Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Astronot memasang susunan surya baru di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional - Spaceflight Now

Astronot memasang susunan surya baru di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional – Spaceflight Now

Astronot NASA Josh Cassada, mengenakan pakaian antariksa bergaris merah, memegang ISS Roll-Out Solar Array sambil mengendarai lengan robot stasiun luar angkasa pada hari Sabtu. Kredit: NASA TV/Spaceflight Sekarang

Astronot NASA Josh Casada dan Frank Rubio menuju ke luar Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Sabtu untuk perjalanan tujuh jam melalui ruang angkasa untuk memasang dan meluncurkan susunan surya baru yang baru diperkenalkan di atas kapal kargo SpaceX.

Casada dan Rubio, keduanya melakukan perjalanan luar angkasa pertama mereka, memulai perjalanan luar angkasa pada pukul 7:16 pagi EDT (1216 GMT) hari Sabtu. Awal penerbangan secara resmi ditandai ketika para astronot mengganti pakaian antariksa mereka dengan tenaga baterai.

Astronot pindah dari Quest di airlock stasiun ruang angkasa ke kanan, atau sisi kanan rangka surya laboratorium, di mana lengan robot stasiun menempatkan dua modul ISS Roll-Out Solar Array, atau iROSA, awal pekan ini setelah mengekstraknya dari itu. . Bagasi kapsul kargo SpaceX Dragon. Pesawat ruang angkasa Naga mengirimkan susunan surya ke stasiun ruang angkasa pada 27 November, bersama dengan beberapa ton perbekalan dan eksperimen.

Selimut susunan surya baru dibungkus di sekitar katrol dan digulung seperti matras yoga setelah ditempelkan ke braket pemasangan di bagian kanan 4 atau S4 rangka listrik stasiun ruang angkasa, yang berukuran lebih dari panjang lapangan sepak bola dari ujung. -untuk mengakhiri.

Para astronot pertama-tama bekerja untuk melepas salah satu dari dua modul iROSA yang baru dikirim dari dudukannya dengan melepaskan baut dan penahan pelepasan. Cassada mengambil posisi pijakan di ujung lengan robot Kanada, dan secara manual memegang rol susunan surya sementara lengan memindahkannya ke rangka S4.

Dua pilot ruang angkasa menempatkan modul iROSA pada braket pemasangan yang telah diposisikan sebelumnya selama perjalanan ruang angkasa sebelumnya. Mereka memasang unit iROSA ke engselnya, lalu memasang sekrup untuk menahannya di tempatnya. Konektor listrik Casada dan Rubio untuk menyambungkan modul iROSA baru ke sistem kelistrikan stasiun luar angkasa. Kemudian mereka memasang kabel Y untuk mengarahkan daya yang dihasilkan oleh panel surya baru dan panel surya S4 asli kembali ke jaringan listrik lab.

READ  Penjelajah Mars secara tidak sengaja mengadopsi batu peliharaan
Dalam foto file ini, astronot NASA Josh Casada (kiri) dan Frank Rubio (kanan) bersiap untuk berjalan di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 15 November. Kredit: NASA

Braket stabilisasi menghubungkan susunan baru ke saluran daya stasiun dan sambungan berputar, yang menjaga sayap surya tetap mengarah ke matahari sementara pesawat ruang angkasa berpacu mengelilingi Bumi dengan kecepatan lebih dari 17.000 mil per jam.

Stasiun Luar Angkasa Internasional memiliki delapan saluran listrik, yang masing-masing dialiri oleh energi listrik yang dihasilkan dari satu sayap susunan surya yang memanjang dari tulang punggung stasiun. Array surya baru, yang dikerahkan pada hari Sabtu, akan menghasilkan listrik untuk saluran listrik 3A stasiun ruang angkasa.

Panel surya asli diluncurkan pada empat misi pesawat ulang-alik dari tahun 2000 hingga 2009. Seperti yang diharapkan, efisiensi susunan surya asli stasiun tersebut memburuk seiring waktu. NASA meningkatkan sistem tenaga stasiun ruang angkasa dengan susunan surya baru – dengan biaya $ 103 juta – yang sebagian akan mencakup enam dari delapan panel surya asli stasiun itu.

Ketika keenam modul iROSA dikerahkan ke stasiun, sistem tenaga akan mampu menghasilkan 215 kilowatt listrik untuk mendukung setidaknya satu dekade lagi operasi sains. Booster juga akan mengakomodasi modul komersial baru yang direncanakan untuk diluncurkan di stasiun luar angkasa.

Pasangan pertama susunan surya baru yang diluncurkan ke stasiun luar angkasa tahun lalu dipasang pada susunan panel surya asli tertua di stasiun itu di bagian rangka P6, yang terletak di ujung paling kiri penyangga daya tengah depan. Dua modul iROSA lagi dijadwalkan diluncurkan pada misi pasokan SpaceX tahun depan.

Array surya baru disediakan untuk NASA oleh Boeing, Red Wire dan tim subkontraktor.

Setelah modul iROSA baru diintegrasikan secara mekanis dan elektrik ke roda gigi S4 stasiun, para astronot merilis klip untuk menjaga panel surya terbungkus dalam konfigurasi peluncuran. Hal ini memungkinkan selimut mengembang secara bertahap menggunakan energi tegangan dari tiang komposit yang menopang selimut surya. Desain mekanisme penyebaran menghilangkan kebutuhan motor untuk menggerakkan susunan surya.

READ  Komet hijau langka melewati Bumi minggu ini

“Ini mulai bergerak,” seorang pilot kontrol misi radio menimpali, memicu tepuk tangan di antara staf pendukung di Houston.

“Ini tidak bisa dipercaya,” kata Casada. “Ya, ini sangat keren,” kata Rubio.

Setiap sayap baru iROSA akan diposisikan pada sudut 10 derajat relatif terhadap panel surya stasiun ruang angkasa. Kredit: NASA

Lengan pendukung serat karbon telah dipindahkan kembali ke bentuk aslinya untuk penyimpanan selama peluncuran.

Susunan surya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menyebar ke konfigurasi yang diperpanjang sepenuhnya, dengan panjang 63 kaki dan lebar 20 kaki (19 kali 6 meter). Itu sekitar setengah panjang dan setengah lebar panel surya stasiun saat ini. Meskipun ukurannya kecil, masing-masing panel surya baru menghasilkan jumlah listrik yang kira-kira sama dengan masing-masing panel surya stasiun yang ada.

Setelah selimut dibuka, para astronot menyesuaikan sekrup penegang untuk mengamankan selimut iROSA di tempatnya.

Para astronot kemudian masuk kembali ke rangka stasiun luar angkasa untuk memasang modul iROSA lainnya, yang akan dipasang di sisi kiri bagian rangka P4 untuk perjalanan luar angkasa yang dijadwalkan untuk sementara pada 19 Desember.

Dengan tugas mereka selesai, Cassada dan Rubio kembali ke airlock Quest dan menutup palka. Mereka mulai mengisi ulang ruang udara pada pukul 14:21 EDT (1921 GMT), menyelesaikan perjalanan ruang angkasa, yang berlangsung selama 7 jam 5 menit.

Spacewalk Sabtu adalah yang kedua untuk karir Casada dan Rubio, dan spacewalk ke-256 sejak 1998 untuk mendukung perakitan dan pemeliharaan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Email penulis.

Ikuti Stephen Clark di Twitter: @karyawan.