September 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bandara Kosta Rika dibuka kembali setelah pesawat DHL tergelincir dari landasan pacu dalam pendaratan darurat

Bandara Kosta Rika dibuka kembali setelah pesawat DHL tergelincir dari landasan pacu dalam pendaratan darurat

SAN JOSE (Reuters) – Bandara Internasional Juan Santamaria di Kosta Rika dibuka kembali pada Kamis, beberapa jam setelah sebuah pesawat kargo Boeing 757-200 yang dioperasikan oleh DHL melakukan pendaratan darurat dan tergelincir dari landasan pacu dan memisahkan ekornya, kata otoritas penerbangan.

Operator bandara, Iris, mengatakan bandara, di pinggiran ibukota, San Jose, dibuka kembali pada pukul 15:30 waktu setempat, beberapa jam lebih awal dari yang diperkirakan setelah kecelakaan pukul 10 pagi.

Iris mengatakan penutupan itu mempengaruhi sekitar 8.500 penumpang dan 57 penerbangan komersial dan kargo.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

DHL, bagian dari Deutsche Post AG (DPWGn.DE)Dia mengatakan kru tidak terluka dan salah satu anggota menjalani pemeriksaan medis sebagai tindakan pencegahan.

Gambar dari surat kabar La Nacion di Kosta Rika menunjukkan sebuah pesawat kuning dihiasi dengan logo DHL ditutupi busa pemadam kebakaran saat mendarat di lapangan rumput di sebelah landasan pacu. Gambar-gambar menunjukkan bahwa ekornya telah terlepas dan sayapnya telah patah.

Luis Miranda Munoz, wakil direktur Otoritas Penerbangan Sipil Kosta Rika, mengatakan pesawat itu sedang menuju ke Guatemala ketika terjadi kerusakan sistem hidrolik. Dia mengatakan masalah tersebut mendorong pilot untuk meminta pendaratan darurat tak lama setelah lepas landas.

Perusahaan Boeing (melarang) Juru bicara itu mengatakan dia akan merujuk pertanyaan ke otoritas investigasi.

DHL dan otoritas bandara mengatakan mereka bekerja sama untuk memindahkan pesawat, meskipun mereka mengatakan itu tidak mempengaruhi operasi.

“Tim Tanggapan Insiden DHL telah diaktifkan dan penyelidikan akan dilakukan dengan otoritas terkait untuk menentukan apa yang terjadi,” kata DHL.

Aeris awalnya memperkirakan bahwa bandara akan tetap ditutup hingga pukul 6 sore waktu setempat, mempengaruhi tiga penerbangan kargo dan 32 penerbangan komersial ke dan dari Amerika Serikat, Amerika Tengah, Meksiko, Kanada, dan Eropa.

(Laporan tambahan oleh Alvaro Murillo di San Jose, Valentine Heller, Anthony Esposito dan Kylie Madre di Mexico City; Disunting oleh Alexandra Hudson dan Bernard Orr

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.