November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Berita terbaru tentang Rusia dan perang di Ukraina

Berita terbaru tentang Rusia dan perang di Ukraina

Ukraina mengatakan pasukan Rusia berusaha merebut jalan utama dan pemukiman di Kyiv

Seorang tentara Ukraina berdiri di atas tank Rusia yang ditangkap setelah berkelahi dengan pasukan Rusia di desa Lukyanivka di luar Kyiv, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, Ukraina, 27 Maret 2022.

Marco Djurica | Reuters

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan pertempuran terus berlanjut di beberapa wilayah, dengan beberapa kota – termasuk Kyiv – “mengendalikan kemajuan musuh Rusia”.

“Pengumpulan pasukan Ukraina dan sarana pertahanan kota Kyiv menghalangi musuh Rusia, yang mencoba menembus pertahanan Ukraina dari barat laut dan timur untuk mengendalikan jalan utama dan pemukiman,” kata kementerian itu. dalam pembaruan.

Para pejabat mengatakan bahwa pasukan Rusia juga bergerak maju di pemukiman Holyipol, Zaporizhzhya dan Verknotoretsk, serta kota-kota di Ukraina selatan.

– Chloe Taylor

Kremlin mengatakan negosiasi tidak mungkin dilanjutkan sebelum Selasa

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa delegasi dari Rusia dan Ukraina akan melakukan perjalanan ke Turki hari ini, dan negosiasi tatap muka kemungkinan akan dimulai besok.

“[Negotiations] Tidak mungkin untuk melanjutkan hari ini. Hari ini, delegasi sudah menuju ke Turki. Jadi kita tahu bahwa ini [talks] “Secara teoritis bisa terjadi besok,” katanya saat konferensi pers.

“Kami belum bisa dan tidak akan berbicara tentang kemajuan. Tetapi fakta bahwa diputuskan untuk melanjutkan pembicaraan secara langsung tentu penting. Tetapi untuk saat ini, kami masih berpegang pada garis untuk tidak mengungkapkan rincian apapun mengenai negosiasi.”

David Arachhamiya, seorang pejabat Ukraina yang terlibat dalam negosiasi dengan Rusia, mengatakan pada hari Minggu bahwa para delegasi telah memutuskan untuk mengadakan putaran pembicaraan ini secara langsung antara Senin dan Rabu minggu ini.

– Chloe Taylor

Para pejabat mengatakan tidak ada serangan di ibu kota Ukraina dalam semalam

Tentara Ukraina berjaga di Lapangan Kemerdekaan di Kyiv pada 26 Maret 2022.

Sergey Sobinsky | AFP | Gambar Getty

Pemerintah kota Kyiv mengatakan, pada hari Senin, bahwa ibu kota Ukraina tenang sepanjang malam, dan tidak ada serangan terhadap kota tersebut.

Para pejabat mengatakan dalam sebuah posting di Telegram bahwa infrastruktur di Kyiv berfungsi, dan warga diberikan semua fasilitas.

Mereka juga mendesak warga ibu kota untuk tidak meninggalkan rumah mereka jika tidak perlu.

– Chloe Taylor

Pejabat Ukraina tidak mengharapkan terobosan besar dalam pembicaraan minggu ini dengan Rusia

Vadim Denisenko, penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina, berbicara selama pengarahan pada 14 Maret 2022.

Kerbau Behmut | Bahasa Inggris | Penerbitan Masa Depan | Gambar Getty

Vadim Denisenko, penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, mengatakan dia tidak mengharapkan ada terobosan besar selama pembicaraan minggu ini antara pejabat Rusia dan Ukraina.

READ  Pasukan Rusia bisa menjadi lebih terisolasi jika pasukan Ukraina mengkonsolidasikan keuntungan mereka

Delegasi dari kedua negara dijadwalkan bertemu di Turki pada Senin untuk pembicaraan tatap muka yang diperkirakan berlangsung hingga Rabu.

Denisenko berbicara selama acara amal “TV Marathon” yang ditayangkan di seluruh dunia untuk mendukung Ukraina.

– Chloe Taylor

Ukraina tidak akan membuka koridor kemanusiaan pada hari Senin karena takut ‘provokasi’

Wakil Perdana Menteri Ukraina Irina Vereshuk mengatakan pihak berwenang tidak akan membuka koridor kemanusiaan hari ini, karena para pejabat khawatir akan serangan Rusia yang membayangi.

“Informasi kami menunjukkan kemungkinan provokasi oleh penjajah di jalan-jalan koridor kemanusiaan,” katanya. Aplikasi perpesanan Telegram. “Oleh karena itu, untuk alasan keselamatan publik, kami tidak membuka koridor kemanusiaan hari ini,” tambahnya.

