Desember 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Badan Pangan PBB: Puing-puing dari serangan pesawat tak berawak menghantam sebuah truk di Ethiopia utara

Badan Pangan PBB: Puing-puing dari serangan pesawat tak berawak menghantam sebuah truk di Ethiopia utara

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

NAIROBI (Reuters) – Puing-puing dari serangan pesawat tak berawak di wilayah Tigray, Ethiopia utara, menabrak truk Program Pangan Dunia yang membawa bantuan kemanusiaan, melukai pengemudinya, kata juru bicara Program Pangan Dunia, Senin.

Program Pangan Dunia, sebuah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa, membantu mengoordinasikan bantuan kemanusiaan ke Tigray, di mana konflik hampir dua tahun telah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan jutaan orang membutuhkan bantuan.

Seorang juru bicara Program Pangan Dunia mengatakan kepada Reuters bahwa serangan pesawat tak berawak pada hari Minggu terjadi di dekat daerah yang disebut Zana Warida di barat laut Tigray.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Puing-puing yang beterbangan dari serangan itu mengenai seorang pengemudi yang dikontrak WFP dan sedikit merusak truk armada WFP,” kata juru bicara itu, seraya menambahkan bahwa belum dapat dikatakan apakah distribusi lebih lanjut di daerah itu akan dihentikan.

Dua pekerja kemanusiaan, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa distribusi makanan oleh lembaga bantuan lain telah terganggu oleh pemboman di Tigray.

Layanan Komunikasi Pemerintah Ethiopia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintah telah meminta organisasi bantuan untuk menghindari beroperasi di daerah di mana mereka mengambil tindakan pencegahan dalam menanggapi serangan terhadap mereka oleh Front Pembebasan Rakyat Tigray, yang memerintah Front Pembebasan Rakyat Tigray.

Layanan komunikasi mengatakan bahwa di masa lalu kendaraan bantuan telah dibajak dan TPLF telah mengangkut para pejuangnya dengan truk dengan lambang PBB.

Sebuah truk WFP sedang mengantarkan makanan kepada para pengungsi internal. Sumber-sumber kemanusiaan mengatakan ratusan ribu orang telah mengungsi akibat pertempuran baru sejak 24 Agustus, ketika gencatan senjata lima bulan gagal.

READ  Macron menghindari tomat di babak pasca pemilihan | Perancis

Sejak itu, kata Program Pangan Dunia, tidak ada truk pengangkut bantuan pangan yang masuk ke Tigray.

Dikatakan sekitar 13 juta orang di Tigray dan daerah sekitarnya di Amhara dan Afar “sangat membutuhkan bantuan makanan”.

Konflik tersebut membuat pemerintahan Perdana Menteri Abiy Ahmed melawan Front Pembebasan Tigray, yang dulunya mendominasi koalisi penguasa Ethiopia.

Pemerintah menuduh Front Pembebasan Rakyat Tigrayan mencoba untuk menegaskan kembali hegemoni Tigrayan atas Ethiopia. Front Pembebasan Rakyat Tigray menuduh Abe melakukan sentralisasi kekuasaan dan penindasan yang berlebihan terhadap Tigray.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Laporan dari ruang berita Nairobi. Diedit oleh George Opolutsa, Aaron Ross dan David Gregorio

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.