Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Badai di Filipina: Korban tewas Nalgi (Paeng) meningkat menjadi 98, menurut badan bencana

Badai di Filipina: Korban tewas Nalgi (Paeng) meningkat menjadi 98, menurut badan bencana

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. dijadwalkan terbang di atas daerah banjir pada hari Senin untuk memeriksa kerusakan setelah Badai Tropis Nalgae Itu melintasi negara Asia Tenggara selama akhir pekan, menewaskan sedikitnya 98 orang.

Lebih dari setengah kematian tercatat di Daerah Otonomi Bangsamoro selatan, sebagian besar karena tanah longsor yang dipicu oleh hujan. kata badan bencana.

Sekitar 63 orang hilang, sementara 69 orang terluka, kata badan tersebut.

Sebuah buletin mengatakan wilayah Bangsamoro telah menewaskan 53 orang, sementara 22 lainnya masih hilang.

Kerusakan infrastruktur akibat hujan deras dan angin kencang diperkirakan mencapai 758 juta peso (sekitar $13 juta), sementara kerugian di bidang pertanian diperkirakan lebih dari 435 juta peso.

Pada Senin, Marcos dijadwalkan melakukan inspeksi udara terhadap desa-desa yang terendam di provinsi Cavite, dekat ibu kota, Manila. Pemimpin itu menyatakan keterkejutannya atas jumlah kematian, khususnya di provinsi Maguindanao di Bangsamoro.

Nalji, yang telah melakukan pendaratan lima kali, diperkirakan akan meninggalkan Filipina pada Senin malam dan menuju ke selatan. Cina.

Filipina mengalami rata-rata 20 topan setiap tahun, dengan seringnya tanah longsor dan banjir yang sebagian disebabkan oleh meningkatnya intensitas siklon tropis.

READ  Amerika Serikat menjanjikan pertahanan militer penuh dari sekutunya melawan Korea Utara