Juli 23, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Berita Langsung Israel dan Gaza: Netanyahu mengatakan pasukan telah menembus Gaza

Berita Langsung Israel dan Gaza: Netanyahu mengatakan pasukan telah menembus Gaza

Tak lama setelah tengah malam pada hari Selasa, tentara Israel mengumumkan bahwa mereka telah melakukan hal tersebut Itu mengenai Sebuah terowongan yang memungkinkan Hamas untuk “menyusup ke Israel melalui laut.”

Terowongan bawah laut ini tidak biasa, dan merupakan indikasi bahwa Hamas telah merancang cara-cara baru yang mematikan untuk menyerang Israel. Kelompok militan ini memiliki bermil-mil terowongan di bawah Jalur Gaza – seorang pejabat AS menyamakannya dengan “miniatur kota” – namun jalan keluarnya ada di pantai.

Di antara kemungkinan alasan keterlambatan Israel mengirim pasukan ke Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, ada satu alasan yang menonjol, kata pakar militer: terowongan.

Di bawah jalur pantai kecil dengan populasi lebih dari dua juta jiwa terdapat jaringan luas lorong bawah tanah, ruangan, sel, dan bahkan jalur kendaraan. Hamas, yang mengawasi Gaza, diyakini menyembunyikan senjata, pejuang, dan bahkan pusat komando di ruang bawah tanah.

Tentara Israel mengatakan bahwa pesawat tempurnya membom 150 sasaran bawah tanah di Jalur Gaza utara pada Sabtu malam.

Bagi pasukan Israel yang terlibat dalam invasi darat skala besar, salah satu tantangan paling menakutkan adalah terowongan, yang telah diperbaiki oleh Hamas selama bertahun-tahun. Bagi orang-orang yang tinggal di atas terowongan, salah satu hal yang paling menakutkan adalah bagaimana cara bertahan dari perang bawah tanah.

“Kita tidak boleh mempunyai ilusi tentang apa yang akan terjadi,” kata Jenderal Joseph Votel, mantan komandan Komando Pusat AS, yang bertanggung jawab atas Timur Tengah. “Ini akan menjadi pertarungan berdarah dan brutal.”

Jaringan terowongan akan menjadi salah satu tantangan tersulit bagi pasukan Israel yang berpartisipasi dalam invasi darat.kredit…Sergey Ponomarev untuk The New York Times

Dalam salah satu wawancara, dia mengenang hari-hari terakhir pertempuran di kota Mosul di Irak, tempat para pejuang ISIS berada. Dia bersembunyi di serangkaian terowongan Pada tahun 2017. “Tentara Irak kami menggunakan buldoser untuk memindahkan pejuang ISIS yang telah menggali di bawah reruntuhan,” katanya. “Itu benar-benar brutal.”

Terowongan telah menjadi bagian dari kehidupan di Gaza selama bertahun-tahun, namun jumlahnya meningkat tajam setelah tahun 2007, ketika Hamas mengambil alih Jalur Gaza dan Israel memperketat blokadenya. Palestina menanggapinya dengan membangun ratusan terowongan untuk menyelundupkan makanan, barang, manusia, dan senjata.

Terowongan tersebut merugikan Hamas sekitar $3 juta per terowongan, menurut tentara Israel. Beberapa di antaranya terbuat dari beton pracetak dan besi, serta memiliki ruang medis untuk memberikan bantuan kepada pejuang yang terluka. Yang lainnya memiliki ruang 130 kaki di bawah tanah tempat orang dapat bersembunyi selama berbulan-bulan.

READ  Rusia mengebom daerah pemukiman di Kharkiv dan mengintensifkan serangan Kyiv saat pembicaraan dengan Ukraina berakhir

Di Israel, orang sering menyebut sistem terowongan sebagai “Gaza Bawah” atau “metro.”

Yocheved Lifshitz, seorang wanita berusia 85 tahun yang disandera oleh Hamas selama 17 hari bulan ini, menggambarkan bagaimana dia berjalan bermil-mil melalui “jaring laba-laba” terowongan. Dia mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa pejuang Hamas membawanya melalui lorong bawah tanah yang lembap dan lembap menuju “sebuah aula besar di mana sekitar 25 penculik ditempatkan.”

Dia mengatakan bahwa setelah dua atau tiga jam, mereka menempatkan lima orang dari kibbutznya di ruangan terpisah.

Dalam konferensi pers pada hari Jumat, Laksamana Daniel Hagari, juru bicara IDF, menuduh Hamas membangun terowongan dan fasilitas lain di bawah Rumah Sakit Shifa di Gaza, pusat medis terbesar di Jalur Gaza. Dia memutar rekaman audio yang dicegat dan Sebuah ilustrasi ditampilkan Dari kompleks bawah tanah.

