Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bank Indonesia mencatat arus keluar modal asing sebesar Rp4,51tn dalam satu minggu

Tempo.co, Jakarta – Bank Indonesia (BI) menarik modal asing sebesar Rp4,51 triliun dari pasar keuangan domestik pada periode 21-24 Agustus 2023.

Direktur Eksekutif Komunikasi Bank Sentral Erwin Hariono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan nilai tersebut antara lain berasal dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp2,31 triliun dan aliran keluar modal asing dari saham. Nilai pasarnya Rp2,2 triliun.

Per 24 Agustus, aliran masuk modal sepanjang tahun ini menghasilkan aliran masuk modal asing bersih sebesar Rp85,83 triliun ke pasar obligasi dan surat berharga dan Rp0,63 triliun ke pasar saham.

Sedangkan rupee melemah hingga Jumat pagi, 25 Agustus. Diperdagangkan pada Rs 15.265 per USD, naik dari harga kemarin Rs 15.240 per USD. Sementara itu, Indeks Dolar AS naik menjadi 103,98 pada 24 Agustus.

Erwin mengatakan BI terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait, serta mengembangkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan Indonesia dalam mendukung pemulihan ekonomi.

Antara

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  IMA desak dukungan berkelanjutan untuk UMKM di Indonesia: Menteri