Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Apple telah mengumumkan bahwa dukungan RCS akan hadir di iPhone tahun depan

Apple telah mengumumkan bahwa dukungan RCS akan hadir di iPhone tahun depan

Secara mengejutkan, Apple hari ini mengumumkan bahwa mereka akan mengadopsi standar perpesanan RCS (Rich Communications Services). Fitur ini akan diluncurkan melalui pembaruan perangkat lunak “akhir tahun depan” dan akan menyediakan berbagai fitur bergaya iMessage untuk pengiriman pesan antara pengguna iPhone dan Android.

Keputusan Apple ini diambil di tengah tekanan dari regulator dan pesaing seperti Google dan Samsung. Hal ini juga terjadi ketika RCS terus berkembang dan menjadi platform yang lebih matang dibandingkan sebelumnya.

RCS menyediakan fitur gaya iMessage untuk teks lintas platform

di dalam Pernyataan untuk 9to5MacSeorang juru bicara Apple mengatakan perusahaan yakin RCS akan memberikan interoperabilitas perpesanan lintas platform yang lebih baik.

Pada akhir tahun depan, kami akan menambahkan dukungan untuk Profil RCS Global, standar yang saat ini diterbitkan oleh Asosiasi GSM. Kami yakin RCS Universal Profile akan memberikan pengalaman interoperabilitas yang lebih baik dibandingkan SMS atau MMS. Ini akan bekerja bersama iMessage, yang akan terus menjadi pengalaman perpesanan terbaik dan teraman bagi pengguna Apple.

RCS menyediakan banyak fitur bergaya iMessage untuk perpesanan lintas platform antara perangkat iPhone dan Android. Ini mencakup hal-hal seperti tanda terima telah dibaca, indikator tulisan, foto dan video berkualitas tinggi, dan banyak lagi.

Penerapan RCS oleh Apple juga akan memberi pengguna kemampuan untuk berbagi lokasi mereka dengan orang lain dalam rangkaian pesan teks, kata perusahaan itu. Tidak seperti SMS biasa, RCS juga dapat bekerja melalui data seluler atau Wi-Fi.

Namun pada saat yang sama, iMessage tidak ke mana-mana. Ini akan terus berfungsi sebagai platform perpesanan yang digunakan untuk semua komunikasi antar pengguna iPhone. RCS hanya akan menggantikan SMS dan MMS dan akan terpisah dari iMessage bila tersedia. Apple mengatakan SMS dan MMS juga akan tetap tersedia sebagai alternatif bila diperlukan.

READ  Knotwords Free Daily Puzzle Game seperti Wordle tetapi lebih pintar

ini bukan Apple membuka iMessage ke platform lain. Sebaliknya, perusahaan mendukung RCS secara terpisah dari iMessage.

Apple juga menegaskan kembali bahwa iMessage lebih aman dan ramah privasi dibandingkan RCS. iMessage dienkripsi secara end-to-end, dan Apple baru saja membawanya ke tingkat berikutnya dengan perlindungan data tingkat lanjut untuk pesan di iCloud. Sementara itu, Apple mengatakan RCS saat ini tidak mendukung enkripsi kuat seperti iMessage.

Keputusan Apple untuk mengadopsi RCS terjadi setelah bertahun-tahun mendapat tekanan dari beberapa pesaingnya, termasuk Samsung dan Google. Hingga saat ini, perusahaan telah menolak tekanan tersebut dan malah menggandakan upaya iMessage-nya. Namun, mereka telah memperkenalkan beberapa perbaikan pada pengalaman SMS antara perangkat iPhone dan Android.

Misalnya, Apple menambahkan dukungan yang lebih baik untuk Tapbacks di iOS 16 untuk percakapan antara pengguna iPhone dan Android. Dengan iOS 17, Apple juga menghadirkan fitur Seperti balasan berulir dan pengeditan pesan untuk pengguna iPhone (tetapi bukan pengguna Android) dalam obrolan SMS grup.

Terakhir, Apple mengatakan akan bekerja sama dengan anggota GSMA untuk meningkatkan protokol RCS. Hal ini secara khusus mencakup peningkatan keamanan dan enkripsi pesan RCS.

Ambil 9to5Mac

Kami telah menempuh perjalanan yang sangat jauh sejak bantahan Tim Cook terhadap RCS pada tahun 2022. Saat itu, Cook mengatakan Apple belum mendengar banyak pengguna yang “meminta kami mengerahkan banyak energi” untuk menghadirkan dukungan RCS ke iPhone. “Belikan ibumu iPhone,” kata Cook ketika ditanya tentang pengalaman SMS yang tidak menyenangkan.

Belakangan pada tahun itu, sebuah laporan dikeluarkan oleh Bloomberg Dia mengatakan Apple tidak berpikir – setidaknya pada saat itu – untuk menambahkan dukungan RCS ke iPhone.

READ  MacBook Air 15 inci dengan penyimpanan 256 GB memiliki kecepatan SSD yang lebih lambat daripada model berkapasitas lebih tinggi

Tantangan yang dihadapi adalah undang-undang UE yang akan segera terwujud yang pada akhirnya bisa terwujud diperlukan Apple untuk membuka iMessage. Apple menentang undang-undang ini, Undang-Undang Pasar Digital, dengan alasan bahwa iMessage tidak cukup besar di Eropa untuk memenuhi syarat sebagai “layanan penjaga gerbang.”

Baru minggu lalu, dilaporkan bahwa Apple akan mengajukan banding ke Uni Eropa atas dimasukkannya layanan App Store dan iMessage dalam Undang-Undang Pasar Digital. Namun, Apple mengatasi potensi masalah peraturan dengan pengumuman hari ini.

Ketika dukungan RCS diluncurkan akhir tahun depan, pembatasan SMS dan MMS tidak lagi menghantui (sebagian besar) percakapan perpesanan antara pengguna iPhone dan Android. Ketersediaan masih dapat bervariasi dari satu operator ke operator lainnya, namun ketiga operator utama AS mendukung RCS, seperti halnya sebagian besar operator lain di seluruh dunia.

Sebagai bagian dari pengumuman hari ini, Apple menegaskan kembali dukungannya terhadap standar terbuka lainnya. Misalnya, perusahaan telah bekerja sama dengan perusahaan seperti Amazon dan Google dalam standar Matter untuk rumah pintar. Mereka juga telah bekerja sama dengan Aliansi FIDO, termasuk Microsoft dan Google, untuk memperluas dukungan bagi kunci sandi. Apple juga berperan penting dalam mengembangkan standar pengisian daya nirkabel Qi2, yang dibangun di atas MagSafe.

Sejauh ini belum ada informasi apakah gelembung hijau tersebut akan tetap berwarna hijau atau tidak. Uang saya akan aktif: Ya.

Apakah Apple benar untuk akhirnya tunduk pada tekanan dan mengadopsi RCS, atau haruskah perusahaan bertahan lebih lama? Beri tahu kami di komentar.

Ikuti peluangnya: benang, Twitter, InstagramDan mastodon.

FTC: Kami menggunakan tautan afiliasi otomatis untuk memperoleh penghasilan. lagi.

READ  Bonus pre-order Pokemon Scarlet dan Violet yang luar biasa