Juni 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bagaimana Donon SN Indonesia membantu meningkatkan perempuan peternak sapi perah

Jakarta. Perusahaan makanan Danone Specialist Nutrition atau Donon SN Indonesia juga telah bermitra dengan Perusahaan Pengembangan Teknologi Pedesaan, juga dikenal sebagai LPTP, untuk membantu meningkatkan peternak sapi perah wanita, terutama di provinsi tengah Jawa dan Yogyakarta.

Sensus penduduk tahun 2020 menunjukkan bahwa populasi sapi perah di Jawa meningkat sebesar 2,52 persen per tahun antara tahun 2010 dan 2020. Data Badan Pusat Statistik (PPS) tahun 2020 menunjukkan Jawa Tengah memproduksi sekitar 99.920 ton susu segar. Disusul Yogyakarta dengan 5.411 ton. Hal ini membuat Jawa Tengah dan Yogyakarta masing-masing menjadi provinsi penghasil susu terbesar ketiga dan keempat.

Namun, peternak sapi perah kebanyakan laki-laki berusia di atas 50 tahun. Meskipun kontribusi perempuan terhadap kegiatan pertanian tinggi, banyak yang melihat pertanian sebagai bidang “khusus laki-laki”.

Menurut Ratih Anggraeni, ketua satgas iklim dan air Danon Indonesia, meski banyak menyumbang pendapatan keluarga, perempuan tetap dikaitkan dengan peran rumah tangga.

“Kami ingin meningkatkan kemampuan petani perempuan sehingga mereka memiliki lebih banyak kekuatan untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat dalam batas-batas keluarga mereka. [and also] Dengan menjalankan roda ekonomi sebagai petani,” ujar Radih mengutip dari rilis berita belum lama ini.

Untuk itu, Danone SN Indonesia dan LPTP baru-baru ini menyelenggarakan website tentang peran perempuan dalam perbaikan ekosistem susu. Keduanya bekerja sama untuk Proyek Rehabilitasi Petani, yang juga melibatkan partisipasi petani perempuan. Proyek ini berfokus pada tiga kabupaten, yaitu Boolali, Clayton dan Slaman.

“Tahun lalu kami meluncurkan Program Revitalisasi Peternak yang fokus membesarkan petani muda. Permintaan nasional, konsumsi susu per kapita di Indonesia masih rendah dibandingkan enam negara lain di Asia Tenggara,” kata Radih.

READ  Pengembang game Indonesia berusaha menyeimbangkan pemerintah

Dalam program ini, Donon bekerja sama dengan koperasi susu lokal untuk menyediakan fasilitas, menyiapkan modul pelatihan untuk praktik peternakan yang baik atau peternakan sapi perah, dan mengadakan sesi pelatihan bagi para peternak.

Danon SN Indonesia dan LPTP juga melatih peternak muda dalam peternakan sapi perah, usaha bisnis dan inovasi pakan ternak. Peserta mendapatkan akses ke teknologi pertanian dan platform pembelajaran digital.

Menurut Rati, Danon telah membantu memberdayakan lebih dari 400 petani di tiga kabupaten di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tri Udami adalah seorang petani di Dusun Banusree di desa Jemovo di Jawa Tengah.

Dia adalah salah satu dari sedikit petani perempuan yang bergabung dengan Proyek Rehabilitasi Petani Danon.

Menurut Dry Owner, teknologi seperti mesin pemerah susu otomatis telah membantu menghemat tenaga dan waktu.

“Penerapan teknologi membuat proses produksi lebih optimal. Saya juga punya lebih banyak waktu untuk keluarga. Ilmu ini saya peroleh melalui Proyek Kebangkitan Petani Donon SN Indonesia dan LPDP,” kata Tri Utami.