Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Berkshire Hathaway milik Warren Buffett menjual miliaran dolar saham AS

Berkshire Hathaway milik Warren Buffett menjual miliaran dolar saham AS

Berkshire Hathaway milik Warren Buffett menjual saham bernilai miliaran dolar dan menginvestasikan sedikit uang di pasar saham AS dalam tiga bulan pertama tahun ini, karena investor terkenal itu melihat sedikit daya tarik di pasar yang bergejolak.

Berkshire mengungkapkan pada hari Sabtu bahwa mereka menjual saham senilai $13,3 miliar pada kuartal pertama dan membeli saham di sebagian kecil dari jumlah itu. Sebaliknya, ia menginvestasikan $4,4 miliar untuk membeli kembali sahamnya, serta $2,9 miliar saham perusahaan publik lainnya.

Angka-angka tersebut menggarisbawahi perjuangan yang dihadapi Berkshire dalam menggunakan uang tunai yang besar pada saat Buffett dan tangan kanannya Charlie Munger menganggap valuasi tidak menarik. Tumpukan kas perusahaan telah meningkat sebesar $2 miliar sejak awal tahun ini menjadi $130,6 miliar, level tertinggi sejak akhir tahun 2021.

Munger bulan lalu mengatakan kepada Financial Times bahwa investor harus menurunkan harapan mereka untuk pengembalian pasar saham karena Federal Reserve menaikkan suku bunga dan ekonomi melambat.

Berkshire melaporkan laba $35,5 miliar pada kuartal pertama, atau $24.377 per saham Kelas A, sebagian besar didorong oleh reli saham yang mengangkat nilai portofolio sahamnya senilai $328 miliar. Keuntungan naik dari $ 5,6 miliar pada tahun sebelumnya.

Laba operasional – ukuran kinerja yang disukai Buffett untuk kelompok perusahaan terdiversifikasi Berkshire – naik 12,6 persen dari tahun sebelumnya menjadi $8,1 miliar. Untuk pertama kalinya, angka tersebut mencakup hasil bisnis perhentian truk Pilot Flying J, di mana Berkshire mengambil kendali mayoritas pada bulan Januari.

Hasilnya sering diteliti mengingat penampang negara dengan lusinan perusahaan Berkshire yang melakukan bisnis, termasuk energi, logistik, perumahan, dan manufaktur.

Salah satu permata mahkota Berkshire, perusahaan asuransi mobil Geico, telah berubah menjadi penjaminan laba setelah enam kuartal berturut-turut merugi. Perusahaan mengatakan memotong iklan dan menaikkan suku bunga membantu unit tersebut mencapai laba underwriting sebesar $703 juta.

READ  (RDDT) mulai diperdagangkan di Bursa Efek New York

Dampak kenaikan suku bunga dan perlambatan pertumbuhan ekonomi telah terlihat di semua perusahaan, termasuk pemasok es krim Dairy Queen, pembuat suku cadang pesawat Precision Castparts, dan kereta api BNSF.

Berkshire memperingatkan bahwa penjualan rumah yang lebih rendah terus mempengaruhi Clayton Homes, salah satu pembuat rumah prefabrikasi terbesar di AS, dan penjualan di seluruh perusahaan perumahan lainnya telah melemah pada awal tahun. Lalu lintas di jalur kereta BNSF juga turun pada awal tahun, yang menurut perusahaan disebabkan oleh penurunan impor dari Pantai Barat dan hilangnya pelanggan.

Namun, suku bunga yang lebih tinggi juga menjadi keuntungan bagi Berkshire. Perusahaan menginvestasikan sebagian besar dari $130,6 miliar dalam bentuk tunai dalam tagihan Treasury jangka pendek dan deposito bank.

Penghasilan dari tagihan jangka pendek dan simpanan tunai melonjak menjadi $1,1 miliar, dibandingkan dengan $164 juta setahun sebelumnya.

Angka tersebut dirilis hanya beberapa jam sebelum Buffett dan tiga eksekutif Berkshire lainnya naik ke panggung di pusat kota Omaha, tempat puluhan ribu pemegang saham berkumpul untuk rapat tahunan perusahaan.

Pemegang saham akan mendengar miliarder berusia 92 tahun itu dan wakilnya Munger, Gregory Appel, dan Ajit Jain membahas ekonomi, upaya Fed untuk menurunkan inflasi, dan Berkshire sendiri.

Keempat pria itu kemungkinan besar akan ditekankan mengapa kelompok yang luas itu tidak melakukan investasi besar di sektor perbankan AS, seperti yang terjadi di tengah krisis keuangan.

Pada saat itu, modal Berkshire membantu Goldman Sachs dan Bank of America. Yang terakhir sekarang menjadi properti utama dalam portofolio saham perusahaan.

Saham Berkshire naik 4,9 persen sejak awal tahun.