Jenderal Votel, yang mengunjungi terowongan yang dikendalikan oleh milisi Hizbullah Lebanon di dekat perbatasan Israel, mengatakan dia “terkejut dengan upaya yang dilakukan untuk menciptakan hal-hal ini.”

“Ini bukan sekedar lubang di tanah, ini adalah struktur arsitektural,” katanya. “Mereka dihubungkan oleh ruang-ruang dan dibangun sedemikian rupa agar tahan terhadap benturan di permukaan.”

Ketika Hamas memperluas sistem kereta bawah tanah, mereka menyembunyikan pintu masuk terowongan di rumah-rumah dan bangunan kecil lainnya di sisi perbatasan Mesir, kata Joel Ruskin, seorang profesor geologi di Universitas Bar-Ilan di Israel, yang mempelajari terowongan tersebut selama berada di Israel. tentara. Terowongan ini memungkinkan penyelundupan barang dari Mesir.

Sistem terowongan ini membentang sampai ke perbatasan Israel di utara.

Satu dekade yang lalu, Mesir melakukan upaya untuk menghancurkan terowongan di sepanjang perbatasannya, membuang limbah ke beberapa terowongan dan meratakan rumah-rumah yang menyembunyikan pintu masuknya, kata Ruskin.

Dia menambahkan bahwa Israel memiliki pandangan terbatas terhadap aktivitas terowongan di sisi perbatasan Mesir. Banyak dari jaringan tersebut berakhir di Sinai Utara, namun pemerintah Mesir jarang mengizinkan peneliti atau pejabat pemerintah Israel mengunjungi wilayah tersebut, sehingga tidak jelas berapa banyak terowongan lintas batas yang masih tersisa.

Seorang pria Palestina mendisinfeksi terowongan setelah pihak berwenang Mesir memompa limbah ke dalam sistem terowongan pada tahun 2013.kredit…Ali Ali/Agen Foto Pers Eropa

Pada tanggal 14 Oktober, Hamas Dilepaskan Sebuah video menunjukkan sekelompok pejuang muncul dari terowongan dan melakukan serangan tiruan terhadap tank Israel. Diiringi musik yang mungkin menjadi bagian dari soundtrack “Call of Duty”, para pejuang kemudian menyeret dan menjatuhkan orang-orang yang diduga sebagai tahanan Israel yang ditemukan dari tank, pertama-tama menuju ke dalam terowongan, sebelum meluncur kembali ke lorong bawah tanah.

READ  Pekerja di Felixstow, pelabuhan peti kemas terbesar di Inggris, akan memulai mogok kerja selama 8 hari

“Inilah yang menanti Anda ketika Anda memasuki Gaza,” kata video tersebut di bagian akhir.

Daphne Richmond Barak, pakar perang terowongan di Universitas Richman di Israel, mengatakan dia ragu ada orang yang tahu berapa mil terowongan yang dimiliki Hamas. Beberapa analis memperkirakan jumlahnya mencapai ratusan. Pemimpin gerakan di Gaza, Yahya Sinwar, mengatakan pada tahun 2021 terdapat terowongan sepanjang 310 mil di Gaza.

Pada tahun 2018, tentara Israel menghancurkan sebuah terowongan Panjangnya lebih dari satu mil.

Beberapa terowongan dibangun dengan peralatan penggali mekanis, namun terowongan yang diyakini digunakan Hamas sebagai markas serangan terhadap Israel digali dengan tangan atau dengan sekop, kata para pejabat, untuk menghindari deteksi. Medan berpasir memudahkan penggalian terowongan.

Para ahli mengatakan terowongan yang dilalui pejuang Hamas biasanya memiliki panjang enam setengah kaki dan lebar tiga kaki. Lebarnya yang sempit bisa menjadi mimpi buruk bagi prajurit yang harus melewatinya dalam satu barisan.

Warga Palestina memeriksa kerusakan rumah mereka setelah serangan udara Israel di Khan Yunis, Gaza, pada hari Kamis. Sebagian besar terowongan terletak di bawah kawasan padat penduduk.kredit…Youssef Masoud untuk New York Times

“Untuk tujuan pertahanan, ini merupakan tantangan operasional bagi IDF,” kata Richmond Barak.

Tentara dan perwira yang pernah bekerja membersihkan terowongan di Gaza di masa lalu mengatakan bahwa tentara biasanya menahan diri untuk tidak mengirim orang ke terowongan tersebut. “Hamas telah menyiapkan terowongannya,” kata Ms. Richmond Barak. “Mereka mungkin jebakan.”