Pejabat Ukraina telah mengoperasikan rute keluar yang aman di berbagai lokasi di seluruh negeri hampir setiap hari dalam beberapa pekan terakhir, dengan koridor yang memungkinkan evakuasi warga sipil dan impor pasokan vital.

Upaya awal untuk mengevakuasi warga sipil dari kota Mariupol dan Volnovakia harus dihentikan, seperti yang dikatakan pihak berwenang Ukraina oleh pasukan Rusia. Pelanggaran perjanjian gencatan senjata sepanjang jalur evakuasi.

– Chloe Taylor

Ukraina mengatakan 143 anak tewas dalam perang

Dalam foto yang diambil pada 18 Maret 2022, 109 kereta bayi kosong terlihat di luar Dewan Kota Lviv selama prosedur untuk menyoroti jumlah anak yang tewas dalam invasi Rusia ke Ukraina.

Yuri Dyachin | AFP | Gambar Getty

Kantor Jaksa Agung Ukraina mengatakan pada hari Senin bahwa 143 anak telah terbunuh di Ukraina sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari.

Para pejabat menambahkan bahwa 216 anak lainnya terluka dalam perang itu.

Kantor Kejaksaan Agung mengatakan bahwa anak-anak di Kyiv, Kharkiv dan Donetsk “paling menderita,” tetapi mencatat bahwa anak-anak terkena dampak parah di 14 wilayah Ukraina.

– Chloe Taylor

Perwakilan Rusia dan Ukraina bertemu di Turki untuk pembicaraan

Bendera Ukraina dan Rusia muncul di atas meja sebelum pembicaraan antara pejabat kedua negara di Belarus pada 3 Maret 2022.

Maxim Gocek | Reuters

Delegasi dari Ukraina dan Rusia dijadwalkan bertemu di Turki hari ini untuk pembicaraan lebih lanjut.

David Arachhamia, seorang pejabat Ukraina yang terlibat dalam negosiasi dengan Rusia, mengatakan dalam a berbagi Facebook Pada hari Minggu, para delegasi memutuskan untuk melakukan putaran pembicaraan ini secara langsung.

Dia mengatakan, menurut terjemahan oleh NBC News: “Hari ini, dalam pembicaraan putaran berikutnya tentang panggilan video, diputuskan untuk mengadakan putaran berikutnya secara langsung oleh dua delegasi di Turki dari 28-30 Maret.”

READ  'Kami tidak takut pada siapa pun' Ukraina mengibarkan bendera untuk menentang ketakutan akan invasi Rusia

– Chloe Taylor

Pejabat Ukraina dilaporkan mengatakan pasukan Rusia menarik diri dari beberapa lokasi

Walikota Slavutych – rumah bagi karyawan pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl – mengatakan pada hari Senin bahwa pasukan Rusia telah meninggalkan kota, Reuters melaporkan.

“Mereka telah menyelesaikan pekerjaan yang akan mereka lakukan,” kata Walikota Yuri Fumichev seperti dikutip oleh kantor berita. “Mereka mengamati kota, dan hari ini mereka selesai melakukannya dan meninggalkan kota. Tidak ada seorang pun di kota sekarang.”

Pada hari Sabtu, media Ukraina melaporkan tersebut Slavutych itu telah ditangkap oleh pasukan Rusia.

Di sisi lain, Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan pada dini hari Senin pagi bahwa beberapa pasukan Rusia ditarik dari wilayah Kyiv ke Belarus.

“Pemasangan kembali unit individu komposisi [Russian] Angkatan bersenjata mengatakan dalam pembaruan di Facebook bahwa wilayah militer timur terus berlanjut.

Pembaruan menambahkan bahwa “unit yang mengalami kerugian besar dalam operasi ofensif biasanya dipindahkan ke wilayah Belarus untuk memulihkan milisi,” mencatat bahwa penarikan dari wilayah wilayah Kyiv “dirayakan.”

Tetapi para pejabat mencatat bahwa pertempuran berlanjut di seluruh negeri, dan bahwa pasukan Rusia “melanjutkan serangan rudal dan udara pada infrastruktur militer penting dan posisi maju dengan tujuan menyebabkan kerugian dan melelahkan personel.”

CNBC tidak dapat memverifikasi laporan ini secara independen.

