hitam masif telah membentuk evolusi galaksi sejak awal.”

READ  Penjelasan warna cahaya utara

sumber: ESA/WEP, NASA, CSA, dkk. itu

Ingin mengirim foto ke Daily Telescope? Hubungi kami dan ucapkan halo.