Kolonel Emir Ulu, mantan komandan unit teknik tempur elit yang dikenal sebagai Yahalom, yang bertanggung jawab membongkar terowongan, mengatakan “tidak ada kemungkinan” adanya jebakan. Kolonel Ulo adalah bagian dari upaya Israel pada tahun 2014, yang dijuluki “Protective Edge,” dengan tujuan menghancurkan sistem terowongan Gaza selama invasi darat selama dua minggu.

Dia mengatakan jebakan – biasanya bom yang dipicu dari jarak jauh atau meledak ketika sesuatu melintasi kabel peledakan – selalu ada. Pada tahun 2013, Enam tentara Israel terlukaSalah satu dari mereka menjadi buta ketika jebakan meledak ketika mereka mencoba memasukkan kamera ke dalam terowongan Hamas.

READ  Rusia telah melaporkan serangan drone lebih dari 1.000 kilometer dari Ukraina

Tentara yang membersihkan terowongan mengatakan bahwa memasuki salah satu terowongan adalah hal terakhir yang ingin mereka lakukan. “Dengan menggunakan terowongan, musuh dapat mengepung kami dan menyerang kami dari belakang,” kata Kolonel Olu dalam sebuah wawancara.

Ben Milch, seorang warga Amerika-Israel yang membersihkan terowongan dengan tentara Israel selama perang Gaza tahun 2014, mengatakan unitnya berulang kali diserang saat berupaya menghancurkan sekitar 13 terowongan.

Milch mengatakan bahwa pada awalnya dia dan tentara lainnya tidak yakin ke mana harus mencari pintu masuk, yang seringkali berada di daerah padat penduduk di dekat masjid dan rumah. Namun kemudian, pasukan mulai menemukan tanda-tanda yang jelas, seperti sistem katrol di samping bangunan.

Para pejabat militer mengatakan serangan udara dan sensor jarak jauh dapat menghancurkan terowongan tersebut, namun Israel pada akhirnya harus mengirim orang jika ingin memastikan jaringan tersebut benar-benar dibongkar.

“Menghadapi taktik terowongan membutuhkan pasukan darat,” menurut laporan RAND Corporation tentang Perang Gaza tahun 2014. “Bahkan setelah berakhirnya Operasi Pelindung Tepian, IDF menghadapi tantangan teknologi yang nyata dalam mendeteksi, bertempur di dalam, dan pada akhirnya menghancurkan terowongan.”

Unit militer Israel bernama Samour, atau Musang, berspesialisasi dalam peperangan bawah tanah, dan berlatih di terowongan palsu di Israel.

Pintu masuk terowongan ditemukan oleh pasukan Israel di dekat Kissufim, Israel, pada tahun 2017. Militer Israel secara teratur melatih infanteri tentang cara menghancurkan terowongan.kredit…Uriel Sinai untuk The New York Times

Seorang tentara cadangan Israel di Tepi Barat mengatakan bahwa unit infanteri lainnya juga berlatih perang terowongan.

Dia menggambarkan teknik yang disebut “rambut ungu” yang digunakan untuk menemukan lokasi tentakel terowongan. Pasukan Israel melemparkan bom asap ke dalam terowongan, lalu mengawasi asap ungu yang muncul dari rumah mana pun di area tersebut. Tentara tersebut mengatakan bahwa asap tersebut menandakan bahwa rumah tersebut terhubung dengan jaringan terowongan dan harus ditutup sebelum tentara turun ke dalam terowongan. Dia mengatakan asap bergerak seperti helai rambut di seluruh sistem terowongan.

Namun Ms Richmond Barrack mengatakan terowongan bawah laut mewakili tren masa depan yang berbahaya.

Pada tahun 2018, Israel menghancurkan salah satunya Yang memanjang beberapa meter ke lautMungkin ini yang pertama kali ditemukan. Penyelam Hamas bisa saja menggunakan terowongan itu untuk menyeberang ke perairan Israel tanpa terdeteksi.

Setelah tentara Israel pada hari Selasa mengumumkan penghancuran terowongan menuju laut, mereka menerbitkan video insiden lainnya. Para pejabat mengatakan foto itu menunjukkan pasukan Israel mengebom penyelam Hamas yang muncul dari sebuah terowongan di sepanjang pantai Gaza dan mencoba memasuki Israel di dekat Pantai Zikim.

“Hamas terus berinovasi di bidang peperangan bawah tanah dan mengeksploitasi pengetahuan dan pengalamannya dengan cara-cara baru dan inovatif,” kata Ms. Richmond Barak.

Jeffrey Gittleman Dan Gal Koblewicz Dia menyumbangkan laporan dari Yerusalem.