– Chloe Taylor

Perusahaan keamanan siber memperingatkan bahwa Rusia kemungkinan akan meluncurkan serangan siber terhadap infrastruktur minyak dan gas

Rob Lee, salah satu pendiri dan CEO perusahaan keamanan siber Dragos, mengatakan serangan siber Rusia terhadap infrastruktur minyak dan gas sangat mungkin dilakukan mengingat sejarah negara itu mengambil tindakan “satu per satu” terhadap sanksi.

“Pada tahun 2014, ketika Rusia menginvasi Ukraina dan merebut Krimea, ada sejumlah … sanksi yang dijatuhkan oleh lembaga keuangan Barat,” kata Lee kepada “Street Sign Asia” CNBC.

Akibatnya, Rusia akhirnya menggunakan serangan siber terhadap lembaga keuangan tersebut.

“Sekarang kita menyaksikan sanksi terhadap infrastruktur minyak dan gas, Aliran Nord 2 dll… Kami sepenuhnya berharap untuk mulai melihat serangan dunia maya terhadap infrastruktur minyak dan gas. Jerman menangguhkan sertifikasi Nord Stream 2 pada akhir Februari – pipa gas dirancang untuk membawa gas alam dari Rusia langsung ke Eropa.

Sebuah pompa minyak menarik minyak dari ladang minyak Permian Basin pada 14 Maret 2022 di Odessa, Texas.

Joe Riddell | Gambar Getty

Inggris mengatakan: ‘Tidak ada perubahan signifikan dalam tindakan pasukan Rusia’

Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan bahwa dalam 24 jam terakhir tidak ada “perubahan signifikan dalam tindakan pasukan Rusia di Ukraina yang diduduki”.

Inggris mengatakan dalam pembaruan intelijen bahwa kurangnya momentum dan moral yang terus berlanjut di antara militer Rusia, serta kekurangan logistik yang terus-menerus dan perlawanan agresif dari Ukraina, semuanya menyebabkan masalah bagi Rusia.

“Rusia telah merebut sebagian besar wilayah di selatan dekat Mariupol, di mana pertempuran sengit berlanjut saat Rusia mencoba mengendalikan pelabuhan,” tambahnya.

– Chloe Taylor

Baca liputan langsung CNBC sebelumnya di sini:

India membeli minyak Rusia murah dengan ‘pemotongan rekor’ dan China mungkin mengikutinya

Pengamat industri mengatakan pengiriman minyak mentah Rusia ke India agak langka tahun lalu, tetapi ada “peningkatan signifikan” sejak dimulainya perang Rusia-Ukraina.

Badan Energi Internasional mengatakan minyak mentah Rusia dijual dengan “pemotongan rekor”.

Eileen Wald, presiden Transversal Consulting, mengatakan dua perusahaan perdagangan komoditas juga menawarkan diskon hingga $30 per barel dua minggu lalu untuk Ural Blend – campuran minyak utama yang diekspor oleh Rusia.

Sameer Kapadia, kepala perdagangan di konsultan hubungan pemerintah Vogel Group, mengatakan bahwa sementara motif India adalah ekonomi, kemungkinan juga akan mempertimbangkan persahabatannya dengan Rusia dalam membeli minyaknya – mengingat kedua negara memiliki sejarah panjang.

Analis mengatakan China, importir minyak terbesar di dunia, juga bisa mencari minyak diskon dari Rusia. “China benar-benar lebih menyukai minyak yang jauh lebih murah… Harga sangat tinggi bahkan dalam kisaran $90 yang terlalu tinggi untuk China,” kata Eileen Wald, presiden Transversal Consulting.

– Weezin Tan

Zelensky mengatakan Ukraina siap untuk membahas netralitas

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengadakan konferensi pers di Kyiv, Ukraina pada 12 Maret 2022.

Amin Sensar | Anadolu Agency | Gambar Getty

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan negaranya siap untuk membahas mengadopsi status netral sebagai bagian dari perjanjian damai dengan Rusia, meskipun perjanjian perlu dijamin oleh pihak ketiga dan dimasukkan ke dalam referendum.

“Jaminan keamanan dan netralitas, status non-nuklir negara kami. Kami siap untuk ini. Ini adalah poin terpenting,” kata Zelensky dalam pidato video 90 menit dengan wartawan Rusia.

Zelensky mengatakan bahwa sementara pemerintahnya sedang mendiskusikan penggunaan bahasa Rusia di Ukraina dalam pembicaraannya dengan Rusia, tuntutan Rusia lainnya seperti perlucutan senjata saat ini tidak dibahas. Dia mengatakan bahwa kota-kota berbahasa Rusia di Ukraina dihancurkan selama invasi.

— Ian Thomas, dengan laporan dari Reuters